Aki Mobil Soak di Jalan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

20/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Saat aki mobil soak ketika Anda tengah beraktifitas, miaslnya di kantor, berlibur, atau bahkan ketika mobil sedang terparkir di pinggir jalan, pasti akan menjadi maslaah yang memusingkan. Untuk itulah kenali penyebab dan cara mengatasinya.

Aki mobil soak merupakan kondisi dimana aki alias accu tak mampu lagi memberikan suplay daya listrik terhadap komponen mobil yang lainnya. Padahal aki adalah komponen utama yang akan memasok kebutuhan daya listrik untuk perangkat kelistrikan pada mobil, misalnya lampu-lampu, klakson, atau audio system. Jika tidak ada aki, maka semua komponen ini tak akan berfungsi.

Dan sama seperti komponen mobil yang lainnya, aki juga memiliki usia pakai. Aki umumnya sanggup bertahan hingga 2 tahun, namun masa pakai tersebut bisa lebih panjang jika perawatannya benar. Sebaliknya, usia aki akan bisa lebih pendek apabila perlakuan terhadap komponen ini juga sembarangan.

Ketika kondisi aki mobil soak, maka juga akan membuat mesin mobil tak bisa dihidupkan. Kalau kejadian ini ketika mobil tengah diparkir di garasi rumah tentu bukan menjadi problem yang besar. Tapi bagaimana jika aki soak mobil ketika diparkir di kantor, pusat perbelanjaan, atau mungkin di pinggir jalan? Tentunya bikin pusing kepala bukan?

Untuk itulah kali ini Cintamobil.com akan membahas apa saja tanda aki mobil soak, apa penyebabnya, serta bagaimana solusi mengatasi aki mobil soak saat sedang di perjalanan.

>>> Menggunakan Charger Aki Mobil yang Bagus Tidak Boleh Sembarangan Lho!

Tanda Aki Mobil Soak

Ganti Aki Mobil di Shop and Drive

Kalau aki soak sebaiknya segera ganti dengan yang baru

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebelum aki mobil benar-benar tak lagi berfungsi, ada beberapa tanda pada sejumlah komponen mobil. Tanda-tanda ini berhubungan dengan komponen yang dialiri listik. Berikut 3 tanda aki soak yang diperlihatkan oleh komponen mobil yang lainnya.

1. Ada Indikator Battery di Panel Instrument

Tanda pertama jika ada masalah apda kai mobil Anda dalah munculnya indikator battery pada panel instrumet. Tanda ini berupa logo kotak dengan simbol positif (+) dan negatif (-) yang baisanay berwarna merah atau kuning.

2. Mesin Sulit Distarter

Tanda paling sering dialami apabila daya aki mobil menurun adalah mesin yang sulit distarter. Misalnya ketika pagi hari sebelum berpergian mesin harus sampai 2 kali distarter baru hidup, kemudian keesokan harinya juga mengalami gejala yang sama, maka itu adalh pertanda aki soak. Sementara jika mobil sudah menggunakan tombols Start/Stop Engine, umumnya gejala yang muncul adalah lampu indikator tombol tersebut berubah warna dari hijau menjadi merah, lalu saat tombol ditekan mesin tidak bereaksi apa-apa.

3. Lampu Utama Meredup dan Suara Klakson Melemah

Tanda kedua saat aki mulai soak adalah cahaya lampu utama meredup dari biasanya. Anda bisa mengecek pancaran cahaya dari headlamp ini menggunakan tembok rumah atau pintu garasi. Kemudian tanda aki mobil soak lainnya adalah suara klakson yang ikut melemah. Penyebabnya pun sama, yaitu aki tak mampu lagi mendukung kebutuhan daya listrik untuk komponen klakson tersebut. Sering kali suara melemah ini bukan saja pada klakson namun terjadi pula di sistem audio mobil.

>>> Kalau Sudah Muncul Tanda-tanda Ini, Bisa Jadi Aki Mobil Soak

Penyebab Aki Mobil Soak

Isi Air Aki Mobil

Air aki yang kering juga bsia menyebabkan aki soak

Setelah mengetahui tanda-tanda aki mobil mulai melemah kinerjanya, maka yang perlu dipahami kemudian adalah penyebab komponen tersebut mulai kehilangan daya. Antara lain sebenarnya karena faktor perlakuan Anda terhadap aki mobil tersebut.

1. Usia Aki Sudah Habis Masa Pakainya

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, aki mobil juga memiliki usia pakai. Umumnya aki dapat digunakan dengan normal selama 2 tahun atau 50.000 kilometer. Namun bukan tidak mungkin usia aki menjadi 3-4 tahun apabila diperlakukan dengan benar. Tak jarang pula ada yang sudah mengganti aki mobil meskipun masa pakainya baru sekitar 1,5 tahun.

2. Pemasangan Aksesoris yang Berlebihan

Aksesoris yag dimaksud adalah aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan. Misalnya mengganti lampu utama dengan HID, memasang lampu tambahan di bemper depan dan belakang, atau memasang audio system dengan monitor tambahan, speaker, tweeter, dan subwoofer yang terlalu berlebihan.

3. Mesin Mobil Jarang Dipanaskan

Apabila mobil jarang digunakan misalnya karena kondisi Anda harus di rumah saja, maka sebaiknya mesin mobil tetap dipanaskan secara teratur. Minimal lakukan ritual memanaskan mesin mobil di garasi 2 kali dalam sepekan. Karena saat mesin hidup maka alternator akan memberikan suplay listrik yang cukup kepada aki untuk disimpan. Sehingga nantinya ketika mesin dihidupkan kembali, masih ada daya listirk pada aki tersebut.

>>> 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Aki Mobil

4. Mobil Terlalu Kerja Keras

Kalau penyebab aki mobil cepat soak yang satu ini kebalikan dari poin sebelumnya. Apabila mobil digunakan dengan intensitas tinggi dan terus menerus tanpa henti hampir 24 jam sehari, maka aki akan dipaksa selalu bekerja. Lama kelamaan kondisi aki pun mulai melemah dan usia pakainya bisa berkurang dengan cepat.

5. Air Aki Habis

Untuk Anda pengguna aki basah, jangan lupa selalu rutin mengecek kondisi air aki ya. Sebab jika cairan pada aki ini berkurang atau mungkin kering, aki tak akan dapat digunakan. Berbeda halnya jika Anda menggunakan aki jenis MF (Maintenance Free) alias aki kering, maka tak perlu menambahkan air aki.

Solusi Aki Mobil Soak di Jalan

Diagram Cara Jumper Aki Mobil

Tahapan pemasangan kabel jumper di mobil pendonor​​​​​​​

Lalu bagaimana cara memperbaiki aki mobil yang soak ketika mobil digunakan, misalnya saat mobil diparkir di kantor atau pusat perbelanjaan dan mesin tak bisa distarter? Berikut beberapa solusinya:

1. Jumper Aki

Apabila aki mobil soak solusinya yang paling efektif adalah melakukan jump start. Tindakan ini acap kali disebut dengan istilah jumper aki. Yaitu kondisi dimana Anda meminta bantuan mobil lain yang kondisi akinya masih bagus untuk bisa memberikan daya lsitrik ke aki mobil Anda yang soak tadi.

Caranya, untuk mobil transmisi manual posiskan tuas transmisi di Netral (N), sedangkan untuk mobil matik di posisi Parking (P), jangan lupa aktifkan rem tangan (hand brake). Cabut semua aksesoris yang masih terpasang di cigarette lighter seperti charger ponsel. Untuk mobil pendonor matikan terlebih dulu mesinnya. Kemudian siapkan kabel jumper aki.

Selanjutnya pasang penjepit kabel jumper aki berwarna merah di kutup positif (+) aki mobil yang soak, lalu sambungkan ujung pengait kabel merah lainnya di kutup (+) aki mobil pendonor. Selanjutnya pasang penjepit kabel jumper berwarna hitam di kutub negatif (-) aki mobil pendonor. Selanjutnya penjepit kabel hitam yang ujung satunya dipasang pada bagian rangka bodi mobil aki yang soak.

Kemudian hidupkan mesin mobil pendonor beberapa saat sambil sedikit di tekan pedal gas, lalu coba hidupkan mesin mobil yang akinya soak. Jika kedua mobil berhasil dihidupkan, tunggu beberapa saat sampai pengisian daya listrik dirasa cukup ke aki yang soak. Setelah itu baru boleh cabut kabel jumper aki dengan terlebih dulu pencopot kabel hitam baru diikuti mencopot penjepit kabel merah. Ingat, dahulukan melepas penjepit kabel dari aki mobil yang sebelumnya soak ya!

2. Ganti dengan Aki Baru

Apa bila di lokasi tersebut tidak memungkinkan untuk melakukan jumper aki, maka Anda bisa menghubungi layanan darurat dari bengkel resmi mobil Anda. Umumnya mereka menyediakan layanan ganti aki mobil. Atau bisa juga menghubungi toko penjual suku cadang yang terpercaya misalnya Shop and Drive yang memiliki layanan pasang aki ke lokasi pelanggan.

3. Di Derek

Jika kedua hal tadi tidak mungkin dilakukan karena posisi Anda benar-benar jauh dari pusat kota, maka solusi paling pamungkas adalah mobil di derek. Anda bisa memanfaatkan kendaraan yang lewat untuk meminta tolong mobil di derek ke bengkel terdekat. Nantinya di bengkel bisa meminta montir membeli aki baru atau melakukan perbaikan aki yang soak tersebut.

Itu tadi beberapa tanda, penyebab, dan cara mengatasi aki mobil soak saat kendaran sedang digunakan.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya tentang eprawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah aki mobil bisa di cas?
Semua aki mobil sebenarnya bisa di cas, namun itu hanya bersifat sementara untuk kebutuhan darurat, misalnya sampai ke tempat bengkel untuk selanjutnya diganti dnegan aki baru.
Berapa lama aki mobil di cas?
Kalau hanya aki soak, aki mobil bisa di cas menggunakan cara jumper aki dari mobil lain cukup beberapa menit.
Berapa lama usia pakai aki mobil?
Aki mobil umumnya bertahan 2 tahun atau 50.000 kilometer, tapi bisa sampai 3 atau 4 tahun jika perawatannya benar. Sebaliknya kalau tidak diperlakukan dengan benar, dalam 1 tahun aki sudah harus diganti.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top