Menggunakan Charger Aki Mobil yang Bagus Tidak Boleh Sembarangan Lho!

15/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Menggunakan charger aki mobil yang bagus tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diketahui, jangan sampai pemakaian alat ini malah menimbulkan kerugian pada kendaraan Anda.

Mungkin banyak yang menanyakan apakah aki mobil bisa dicharger seperti layaknya ponsel? Mengingat aki pada mobil merupakan sumber arus listrik yang secara garis besar juga tugasnya mirip dengan baterai pada ponsel.

Kalau seperti itu pertanyaannya, maka jawabannya adalah bisa. Aki mobil bisa dicharger atau istilahnya dicas. Tapi cas aki mobil tidak bisa sembarangan dan ada perhitungannya. Selain itu apabila tak sanggup membuat charger aki mobil yang bagus, maka Anda perlu untuk menggunakan alat charger aki mobil terbaik.

Pahami Kapan Harus Cas Aki Mobil

Cas Aki Mobil

Kalau aki mobil sudah soak, charger hanya bersifat sementara

Untuk tetap mempertahankan kinerja aki mobil agar selalu optimal maka salah satunya bisa dengan mengecas aki. Tujuannya tentu saja agar tegangan listrik yang dihasilkan aki dapat kembali pada posisi tertinggi sesuai spesifikasinya.

Namun perlu diingat, mengecas aki mobil sebaiknya dilakukan pada aki yang kondisinya masih baik. Jika aki sudah tekor, maka meskipun dicas, tegangan aki tersebut tidak akan kembali normal. Proses pengecasan aki mobil yang sudah soak hanya bersifat sementara. Dalam beberapa hari, tegangan aki itu akan kembali drop sehingga lebih baik Anda membeli aki baru.

Menghitung Lama Penggunaan Charger Aki Mobil

Jumper Aki Mobil

Jangan sampai aki overcharging alias kelebihan daya listrik

Kalau aki boleh dicas, lalu pertanyaan berikutnya yang juga sering dilontarkan para pemilik mobil adalah berapa lama proses pengisian daya aki ini jika menggunakan charger aki mobil yang bagus? Jawabannya adalah kembali lagi pada kapasitas aki tersebut. Sama dengan prinsip mengisi daya baterai ponsel, mengisi daya aki mobil juga tergantung dair kapasitas aki yang menggunakan satuan Ampere per Hour (Ah).

Jika ada aki mobil tertulis spesifikasi 12Volt 40Ah, maka daya aki tersebut adalah 40 Ah dengan kemampuan mengalirkan arus stabil 12 volt. Umumnya pengisian aki menggunakan daya listrik hanya 10% dari kapasitas aki. Jadi dengan contoh aki spesifikasi tadi, maka menghitung lamanya cas aki mobil tersebut adalah:

  • Menghitung dulu besarnya arus pengisian ke aki, yakni 40 x 10% = 4 Ampere
  • Menghitung lamanya pengisian aki dengan rumus (kapasitas Aki / Arus Pengisian) + (20% x Kapasitas Aki / Arus Pengisian), yakni (40 Ah / 4Ah) + (20% x 10) = 10 + 2 = 12
  • Jadi lamanya pengisian aki tadi lebih kurang 12 jam

Apabila Anda menggunakan arus pengisian yang lebih besar daripada 10% misalnya 10 Ampere, 20 Ampere, bahkan sampai 200 Ampere, tentu lama pengisian aki bisa lebih cepat.

>>> Mengenal Fungsi Extension Negative Battery & Battery Charge Status

Pilihan Alat Charger Aki Mobil Terbaik

Alat Charger Aki Mobil

Ingat, charger aki mobil juga ada aturannya

Setelah mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengisian aki menggunakan charger aki mobil terbaik, maka ada bebrapa hal yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli charger aki mobil yang bagus. Yakni antara lain charger accu mobil terbaik adalah charger yang memilki daya pengisian lebih dari 20 Ampere. Ini untuk membuat pengisian aki bisa lebih cepat. Selain itu sebaiknya pilihlah yang dimensinya kompak sehingga mudah dalam menyimpannya.

Nah berikut ini kami berikan rekomendasi apa saja merk charger aki mobil dari yang harganya termurah:

1. Global Battery

Ini adalah alat charger aki mobil yang harganya sangat terjangkau dengan bentuk yang sangat ringkas. Dimensinya mirip charger baterai laptop, namun memiliki daya input AC100-240V-50/60Hz dan output DC 13.8 volt. Besarnya daya charger dari alat ini 1,5 Ampere serta memiliki lampu indikator. Jika lampu berwarna merah maka daya listirk di aki kurang, tapi jika sudah berubah hijau, maka artinya aki sudah terisi daya dengan penuh.

Harga : Rp 100.000

2. Voz Quick Charger

Alat ini memiliki daya input AC 220 volt dengan daya charger hingga 30 Ampere, Meskipun dimensinya cukup besar dan juga berat, tapi alat charger aki mobil ini dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Harga: Rp 200.000

3. Motobatt MBC Baby Boy

Memiliki tegangan 6 dan 12 volt, alat ini bisa untuk charger aki mobil maupun motor. Ukurannya cukup cukup compact dan dilengapi pengaman jika timbul ledakan saat pengisian daya aki.

Harga: Rp 275.000 - Rp 340.000

>>> Kalau Sudah Muncul Tanda-tanda Ini, Bisa Jadi Aki Mobil Soak

4. Mega Intelligent Battery Charger

Charger aki mobil yang bagus lainnya adalah dengan merk Mega. Alat ini dilengkapi dengan sistem smart 3 phase yang mana ketika daya aki sudah terisi penuh maka secara otomatis tidak akan mengisi daya lagi (cut off). Kapasitas daya chargernya pun memiliki pilihan yang bisa disesuaikan sampai maksimum 20 Ampere.

Harga: Rp 375.000

5. Zen Charger Portable

Jika mencari charger aki mobil dengan ukuran yang compact maka bisa pertimbangkan juga merk Zen. Meskipun ukurannya minimalis tetapi alat ini memiliki daya charger 20 Ampere. Bentuknya pun mirip power bank sehingga praktis dibawa kemana saja.

Harga: 525.000

6. NLG Bright Battery Charger

Kalau alat charger aki mobil dari NLG ini dimensinya cukup besar dan juga lumayan berat. Namun alat ini memiliki daya input 220 volt dengan kemampuan charging 6 dan 12 volt. Sehingga bisa dipakai juga untuk aki motor.

Harga: Rp 550.000

7. Super Fast Charger

Charger aki mobil yang ini sanggup memberikan fasilitas fast charging. Ini karena daya pengisian aki melalui alat tersbeut bisa mencapai 100 Ampere. Sehingga saat mengisi satu aki mobil berkapasitas 12Volt maka bisa hanya 10 menit saja. Apalagi harga charger aki mobil yang bagus ini tidak terlalu mahal.

Harga: Rp 560.000

8. BRT Pistar I-MAX

Diklaim bisa untuk mendeteksi kondisi aki terlebih dulu apakah masih sanggup diisi daya listrik atau sudah terlanjur rusak. Alat pengisian aki mobil ini memiliki kemampuan charging sampai 40 Ampere.

Harga: Rp 700.000

>>> 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Aki Mobil

9. Nankai Battery Charger

Alat ini memiliki pilihan kemampuan charging mulai dari 5 Ampere sampai 20 Ampere. Sementara daya inputnya 230 volt dan bisa untuk ngecas aki berkemampuan 12 volt.

Harga: Rp 750.000

10. Noco Genius

Dari beberapa alat charger aki mobil terbaik tadi, rasanya hanya Noco Genius yang memiliki teknologi paling lengkap. Karena selain mempunya fasilitas fast charging sampai 230 Ampere, alat ini juga diberi teknologi perlindungan dari risiko aki meledak.

Harga: Rp 950.000

Itu dia serba serbi seputar charger aki mobil. Hal yang perlu diingat sata menggunakan alat ini adalah perhatikan kondisi aki yang hendak di cas dan durasi pengecasan. Jangan sampai aki mobil jadi overcharging sehinga berpotensi meledak.

>>> Klik juga tips dan trik untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya seputar perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah aki mobil boleh di cas?
Sebenarnya semua aki mobil boleh dicas, namun jika kondisi aki sudah soak, maka cas aki hanya akan bersifat sementara.
Berapa tegangan aki mobil?
Aki mobil umumnya memiliki tegangan 12 volt dengan kapasitas yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan mobil tersebut.
Kenapa aki mobil sering tekor?
Kondisi ini umumnya karena aki mendapatkan beban terlalu besar dari kapasitasnya. Sering kali akibat penambahan aksesoris kelistrikan yang berlebih seperti lampu-lampu atau audio system. Atau bisa juga kondisi alternator sudah tak lagi berfungsi dengan baik.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top