Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat

03/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat
Mobil modern sudah dilengkapi dengan anti karat, lapisan anti korosi ini dikhawatirkan rontok saat dicuci, beginilah cara cuci kolong mobil tanpa merusaknya

Gambar menunjukkan rangka Toyota Kijang 1982

Kalau sudah karat begini pasti nyesel dong enggak menerapkan cara cuci kolong mobil dengan benar?

Di era modern kini, biasanya para pabrikan mobil tidak akan lalai untuk memberi lapisan anti karat di setiap kolong mobil yang mereka produksi. Penyemprotan lapisan anti karat di kolong mobil sendiri bukan tanpa alasan. Hal ini dilakukan untuk memberi perlindungan pada kolong mobil dari timbulnya karat alias korosi. Ada anggapan bahwa lapisan anti korosi ini dikhawatirkan rontok saat dicuci, padahal hal tersebut tidak akan terjadi jika cara cuci kolong mobilnya benar.

Gambar menunjukkan Toyota All New Rush melewati genangan air

Menerapkan cara cuci kolong mobil jadi penting apalagi jika mobil doyan main air seperti ini

Sebenarnya cuci kolong mobil itu dilakukan biasa saja, Anda tidak perlu khawatir dan tetap aman dilakukan, sebab "Enggak akan merusak anti karat, karena anti karat kan menempel seperti aspal lengket dan sifatnya mengeras di bawah sasis mobil," papar Meitius Dicky Prasetyo dari Bruder Auto Detailing. Masih menurut pria ramah yang buka workshop di Bekasi ini, cuci bagian bawah kendaraan menjadi cukup penting agar kebersihan mobil senantiasa terjaga.

>>> Mending mana Toyota Kijang Innova Reborn bekas vs Toyota Rush baru?

Gambar menunjukkan bagian kolong mobil Toyota C-HR GR Sport

Pada bagian kolong mobil terdapat beragam part vital seperti suspensi bahkan sistem penggerak

Jika mobil bersih, bukan hanya enak dipandang mata namun juga keawetan parts semakin terjaga. Coba bayangkan, di bagian kolong mobil banyak terdapat parts yang penting agar mobil dapat berjalan dengan baik, misal suspensi, kopel joint untuk mobil penggerak belakang bahkan dudukan ban serep. Selain itu membersihkan bagian kolong mobil juga dapat mencegah timbulnya bunga karat pada mobil.

Gambar menunjukkan ban serep Mitsubishi Xpander Cross 2019

Rajin cuci mobil membuat bagian kolong menjadi bersih

Lapisan anti karat ini harus dijaga, karena sangat bermanfaat bagi pemilik mobil. Apalagi yang tinggal di kota-kota dekat pantai atau bahkan rawan banjir. Kota yang berada di pesisir biasanya memiliki kadar garam yang tinggi di dalam airnya. Hal tersebut akan menjadi penyebab utama dari munculnya korosi pada bagian kolong mobil. Dengan adanya lapisan anti karat, maka mobil ini akan lebih tahan dari serangan karat.

>>> Temukan mobil bekas berkualitas impian Anda disini

BEGINI CARA MEMBUAT ANTI KARAT MOBIL TAHAN LAMA

1. Rajin Mencuci Steam Mobil

'Bersih pangkal sehat' kata-kata tersebut ternyata juga berlaku untuk mobil, jika mobil bersih maka akan makin sehat tentunya. Cuci mobil minimal seminggu sekali, walau tidak terlalu kotor namun bisa bikin mobil menjadi awet, tidak perlu takut untuk melakukan cuci steam (mencuci dengan air bertekanan) karena tidak akan merontokkan lapisan anti karat di mobil. 

2. Pakai Cairan HF

Dikutip dari situs teknik Mobilmo.com, apabila dengan menggunakan sabun colek masih bandel juga kotoran yang menempel pada kolong Mobil, maka bahan terakhir yang digunakan adalah cairan HF. Cairan ini merupakan cairan khusus yang diperuntukkan untuk membersihkan mobil terutama bagian kolong. Namun perlu diketahui bahwa cairan ini sangat keras, jadi dalam penggunaannya perlu dicampur dengan bahan lain yakni air yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan cairan HF.

Kebiasaan di atas merupakan cara menjaga kebersihan bagian kolong mobil Anda. Seperti yang disebutkan, bagian kolong mobil yang bersih jelas akan memperpanjang usia mobil Anda. Selain itu, dengan kondisi mobil yang selalu terjaga, sudah barang tentu nilai jual kembali mobil ANda akan selalu tinggi.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik lainnya di sini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top