Google Maps Bisa Terhubung dengan Fitur Adaptive Cruise Control

18/09/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Google Maps Bisa Terhubung dengan Fitur Adaptive Cruise Control
Semakin maju perkembangan teknologi informasi, maka bisa seiring sejalan dengan perkembangan pula di dunia otomotif. Misalnya Google Maps yang kabarnya sudah bisa terintegrasi dengan fitur Adaptive Cruise Control.

Google Maps selama ini sudah dipercaya pengemudi untuk menentukan arah jalan ketika berkendara. Aplikasi mobile ini pun juga sudah banyak tertanam pada sistem infotainment di sebuah mobil. Tentu saja tujuannya agar lebih memudahkan para penggunanya.

Dan seiring perkembangan teknologi informasi, perangkat ini juga terus menyesaikan diri dengan teknologi yang juga berkembang pada industri otomotif. Termasuk kemampuan membaca aplikasi navigasi dari Google tersebut terhadap sistem cruise control di mobil.

>>> Waduh, Samsung Galaxy S20 Tidak Bisa Connect Android Auto

Google Maps Bisa Terhubung dengan Adaptive Cruise Control

Google Maps di Android Auto

Kabarnya sudah diuji coba pada sistem Android Auto yang ada di Polestar 2

Dijelaskan melalui pihak Google, jika kendaraan yang sudah terpasang Android Auto maka memungkinkan apliaksi peta digital dari Google ini bisa terkoneksi dengan fitur bantuan pada mobil yang terkait dengan keselamatan, misalnya fitur Adaptive Cruise Control. Sistem ini pun kabarnya sudah diuji coba pada unit Polestar 2 dan berjalan dengan baik. Selanjutnya sistem tersebut bisa diaplikasikan untuk mobil yang lain.

"Mobil Anda mungkin memiliki kemampuan untuk berakselerasi dan mengerem secara otomatis demi menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya. Jika tidak ada mobil di depan, maka kendaraan bisa melaju dengan kecepatan yang sudah disesuaikan pengemudi. Google Maps dapat memberikan informasi ke sistem Adaptive Cruise Control untuk membantu fitur ini," kata pihak Google seperti Cintamobil.com kutip dari Autoevolution, Jumat (18/09/2020).

>>> Begini Pengaturan Waze dan Google Maps Melewati Ganjil Genap di Jakarta

Membantu Memberikan Informasi Kondisi Lalu Lintas

Adaptive Cruise Control

Nantinya ada informasi kondisi lalu lintas di jalur yang akan dilewati untuk kebutuhan Adaptive Cruise Control

>>> Review Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur dan Makin Sporty

Peranan aplikasi Maps dari Google yang terhubung dengan Adaptive Cruise Control yaitu memberikan informasi kondisi jalan raya di depan kendaraan tersebut sesuai peta yang sudah ditentukan. Sehingga dapat diberikan informasi tentang batas kecepatan yang diperlukan bagi kendaraan tersebut.

Selain itu kemampuan membaca waktu, cuaca, sampai adanya informasi hambatan lain di jalur yang akan dilewati kendaraan, tentu juga berguna bagi sistem Adaptive Cruise Control tersebut.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Menghubungkan Android Auto pada Update Terbaru Google

03/09/2020

Perawatan dan service

2 menit

Laporan terbaru mengungkapkan Google sudha meluncurkan tampilan baru dari Android Auto pada mobil. Ini cara menghubungkan Android Auto pada update terbaru.

Lihat juga

Ulang Tahun ke-15, Logo Anyar dan Fitur Baru Google Maps

11/02/2020

Pengemudian

2 menit

Memperingati ulang tahun ke-15, Google Maps mengubah logo baru dengan tampilan yang lebih simpel. Ada pula beberapa fitur baru Google Maps yang ditambahkan.

Lihat juga

Mulai 2021 GM Bakal Pasang Layanan Google Di Seluruh Mobilnya

09/09/2019

Pasar mobil

3 menit

General Motors dan Google menyepakati kerjasama untuk memasang berbagai layanan Google ke dalam mobil GM yang dimulai pada 2021, termasuk Google Voice Assistant dan Google Maps.

Lihat juga

Jangan Panik! Fitur Google Maps Baru Berikan Peringatan Ketika Bencana

26/06/2019

Pengemudian

2 menit

Google menambahkan fitur baru pada Google Maps untuk membantu Anda selamat dari bencana alam. Ketika badai, banjir, atau gempa bumi terjadi di daerah Anda, fitur Google Maps akan menunjukan jalan menghindar dari tempat bahaya secepat mungkin.

Lihat juga

Pilih Google Maps atau Waze Saat Mudik Lebaran?

22/05/2019

Pengemudian

4 menit

Diantara dua aplikasi petunjuk jalan ini, apakah Anda pilih Google Maps atau Waze ketika dibutuhkan? Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan cukup praktis untuk Anda gunakan saat perjalanan mudik.

Lihat juga
 
back to top