Alasan Pentingnya Mematikan Cruise Control Saat Hujan

15/02/2021

Pengemudian

3 menit

Sangat penting mematikan cruise control jika berkendara dalam kondisi hujan atau jalanan basah untuk mencegah kehilangan traksi dan risiko buruk aquaplaning

Fitur cruise control menambah kenyamanan saat berkendara di jalan lengang seperti jalan tol. Tanpa harus menekan pedal gas, kendaraan bisa berjalan dengan kecepatan konstan sesuai yang diinginkan. Namun perlu diketahui, jika Anda berkendara dalam kondisi hujan atau dalam kondisi jalanan basah sebaiknya Anda menonaktifkan fitur tersebut.

Alasan penting mematikan cruise control

Federasi klub otomotif American Automobile Association (AAA) dalam artikelnya menjelaskan alasan pentingnya mematikan cruise control. Pertama; Hujan dan genangan air menyebabkan minyak dan lemak di jalan naik ke permukaan air. Hal tersebut menciptakan kondisi jalan yang licin seperti es dan memicu terjadinya aquaplaning (hydroplaning). Ban mobil tidak menapak sempurna dan seperti mengambang di atas permukaan. Kondisi ini bahkan bisa terjadi saat kecepatan rendah 35 mil/jam atau 55 km/jam.

>>> Lamborghini Huracan STO Percayakan Pada Kualitas Bridgestone Potenza

Foto mobil sport melintas di jalan yang basah

Cruise control menjaga kendaraan pada kecepatan konstan

Kedua; Cruise control memperburuk keadaan jika aquaplaning benar-benar terjadi mengingat fitur ini menjaga laju kendaraan di kecepatan konstan. Menginjak rem memang bisa menonaktifkan cruise control, tapi kalau kendaraan tidak memiliki fitur Anti Lock Braking System (ABS) dan pengeraman dilakukan saat aquaplaning kendaraan bisa makin tergelincir.

Perlu diketahui, hal terpenting jika berkendara dalam kondisi hujan adalah menjaga traksi atau daya cengkeram ban dengan permukaan jalan. Dan itu akan lebih mudah dilakukan dalam kondisi kendaraan melaju perlahan.

Solusi

Saat kondisi hujan, jalan tergenang banjir atau rob sebaiknya Anda segera matikan fitur cruise control. Caranya tekan sedikit pedal gas / pedal rem atau tekan tombol cancel. Setelah itu turunkan kecepatan kendaraan secara perlahan.

Jika kemudian Anda merasakan kendaraan mulai selip, angkat kaki dari pedal gas dan pedal rem dan biarkan kecepatan kendaraan menurun dengan sendirinya. Pegang kemudi kuat-kuat dengan kedua tangan sampai menemukan momen ban kendaraan mulai menapak sempurna. Setelah bisa dikendalikan Anda bisa kembali ke jalur yang semestinya.

>>> Perhatikan, Ini Syarat Aman Menggunakan Fitur Cruise Control

Foto menunjukkan tombol Cruise Control pada setir kendaraan

Matikan cruise control saat kondisi jalan basah

Catatan:

Mobil-mobil keluaran terbaru mayoritas sudah dilengkapi fitur keselamatan Traction Control System (TCS) atau Vehicle Stability Control (VSC). Gunanya mencegah roda mengalami selip atau kehilangan traksi. Jadi, jika Anda berencana membeli mobil baru pastikan sudah memiliki fitur tersebut agar berkendara di berbagai kondisi jalan menjadi lebih aman..

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top