5 Jenis Servis Mobil di Rumah yang Bisa Anda Lakukan Sendiri Tanpa Montir

25/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
5 Jenis Servis Mobil di Rumah yang Bisa Anda Lakukan Sendiri Tanpa Montir
Servis mobil di rumah tanpa harus ke bengkel? Siapa takut! Karena ada beberapa pekerjaan perawatan mobil yang sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu bantuan montir.

Kendaraan juga membutuhkan perawatan, seperti layaknya manusia. Namun terkadang, ada beberapa perawatan mobil yang bisa Anda lakukan sendiri. Cukup sediakan waktu luang di rumah, Anda dapat servis mobil di rumah sendiri tanpa perlu bantuan montir bengkel.

>>> Agar Tidak Tertipu, Begini Cara Membedakan Suku Cadang Asli Atau Palsu

1. Radiator

cek air radiator mobil

Lakukan pengecekan radiator sebelum mobil dihidupkan pagi hari

Melakukan perawatan radiator mobil sebenarnya tidak perlu sering ke bengkel. Cukup lakukan pengecekan setiap pagi sebelum Anda beraktifitas. Caranya, cek kondisi air radiator, jika kosong tambahkan. Periksa pula selang-selang radiator, apakah ada kebocoran atau tidak dengan melihat bagian ruang mesin atau kolong mobil. Lakukan secara rutin setiap sebelum mobil dihidupkan pagi hari.

2. Rem

pedal rem mobil

Periksa kondisi rem sesaat sebelum berpergian

Servis mobil di rumah untuk bagian rem bisa dengan melakukan perawatan berkala. Caranya, selalu cek kadar dan kondisi minyak rem. Lalu setiap akan berangkat beraktifitas menggunakan mobil, cek kondisi rem. Dengan cara maju atau mundurkan mobil beberapa meter, kemudian rem. Kalau sudah ada bunyi aneh-aneh saat pedal rem diinjak, maka Anda bisa bersihkan bagian rem. Biasanya bunyi itu muncul akibat kotoran atau debu pada sistem rem mobil Anda.

>>> Promo mobil baru paling menarik selalu ada disini

3. Lampu-lampu

lampu utama mobil

Mengganti lampu yang padam juga tak wajib ke bengkel

Lampu sangat dibutuhkan ketika Anda berkendara. Apalagi lampu utama yang amat diperlukan saat berkendara di malam hari. Ketika satu dari beberapa lampu mobil ini padam, maka Anda bisa melakukan perbaikannya sendiri di rumah. Caranya dengan terlebih dulu membeli bohlam sesuai ukuran spesifikasi lampu yang digunakan di mobil Anda. Lalu buka penutup lampu tersebut, dan ganti lampu yang padam dengan lampu baru. Cara membuka penutup lampu ini berbeda-beda tiap mobil, Anda tinggal membaca di buku petunjuk mobil Anda, atau cari referensinya di internet.

4. Oli

oli mobil

Siapa bilang ganti oli harus ke bengkel?

>>> Promo mobil bekas berkualitas terlengkap cek disini

Banyak pemilik yang tidak mengetahui atau mungkin malas servis mobil di rumah untuk sekedar ganti oli. Padahal caranya cukup mudah. Tinggal beli oli sesuai rekomendasi dari pabrikan mobil Anda. Lalu buka tutup lubang oli yang ada dibagian kolong mobil. Jangan lupa siapkan baskom atau ember untuk menampung oli kotor tersebut. Kalau oli kotor sudah benar-benar habis, tutup kembali lubang oli tadi, kemudian masukkan oli baru. Mudah bukan?!

5. Saringan Udara

filter udara mobil

Jangan malas untuk rutin bersihkan filter udara di rumah

Melakukan servis mobil di rumah juga bisa ketika harus membersihkan filter udara. Komponen ini biasanya diletakkan di ruang mesin, dekat dengan blok mesin. Buka penutup filter yang biasanya hanya berupa soket pengait. Lalu keluarkan filter dan bersihkan. Jika sudah, pasang kembali pada tempatnya, serta jangan lupa kaitkan lagi penguncinya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Cara Mengetahui Mekanik Bengkel yang Jago Servis Mobil

26/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Menemukan mekanik bengkel yang jago ibarat menemukan pasangan sejati untuk mobil Anda. Karena melalui mekanik inilah, setiap masalah pada kendaraan Anda bisa diatasi.

Lihat juga

Servis Mobil Buat Mudik, Jangan Tunggu Mepet Waktu

Anda ingin mudik menggunakan mobil pribadi? Sebelum berangkat, pastikan dulu servis mobil agar tak ada kendala yang menghampiri saat perjalanan. Malah, Anda sebaiknya melakukan servis jauh-jauh hari, sehingga tidak perlu mengantri karena kepadatan dari pelanggan lain yang ingin servis juga.

Lihat juga

Bukan Cuma Buat Kulit Tubuh, Ada Manfaat Body Lotion untuk Perawatan Mobil

Manfaat body lotion untuk perawatan mobil ini ternyata berguna saat digunakan pada bagian interior mobil terutama untuk dasbor dan trim pintu. Cara aplikasinya pun terbilang mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander GLS AT 2018

13/08/2018

Editor rate:

Di antara semua keluarga Mitsubishi Xpander, varian GLS bisa dibilang varian ekonomis. Sekalipun masih 1 tingkat di atas GLX yang menjadi varian termurah, namun secara fitur ia bisa dibilang masih cukup relevan dan manusiawi. Apalagi sekarang sudah tersedia opsi transmisi otomatis, yang tentu saja semakin menambah daya tarik varian yang satu ini.

Lihat juga

Harga Toyota Avanza Veloz 2020: Harga & Promo Avanza Veloz September Terbaru

01/09/2020

Toyota

Boleh dibilang, Toyota Avanza Veloz adalah kasta tertinggi dari keseluruhan model Avanza. Jika Anda ingin sebuah kendaraan yang lebih daripada Avanza biasa, Veloz menjadi hal menarik yang ditawarkan oleh Toyota. Tepat di tanggal 15 Januari 2019, New Toyota Avanza Veloz hadir beriringan dengan hadirnya New Avanza. Berapa harganya? Berikut kita simak, daftar harga Toyota Avanza Veloz terbaru.

Lihat juga