6 Cara Memperbaiki Cruise Control Mobil Rusak

28/02/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
6 Cara Memperbaiki Cruise Control Mobil Rusak
Cruise control mobil rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal, mengingat fitur ini terhubung dengan komponen lainnya pada kendaraan tersebut, maka jika ada komponen itu yang bermasalah, maka bisa juga mengakibatkan cruise control non aktif.

Ketika cruise control mobil rusak, maka akan cukup mengganggu kenyamanan berkendara. Mengingat ftur ini didesain untuk menguragi stres atau kelelahan saat berkendara jarak jauh dengan rute jalan lurus.

Ditemukan tahun 1948 oleh mekanik buta, Ralph Teetor, cruise control memang bisa membantu pengemudi saat harus berkendara dengan kecepatan konstan di jalan raya yang lurus, misalnya ketika melintasi ruas jalan tol yang cukup panjang.

Saat fitur ini diaktifkan, maka cruise control mobil akan mempertahankan kecepatan yang sudah ditentukan sebelumnya tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas. Bahkan kecepatan kendaraan dapat dinaikkan atau diturunkan menggunakan tombol cruise control yang umumnya ada di bagian setir. Dan untuk menonaktifkannya, pengemudi tinggal menginjak sedikit pedal rem.

Namun seperti halnya komponen lain dari sebuah kendaraan, cruise control mobil rusak pun bisa saja terjadi. Jika fitur ini tak dapat berfungsi, maka pengemudi tak akan bisa mengendalikan kecepatan kendaraan secara konstan dengan bantuan fitur tersebut.

Lalu bagimana cara mengatasi cruise control mobil yang rusak? Berikut beberapa tahapannya dikutip dari Autoevolution, Jumat (26/02/2021).

>>> Google Maps Bisa Terhubung dengan Fitur Adaptive Cruise Control

1. Periksa jika Lampu Check Engine Menyala

Indikator Check Engine

Indikator check engine menyala berarti ada masalah di mesin

Cruise control pada mobil dikendalikan melalui Cruise Control Module (CCM). Dan modul ini terhubung dengan sistem lainnya pada kendaraan, antara lain sistem drive-by-wire atau Electronic Throttle Control System (ETCS).

Apabila mobil sudah dilengkapi ETCS, saat ada bagian mesin atau transmisi yang mengalami masalah maka biasanya akan langsung mengnonaktifkan cruise control. Umumnya kondisi ini ditandai dengan menyalanya lampu indikator check engine pada panel instrumen. Kalau sudah demikian, maka sebaiknya lakukan pengecekan di bengkel untuk mengetahui apa penyebab sesungguhnya dari indikator check engine tersebut.

2. Segera Perbaiki Kalau Lampu Rem Mati

Lampu Rem Mobil

Kalau lampu rem tidak menyala, bisa membuat cruise control non aktif

Pada banyak kendaraan, kerusakan pada sistem lampu rem ternyata juga akan membuat fitur cruise control mobil rusak. Jadi jika ada satu diantara lampu rem di mobil Anda yang mati, segeralah ganti lampu tersebut dengan yang baru.

Bisa juga kerusakan pada lampu rem ini akibat sakelar lampunya. Komponen tersebut umumnya terhubung dengan pedal rem yang bertugas mendeteksi agar lampu bisa menyala saat pedal rem diinjak. Kalau bagian sakelar ini yang rusak, maka ganti juga komponen tersebut.

>>> Alasan Pentingnya Mematikan Cruise Control Saat Hujan

3. Cek Relay dan Sekring

Sekring Mobil

Periksa jika sekring dan relay putus

Jika fitur cruise control mobil mengalami masalah, maka langkah berikutnya bisa memeriksa sekring dan relay komponen tersebut. Bukalah kotak sekring di mobil Anda yang ada di ruang mesin atau di balik laci dasbor. Posisi sekring atau relay ini bisa terlihat dari bagan sekring yang ada di bagain tutup kotak sekring tersebut.

Perhatikan kondisi sekring dan relay, jika ternyata putus maka langsung ganti dengan yang baru. Harga sekring atau relay ini tidak terlalu mahal kok, dan bisa didapatkan hampir disemua toko sparepart mobil.

4. Speed Sensor Rusak

Jalan tol

Apabila speed sensor rusak, maka modul cruise control tidak bisa menerima data

Cruise control mobil rusak bisa juga disebabkan akibat sensor kecepatan yang mengalami masalah. Sebab CCM akan membaca kecepatan dari kendaran tersebut berdasarkan data yang dikirim oleh sensor kecepatan ini. Jika sensor rusak, maka cruise control juga tidak akan berfungsi.

5. Ada Kebocoran Vakum Throttle

Kabel Vakum Throttle

Jika kabel vakum throttle ada yang bocor, bisa berpengaruh ke cruise control

Beberapa kendarana ada yang masih menggunakan aktuator vakum untuk mengontrol throttle body saat cruise control diaktifkan. Apabila terdapat kebocoran pada satu selang vakum, maka modul cruise control akan memerintahkan utnuk menonaktifkan fitur tersebut.

Kebocoran vakum ini juga ditandai mesin dalam kondisi idle dengan RPM yang cukup tinggi. Jadi jika Anda mengalami gejala seperti itu, maka segeralah bawa ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

>>> Review Nissan Serena X 2013: MPV Nyaman Seharga LCGC

6. Kerusakan Pada Tombol Cruise Control

Tombol Cruise Control Mobil

Bisa juga karet pada tombol cruise control sudah aus

Apabila ternyata beberapa komponen tadi sudah diperiksa namun semuanya dalam keadaan baik, maka bisa jadi cruise control rusak akibat kabel-kabel yang terhubung dengan tombol fitur tersebut. Bisa saja akibat karet pada tombol sudah aus maka tidak bisa lagi mengirim perintah dengan baik ke modul. Untuk mengatasinya, maka Anda harus memeriksakan ke bengkel, sebab untuk memperbaikinya harus membongkar bagain setir untuk memeriksa kabel-kabel dan tombolnya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat cruise control mobil rusak. Untuk menjamin perbaikan dilakuakn dengan tepat, maka sebaiknya pilih bengkel resmi aatu bengkel yang sudah dipercaya ya.

>>> Temukan juga tips dan trik menarik lainnya seputar perawatan mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top