4 Cara Tak Biasa Merawat Mobil Agar Bisa Panjang Umur

23/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
4 Cara Tak Biasa Merawat Mobil Agar Bisa Panjang Umur
Melakukan servis berkala mungkin sudah lumrah didengar oleh para pengendara dalam merawat mobil. Namun ada juga cara merawat mobil agar panjang umur.

Setiap pengendara pasti tahu kalau membeli mobil baru harus dirawat dengan baik supaya tidak cepat rusak. Caranya adalah melakukan penggantian oli secara rutin dan juga perawatan secara berkala ke bengkel sesuai jadwal yang telah ditentukan di buku manual. 

Tapi ada juga nih cara lain dalam merawat mobil yang bisa dibilang sering tak dihiraukan para pengendara. Padahal sederet cara ini juga dapat membuat mobil Anda panjang umur. Apa saja daftarnya? Berikut Cintamobil.com kutip dari Popular Mechanics, Selasa (23/6/2020). 

>>> Kapan Penjualan Mobil di Indonesia Bisa Pulih Lagi?

1. Menjaga Kebersihan Mobil

Rajin mencuci mobil membuatnya terlihat baik. Tapi mencuci mobil dan membersihkannya bukan cuma agar indah dipandang tapi juga mencegahnya dari korosi alias karatan. Kotoran yang menempel di permukaan mobil memang mengandung asam sehingga berpotensi untuk menimbulkan karat. 

membersihkan mobil

Membersihkan mobil penting untuk mencegah karat

Tak hanya itu, air hujan pun juga mengandung asam yang dapat merusak mobil. Bagian interior pun demikian. Kotoran di dalam mobil bila terus didiamkan bisa menjadi penyakit bagi si pengendara itu. Maka dari itu dari itu disarankan bagi Anda untuk rajin membersihkannya baik dari sisi eksterior dan juga interiornya sebagai bagian dari merawat mobil agar panjang umur.

>>> Tips Merawat Mobil yang Sudah Dicoating Setelah Lama Tak Dipakai

2. Berhenti Membawa Barang Tidak Penting

Mengeluarkan isi bagasi mobil

Keluarkan barang yang tidak perlu

Ini mungkin salah satu hal yang sering diabaikan oleh pengendara yakni membawa barang-barang tidak penting di dalam mobil. Padahal, barang tersebut tak digunakan untuk keadaan darurat. 

Anda hanya lupa saja untuk meletakannya di rumah karena tertinggal di bagasi. Padahal, semakin ringan bobot dari suatu mobil maka akan lebih mudah juga dikendarai. 

Bobot berat dalam mobil bisa membuat mesin, transmisi, rem, dan suspensi bekerja lebih keras. Mobil memang didesain untuk mengangkut bobot berat, namun bila dilakukan secara terus menerus akan berdampak pada ketahanannya. 

Untuk itu, keluarkan barang bawaan yang tidak penting dari mobil. Berkendaralah dengan bawaan seperlunya. Ini juga dapat berkontribusi untuk merawat mobil agar panjang umur. 

>>> Ini Sebabnya Mobil Matik Punya Harga Lebih Mahal dari Manual

3. Memanaskan Mobil

Sama halnya dengan tubuh manusia, mobil juga butuh waktu sebelum bisa bekerja dengan maksimal. Untuk itu, sebelum mobil digunakan ada baiknya untuk dipanaskan terlebih dahulu. 

Oli pada mobil akan mendingin dan mengumpul di bagian bawah tangki saat diparkir dalam waktu beberapa jam. Saat Anda menyalakan mobil, pompa butuh waktu untuk mendistribusikan oli ke seluruh mesin untuk melubrikasikannya. 

Setidaknya panaskan mobil 30-60 detik sebelum Anda membawanya pergi demi memastikan oli mencapai suhu tertentu dan juga telah melumasi seluruh mesin mobil. Dengan mengorbankan waktu satu menit ini, mobil Anda bisa lebih panjang umur. 

>>> Pompa Bensin Bermasalah, Mitsubishi dan Nissan Recall Xpander-Livina

4. Sesekali Menggeber Mobil

Sebagian besar mobil memiliki batas putaran di kisaran 6.000 rpm. Namun nyatanya saat berkendara sehari-hari mungkin Anda tak mencapai setengahnya. Mesin yang modern bahkan telah diprogram agar mobil bisa berjalan dengan RPM rendah demi kepentingan efisiensi. 

Berkendara dengan RPM tinggi juga disebut membuat proses pembakaran lebih cepat. Tapi bila dilakukan sesekali sebenarnya sah-sah saja karena dipercaya akan membantu membersihkan endapan karbon yang berpotensi mengotori katup, intake manifold, serta ruang bakar itu sendiri. 

menggeber mobil pada rpm tinggi

Sesekali menggeber mobil dengan RPM tinggi bisa mengurangi endapan karbon

>>> 4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Endapan karbon sendiri sebenarnya berbahaya karena bisa menyebabkan kebakaran dan performa tak maksimal. Untuk mencegahnya, Anda bisa membejek pedal gas hingga mencapai garis merah. 

Saat melakukan ini, pastikan mesin dalam kondisi panas dan di tempat yang terbuka. Memang di satu sisi akan menghabiskan bensin namun juga dapat membuatnya lebih tahan lama. 

Itu tadi sederet tips merawat mobil yang dapat membuatnya panjang umur. Jangan lupa juga untuk tak mengabaikan perawatan berkala ke bengkel di samping melakukan pergantian komponen sesuai dengan umurnya. 

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top