Air Wiper Tiba-tiba Tidak Bisa Disemprotkan? Coba Cek Ini

08/06/2021

Perawatan dan service

3 menit

Menghadapi cuaca hujan, washer atau penyemprot air wiper menjadi salah satu fitur penting pada mobil. Ketika air wiper tidak bisa disemprotkan, apa yang menjadi penyebabnya?

Kaca depan mobil yang kotor dapat menganggu visibilitas pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan penyemprot air wiper atau biasa disebut dengan washer. Cukup menekan tuas wiper ke arah Anda, air akan menyemprot dan wiper otomatis akan menyapu sisa kotoran pada kaca depan.

Jika tiba-tiba washer tidak berfungsi saat Anda sedang berkendara, ada pun bertanya-tanya apa yang terjadi pada fitur ini saat sedang dibutuhkan? Berikut tiga hal yang dapat diperiksa saat washer mobil Anda tidak berfungsi.

>>>  Awas! Pakai Wiper Kurang Tepat Bisa Bikin Kaca Mobil Baret

Periksa Reservoir Air Wiper

Gambar Mengisi Air Wiper

Periksa dan isi air di dalam reservoir secara berkala

Ketika washer tidak berfungsi, ada kemungkinan bahwa air di dalam reservoir memang sudah habis. Untuk memeriksanya, Anda perlu membuka kap mesin mobil dan menemukan reservoir tersebut. Jika reservoir tersebut kosong, Anda bisa mengisi air wiper kembali.

Ada beberapa pilihan cairan yang dapat anda gunakan sebagai air wiper, yang pertama tentu saja produk aftermarket yang memang diperuntukkan sebagai washer fluid. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alternatif shampoo mobil, sabun cuci piring, atau cairan pembersih kaca rumah. Jika menggunakan pilihan alternatif, campurkan cairan tersebut ke dalam air suling dalam konsentrasi yang kecil. Hindari mencampur hingga air berbusa, karena hal tersebut justru dapat menyumbat saluran washer mobil.

Periksa Saluran Washer

Gambar Saluran Air Wiper

Jalur selang washer yang tercopot juga bisa menyebabkan washer tidak berfungsi

>>> Ini Wiper Canggih yang Pas Buat Mobil Offroad

Jika air reservoir sudah penuh namun washer tak kunjung menyemprotkan air, Anda bisa mulai memeriksa saluran washer itu sendiri. Periksa mulai dari lubang washer, karena terkadang lubang tersebut dapat tersumbat oleh kotoran. Gunakan peniti atau jarum untuk membersihkan washer dari sumbatan dengan cara menusuk dan mengorek lubang washer.

Selain lubang washer, periksa juga selang-selang yang menyalurkan air dari reservoir. Ada kemungkinan selang tersebut terlepas atau justru terputus sehingga air tidak dapat mengalir hingga ke washer.

Periksa Pompa Washer

Gambar Pompa Washer

Posisi pompa washer biasanya tidak jauh dari reservoir

Hal terakhir yang bisa Anda curigai saat washer tidak berfungsi adalah pompa dari washer itu sendiri. Untuk memeriksanya, aktifkan washer dan dengarkan suara dari arah kap mesin. Jika tidak ada suara, kemungkinan pompa tersebut rusak atau ada kabel kelistrikan washer yang bermasalah. Jika hal ini yang terjadi, Anda bisa menyambangi bengkel resmi atau bengkel langganan Anda untuk memeriksa dan mengganti komponen tersebut.

>>> Baca artikel tips & trick tentang otomotif terbaru di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top