Awas! Pakai Wiper Kurang Tepat Bisa Bikin Kaca Mobil Baret

07/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Menggunakan wiper mobil rupanya tak bisa sembarangan. Kalau saja tidak tepat menggunakan wiper bisa membuat kaca mobil baret lho! Begini penjelasannya.

Wiper menjadi salah satu komponen mobil yang amat membantu di saat hujan. Adanya sapuan wiper pada kaca mobil kala hujan bisa membuat visibilitas pengendara kian jelas. Tapi tahukah Anda bahwa ada potensi kaca mobil baret kala menyalakan wiper? 

Hal ini mungkin saja terjadi bila Anda langsung menghidupkan wiper saat hujan tidak terlalu deras.

>>> Masuk Musim Hujan, Simak Komponen Wiper dan Fungsinya

Kaca Mobil Baret Disebabkan Oleh Kotoran Menempel

wiper mobil

Jangan asal menyalakan wiper

Melansir laman Auto2000, Kamis (6/1/2021), baret-baret atau munculnya goresan kecil di kaca depan, misalnya. Sebab, banyak kotoran keras dan kecil yang tak tampak oleh mata tetapi menempel di kaca depan. 

Kotoran seperti inilah yang berpotensi 'melukai' permukaan kaca jika terbawa sapuan bolak-balik karet wiper. Potensi tergores atau baret menjadi semakin besar ketika kaca depan kurang licin.

Untuk itu, guna mengurangi potensi kaca mobil baret Anda bisa terlebih dahulu menyemprotkan air wiper pada kaca depan. Anda bisa menyemprotkan air wiper beberapa kali, guna memastikan kotoran di kaca turun baru kemudian disapu menggunakan wiper. 

Sebagai komponen yang penting saat musim hujan, Anda juga sebaiknya mengecek komponen wiper. Anda bisa memulai dengan mengecek kondisi karet wiper,  motor wiper hingga airnya. Pastikan semuanya oke dan ganti bila kondisinya sudah tidak memungkinkan.

>>> Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Cara Merawat Wiper Agar Panjang Umur

wiper mobil

Cek juga kondisi air wiper

Ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali sebelum mengganti wiper yaitu: 

1. Masih Menyisakan Bercak. Wiper seharusnya bisa menyapu air di kaca mobil dengan sempurna. Jika Anda memperhatikan masih ada sisa kotoran di kaca mobil itu artinya Anda harus segera menggantinya. 

2. Tekstur Kasar dan Melengkung. Wiper yang baik memiliki tekstur yang halus dan rata. Anda bisa menggantinya apabila tekstur wiper kasar atau terlihat retak. 

3. Muncul Suara. Suara Berdecit juga bisa menjadi salahs atu tanda Anda harus segera mengganti wiper. Kalau tak segera diganti, wiper dengan karet yang mulai mengeras itu membuat kaca mobil bisa baret. 

Bila pemeriksaan wiper sudah selesai, ada baiknya untuk memperhatikan air wiper secara lebih teliti lagi. Bukan tanpa alasan, air biasa saja seringkali tidak cukup ampuh membasuh kotoran yang menempel pada kaca depan. Maka dari itu disarankan untuk memberi campuran aditif pada air wiper agar lebih optimal dalam membantu membersihkan kotoran yang menempel di kaca depan.

>>> Pernah Tau Gak Sih Sejarah Wiper Mobil?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top