Berikut Empat Letak Titik Dongkrak Yang Aman Pada Mobil Anda

06/05/2019

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Berikut Empat Letak Titik Dongkrak Yang Aman Pada Mobil Anda
Selain mengetahui posisi ban cadangan dan dongkrak pada mobil, Anda juga sangat disarankan untuk mengetahui letak titik dongrak yang aman, agar terhindar dari kerusakan pada bagian sasis mobil.

Sebagai pemilik mobil, Anda akan dihadapkan pada situasi yang mengharuskan untuk mendongkrak mobil, entah itu untuk sekedar mengganti ban yang bocor atau kempes, pemeriksaan pada bagian kolong atau suspensi mobil hingga saat servis.

Selain pemahaman dalam menggunakan dongkrak, mengetahui tentang letak titik dongkrak atau lifting points/jack points yang aman akan menghindari Anda dari kerusakan pada bagian sasis mobil. Selain itu, Anda perlu mengetahui bahwa setiap mobil memiliki letak titik dongkrak yang berbeda-beda, karena ditentukan dengan desain dan dimensi mobil hingga konstruksi sasis yang dianut.

>>> Kenali Gejala Rem Tangan Rusak Jika Tarikannya Sudah Tak Nyaman Lagi

Foto lokasi empat titik dongkrak yang aman

Lokasi titik dongkrak yang paling umum digunakan pada mobil

Letak titik dongkrak yang aman bisa dilihat pada buku manual mobil Anda. Setiap pabrikan mobil telah menyediakan titik dongkrak pada bagian sasis yang paling kuat untuk menopang bobot mobil. Umumnya, setiap mobil memiliki empat titik dongkrak, yakni dua titik dongkrak pertama terletak pada bagian sasis di belakang roda depan. Sementara dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis di depan roda belakang.

“Untuk titik dongkrak di depan, biasanya di bagian bawah celah antara fender depan dan pintu depan. Untuk titik dongkrak di belakang di bagian bawah antara pintu belakang dan fender belakang,” ujar Yusuf, mekanik dari Astrido Toyota Pondok Gede, Bekasi. Kedua posisi tersebut umum digunakan pada sasis model monokok atau ladder-frame.

>>> Temukan tips perawatan mobil di sini

Beberapa lokasi titik dongrak tambahan pada beberapa mobil

Selain empat titik dongkrak utama, ada beberapa titik tambahan untuk dongkrak, namun letaknya sangat bervariasi pada setiap mobil

Ada juga beberapa titik dongkrak selain keempat titik di atas. Pertama di bagian tengah depan, atau tepat pada bagian tengah suspensi depan & belakang, bagian arm suspensi, sub-frame depan atau gardan depan dan belakang.

Namun lokasi titik dongkrak ini kurang direkomendasi karena tidak semua mobil mengaplikasikannya. ”Kalau hanya untuk mengganti ban, lebih aman menggunakan titik dongkrak pada keempat lokasi sasis di atas, sesuai dengan buku manual mobil,” tambah Yusuf.

>>> Temukan mobil idaman dengan harga terbaik di sini

Foto lokasi titik dongkrak pada BMW Seri 3 E36

Pada beberapa mobil Eropa lawas, titik dongkrak terletak di bagian samping, seperti pada BMW Seri 3 E36 satu ini

Oiya, agar lebih mudah untuk menentukan lokasi letak titik dongkrak yang tepat, Anda juga bisa meraba pada bagian sasisnya, karena titik dongkrak biasanya sudah disesuaikan dengan bentuk kepala dongkrak bawaan mobil, seperti tonjolan berbentuk kotak atau cekungan tipis berbentuk segitiga. Perhatikan pula posisi dongkraknya agar sejajar pada titik dongkrak dan pastikan Anda mendongkrak mobil Anda pada permukaan jalan yang datar.

Bingung memilih dongkrak bagi mobil Anda, dapatkan melalui link di bawah ini:

>>> Update pengetahuan Anda seputar tips & trik dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Agar Senantiasa Lancar, Berikut Tips Merawat Pintu Geser Elektrik

Agar Senantiasa Lancar, Berikut Tips Merawat Pintu Geser Elektrik

Fitur pintu geser elektrik memang nyaman dan praktis. Namun mekanisme pada pintu geser elektrik juga cukup rumit dan membutuhkan perhatian ekstra, agar terhindar dari kerusakan yang lebih mahal.

Lihat juga
Berikut Tips Penempatan Lampu Tambahan Yang Aman Agar Tak Membahayakan Pegguna Jalan Lainnya

Berikut Tips Penempatan Lampu Tambahan Yang Aman Agar Tak Membahayakan Pegguna Jalan Lainnya

Berawal dari penggunaan di dunia off-road, pemasangan lampu tambahan memang sangat ampuh untuk memberikan pencahayaan lebih terang dan merata di tempat yang gelap dan mini cahaya. Namun pemasangan lampu tambahan tak boleh sembarangan, karena berpotensi membahayakan pengguna jalan lainnya.

Lihat juga
Tips Pengecekan Sebelum Membeli Mobil Penggerak Empat Roda

Tips Pengecekan Sebelum Membeli Mobil Penggerak Empat Roda

28/04/2019

Jual beli

Mengecek kondisi mobil penggerak empat roda memang tak berbeda dari mobil pada umumnya. Namun ada beberapa detail komponen yang perlu diperhatikan agar menghindari membengkaknya biaya perbaikan di kemudian hari

Lihat juga
Ingin Kinclong Lebih Lama? Simak Tips Mencuci Pelek Yang Benar Berikut Ini

Ingin Kinclong Lebih Lama? Simak Tips Mencuci Pelek Yang Benar Berikut Ini

Seperti layaknya komponen mobil lainnya, mencuci pelek tak bisa sembarangan, karena tampilan pelek menjadi taruhannya. Berikut tips mencuci pelek yang benar agar optimal dan kinclong lebih lama

Lihat juga
Agar Cepat Tertangani, Berikut Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan Di Mobil

Agar Cepat Tertangani, Berikut Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan Di Mobil

Kejadian mobil terbakar bisa menimpa siapa saja. Namun agar lebih cepat tertangani, tindakan paling efektif adalah dengan menyediakan Alat Pemadam Api Ringan di mobil.

Lihat juga
 
back to top