Ini Akibatnya Kalau Malas Mencuci Mobil secara Rutin

25/06/2020

Perawatan dan service

4 menit

Ini Akibatnya Kalau Malas Mencuci Mobil secara Rutin
Mencuci mobil merupakan salah satu bagian dalam merawat mobil Anda. Kalau Anda malas mencuci mobil dengan rutin, ada sederet dampak buruk yang ditimbulkan.

Mencuci mobil merupakan salah satu aspek dalam merawat kendaraan Anda. Maka dari itu, mencuci mobil itu penting dan sebaiknya dilakukan secara rutin. 

Tapi apakah ada dampak yang ditimbulkan ketika Anda malas mencuci mobil? Jawabannya ada. Mengutip situs Flag Stop Car Wash, Kamis (25/6/2020) jarang mencuci mobil artinya Anda tidak peduli dengan kendaraan sendiri. Mengapa demikian?  

>>> 4 Cara Tak Biasa Merawat Mobil Agar Bisa Panjang Umur

Sebagai pemilik mobil, Anda sebaiknya memastikan mobil dalam kondisi prima sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama. Salah satu caranya adalah dengan mencuci mobil secara rutin setiap seminggu sekali  agar seluruh komponen terjaga kebersihannya dan bisa menghasilkan performa maksimal.

Berikut beberapa dampak buruk yang ditimbulkan bila Anda malas mencuci mobil. 

1. Karatan

Semakin Anda menunda untuk mencucinya, semakin besar pula risiko yang Anda berikan terhadap penampilan mobil Anda. Bila Anda melihat mobil sangat kotor dan sudah ada kotoran yang sulit dihilangkan karena menempel segera cuci mobil.

Mencuci mobil dengan rutin

Mencuci mobil sebaiknya dilakukan secara rutin

>>> Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat

Tanda-tanda karatan sendiri dapat terlihat ketika Anda melihat ada busa-busa yang muncul di permukaan mobil saat Anda menyiramkan air.  Kotoran itu lama kelamaan akan membuat karat bila tidak dibersihkan. Akibatnya tampilan mobil Anda terlihat usang padahal mungkin saja baru membelinya. 

2. Banyak Goresan

Cat mahal tak menjamin mobil akan selalu tampil bagus apabila Anda tak rajin mencucinya. Warna cat lama kelamaan akan usang serta mengelupas jika ada kotoran yang dibiarkan menempel pada bodi mobil. Saat mobil dikendarai, angin akan membawa kotoran tersebut yang berpotensi menimbulkan goresan. 

>>> Biar Nggak Rugi Banyak, Ini Tips Menjual Mobil Saat New Normal

3. Harga Jual Kembali Bisa Jatuh

Nah mencuci mobil dengan rajin juga bisa menjadi nilai tambah untuk harga jual kembali mobil itu sendiri. Kok bisa? Ya, dengan mencuci mobil secara rutin, artinya kondisi mobil Anda terus terlihat prima dan kinclong. Tampilan yang bagus tentunya juga memberikan dampak positif untuk harga jualnya nanti. 

Mencuci mobil dengan rutin

Mencuci mobil secara rutin bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun di tempat pencucian umum

Apabila Anda sudah selesai mencuci mobil bagian luar, bagian interior jangan pula diabaikan. Terlebih bagi Anda yang sering berkendara dengan membawa anak, hewan peliharaan, atau barang-barang dari luar lainnya tentu membersihkan interior menjadi kewajiban agar kuman-kuman tak berkembang biak di dalam mobil. 

Untuk bagian interior, Anda bisa menggunakan penyedot debu dimulai dari bagian lantai karpet, jok, dasbor, hingga bagasi mobil. Setelahnya, bisa dilap menggunakan microfiber kemudian memasang pengharum mobil untuk menghindari bau-bau yang tak diinginkan. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang serba serbi seputar mobil bisa dibaca disini

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top