Ini Penyebab dan Cara Memperbaiki Aki Mobil Tekor

21/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Ini Penyebab dan Cara Memperbaiki Aki Mobil Tekor
Aki mobil tekor adalah kondisi dimana aki tidak mampu menyalurkan daya listrik yang cukup ke komponen elektrikal mobil yang lainnya seperti lampu, klakson, audio, dan mesin. Jika demikian, maka mobil bisa mogok di jalan.

Aki mobil tekor atau kehilangan daya sering kali menimbulkan masalah yang merepotkan. Bagaimana tidak, jika aki mobil tekor saat kendaraan tersebut hendak digunakan di pagi hari, maka akan membuat aktifitas Anda di hari itu menjadi terganggu. Sementara jika aki soak mobil saat digunakan, maka Anda harus repot mencari solusi untuk memperbaikinya.

Sebenarnya aki mobil sering tekor akibat perlakuan Anda sendiri terhadap komponen kendaraan yang satu ini. Itu lantaran sebagai pemilk mobil, Anda kurang memperhatikan kondisi dari aki tersebut. Sehingga kemampuan aki untuk menyalurkan daya litsrik untuk kebutuhan komponen mobil yang lainnya jadi melemah. Celakanya, kondisi aki soak mobil tidak pernah bisa diprediksi dan dapat terjadi kapan saja dimana saja.

Sebelum mengalami kejadian tersebut, atau mungkin saat ini Anda tengah merasakannya, yuk pahami lebih jauh mengenai apa penyebab aki mobil tekor dan bagaimana solusinya.

>>> Aki Mobil Soak di Jalan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Aki Mobil Tekor

Ganti Aki Mobil Mitsubishi

Kalau aki mobil sudah tak mampu lagi menyalurkan daya listrik, maka sebaiknya diganti

Aki merupakan komponen yang menghasilkan daya listrik dari alternator. Daya listrik inilah yang kemudian disalurkan untuk membantu kinerja komponen lainnya pada mobil yang membutuhkan aliran lsitrik. Misalnya lampu-lampu, klakson, atau sistem audio. Listrik juga berfungsi untuk membantu starter mesin supaya bisa bekerja. Jadi bisa dibayangkan ketika aki tidak mampu menuntaskan tugasnya dengan baik, maka seluruh komponen yang butuh daya listrik pun akan terganggu kinerjanya.

Ada beberapa penyebab aki tekor atau soak, mulai dari faktor yang bersumber pada kondisi aki tersbeut, hingga akibat perlakuan Anda sebagai pemilik mobil. Berikut beberapa penyebab aki mobil tekor mendadak:

1. Usia Pakai Aki

Sama seperti komponen mobil yang lain, aki mobil juga memiliki usia pakai. Umumnya aki dapat digunakan selama 2 tahun atau 50.000 kilometer dengan pemakaian normal. Namun beberapa pemilik mobil bahkan usia akinya sanggup bertahan 3-4 tahun. Tapi tidak jarang pula ada yang baru 1,5 tahun namun aki mobilnya sudah harus diganti. Semua itu balik lagi pada perlakuan Anda terhadap aki tersebut.

2. Pasang Komponen Audio yang Berlebihan

Melakukan upgrade audio mobil boleh-boleh saja untuk menghasilkan suara yang lebih berkualitas. Namun perhatikan kondisi aki sebagai sumber utama listrik di kendaraan itu. Apabila audio sudah ditambah speaker, tweeter, subwoofer bahkan monitor yang jumlahnya 2x lebih banyak dari kondisi awal, maka ini akan membebani kerja aki dan menjadi penyebab aki mobil sering tekor.

>>> Baterai Kendaraan Listrik Tak Bisa Digunakan di Model Mobil yang Berbeda

3. Ganti Lampu dengan HID

Sering pula pemilik mobil mengganti lampu utama dengan model HID yang memiliki kebutuhan daya watt sangat besar. Pemasangan komponen baru ini pun tidak disertai pemasangan balast serta relay untuk mendukung kebutuhan daya listrik di komponen tersebut. Akibatnya aki mobil tekor mendadak.

4. Jarang Memanaskan Mesin Mobil

Jika mobil jarang digunakan contohnya di kondisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti sekarang ini, maka mobil jangan sampai didiamkan berlama-lama. Minimal hidupkan mesin mobil dua kali sepekan saat terparkir di garasi. Dengan mesin yang rutin dihidupkan, alternator juga akan bekerja untuk memberikan daya listrik ke aki untuk disimpan. Teknik sederhana ini juga salah satu cara memperbaiki aki mobil yang tekor.

5. Aki Tidak Pernah Dicek

Sembari rutin memanaskan mesin mobil di garasi, sebaiknya Anda juga melakukan pengecekan terhadap kondisi aki sebelum mesin mobil dihidupkan. Jika Anda menggunakan jenis aki basah, maka cek terlebih dulu kondisi air aki, jika air aki kurang segera tambahkan. Kemudian apabila terminal aki juga terlihat ada korosi sebaiknya bersihkan untuk menjaga aki soak mobil bisa dihindari serta tetap mampu menyalurkan daya listrik dengan sempurna.

>>> Bukan Cuma Basah dan Kering, Ini 5 Jenis Aki Mobil yang Tersedia Dipasaran

Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor

Jumper Aki Mobil Tekor

Jumper aki hanya solusi dalam keadaan darurat

Setelah mengetahui penyebab aki mobil tekor, maka pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara memancing aki mobil yang tekor supaya kembali bisa berfungsi normal? Untuk menghadapi kondisi ini solusi aki mobil tekor ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Jumper Aki

Apabila aki mobil tekor ketika mobil sedang digunakan di jalan, maka solusi yang paling efektif adalah melakukan jump start. Tindakan ini sering juga disebut dengan istilah jumper aki. Yaitu melakukan jumper aki dari mobil pendonor yang kondisi akinya masih baik, untuk menyalurkan daya listrik ke aki mobil Anda yang tekor. Diharapkan aki yang tekor tadi bisa mendapat pasokan daya listrik untuk kembali bisa bekerja seperti semula.

Untuk melakukan jumper aki maka Anda butuh dua alat, yaitu mobil pendonor yang kondisi akinya masih baik, kemudian Anda juga butuh kabel jumper aki yang umumnya berwarna merah dan hitam serta dilengkapi penjepit.

Caranya pertama-tama dekatkan posisi aki mobil pendonor dengan aki mobil yang soak supaya kabel jumper bisa menggapai keduanya. Kemudian posisi tuas transmisi pindah ke Netral (N) untuk mobil manual, dan tempatkan tuas di posisi Parking (P) untuk mobil matik. Jangan lupa aktifkan rem tangan (hand brake) serta cabut semua aksesoris yang masih terpasang di cigarette lighter seperti charger ponsel.

Selanjutnya matikan terlebih dulu mesin mobil pendonor. Lalu pasang pengait kabel jumper aki berwarna merah di kutup (+) aki mobil yang soak. Kemudian sambungkan ujung pengait kabel merah yang satunya di kutup (+) aki mobil pendonor. Berikutnya pasang penjepit kabel jumper berwarna hitam di kutub negatif (-) aki mobil pendonor. Lalu pasang penjepit kabel hitam yang ujung satunya pada bagian rangka bodi mobil aki yang tekor.

Jika sudah, hidupkan mesin mobi pendonor beberapa saat sambil diinjak pedal gas perlahan. Baru coba hidupkan mesin mobil yang akinya tekor. Jika kedua mobil berhasil dihidupkan, tunggu beberapa saat sampai pengisian daya listrik dirasa cukup. Setelah itu baru cabut kabel jumper merah terlebih dulu kemudian mencopot kabel hitam.

2. Cas Aki Mobil yang Soak

Langkah lainnya yang bisa Anda lakukan sebagai solusi aki mobil tekor adalah mencasnya. Cas aki mobil ini bisa Anda lakukan sendiri jika memiliki alat charger aki mobil, atau dilakukan di tempat-tempat yang memilki peralatan untuk melakukan hal tersebut. Namun perlu diingat, cas aki yang sudah soak ini hanya cara memancing aki mobil yang tekor agar bisa berfungsi kembali. Jika mobil bisa kembali normal, maka segeralah ganti aki tersebut dengan yang baru.

3. Ganti Aki yang Baru

Ini adalah cara memperbaiki aki mobil yang tekor atau tidak bisa lagi bekerja dengan semestinya. Anda dapat menggunakan layanan darurat dari bengkel resmi untuk mengatasi masalah ini. Atau dapat juga menghubungi toko yang memberikan layanan ganti aki di rumah, misalnya dari Shop and Drive atau yang lainnya.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi aki mobil tekor. Ingat, selalu perhatikan kondisi aki sebelum mulai berpergian ya. Supaya Anda tetap aman dan nyaman di perjalanan.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang eprawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Bolehkah aki mobil dicas?
Sebenarnya semua jenis aki mobil boleh dicas, hanya saja cas aki mobil cuma langkah darurat sampai mobil bisa berjalan lagi menuju bengkel untuk dilakukan penggantian aki.
Berapa lama cas aki mobil?
Cas aki mobil dengan cara di jumper bisa dilakukan dengan hanya beberapa menit. Namun kalau ingin cas di tempat isi ulang daya aki maka butuh waktu 6-8 jam samapi daya listrik aki kembali penuh.
Berapa lama masa pakai aki mobil?
Usia pakai aki mobil umumnya 2 tahun atau 50.000 kilometer. Tapi usia ini bisa sampai 3 atau 4 tahun jika diperlakukan dengan benar.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top