Yuk Pelajari Apa yang Tertulis dalam Polis Asuransi Mobil

09/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Yuk Pelajari Apa yang Tertulis dalam Polis Asuransi Mobil
Pada sebuah dokumen polis asuransi mobil, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan. Karena inilah yang bisa menjadi bukti kuat perjanjian asuransi kendaraan dan akan berguna saat mengajukan klaim.

Setiap perjanjian asuransi pasti membutuhkan polis asuransi, begitu pun dengan asuransi mobil. Karena melalui polis asuransi mobil inilah terdapat bukti otentik yang sah di mata hukum atas perjanjian asuransi antara Anda sebagai pihak Tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai pihak Penanggung.

Di dalam polis asuransi akan terkandung beberapa muatan poin kesepakatan. Mulai dari jenis layanan asuransi yang diberikan Penangung kepada Tertanggung, apa saja bentuk perlindungan yang diberikan dari pihak Penanggung, sampai besarnya biaya premi asuransi yang wajib dibayarkan Tertanggung.

Agar lebih paham mengenai polis asuransi mobil, kali ini Cintamobil.com akan beberkan beberapa hal yang sering termuat pada polis asuransi kendaraan bermotor yang disuguhkan para perusahaan asuransi.

>>> Asuransi Astra Raih Digital Marketing dan Social Media Award 2019

Mari Pelajari Contoh Polis Asuransi Mobil

Dokumen Polis Asuransi Mobil

Pada polis asuransi tertulis banyak hal terkait kesepakatan antara Anda dan perusahaan asuransi

Sebelum mempelajari apa saja hal-hal yang terkandung dalam sebuah polis asuransi kendaraan, mari lebih dulu mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan polis asuransi. Polis merupakan perjanjian yang telah disepakati antara perusahaan asuransi dan nasabahnya serta tertulis pada dokumen resmi dan ditandatangani kedua belah pihak serta diberi materai.

Sebagaimana layaknya perjanjian dua belah pihak, maka pada polis asuransi juga tercantum hak dan kewajiban antara pihak pertama dan pihak kedua yang tentunya berdasarkan kesepakatan bersama. Termasuk adanya akibat atau konsekuensi jika kesepakatan perjanjian tersebut dilanggar oleh salah satu pihak yang terlibat dalam perjanjian atau mungkin ada kejadian yang membuat perjanjian asuransi bisa batal.

Bagi Anda yang menjadi nasabah asuransi mobil, polis asuransi juga menjadi bukti tertulis yang sah di mata hukum ketika terjadi risiko terhadap kendaraan Anda dan ingin mengajukan klaim atau membayar tarif premi.

Lalu apa saja yang hal-hal yang tertulis dalam sebuah polis asuransi mobil? Perhatikan contoh polis asuransi kendaraan pada gambar di artikel ini ya.

>>> Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Mobil

Contoh Dokumen Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

Contoh polis asuransi kendaraan bermotor

Dari gambar itu dapat ditelaah, kalau ada beberapa poin penting yang harus diketahui dalam sebuah polis asuransi kendaraan bermotor, yaitu:

1. Pemilik Polis Asuransi Kendaraan

Pada sebuah dokumen polis asuransi mobil harus tertulis jelas siapa pemilik dari polis asuransi tersebut. Seperti nama lengkapnya, alamat lengkap, serta periode pertanggungan asuransi. Selain nama pemegang polis, pihak asuransi yang bertindak sebagai pihak Penanggung juga wajib disebutkan secara jelas. Apa nama perusahaannya dan dimana alamat kantornya serta nomor telepon yang dapat dihubungi.

2. Jenis Asuransi Mobil

Komponen berikutnya yang wajib ada di sebuah polis asuransi mobil adalah jenis asuransi dari kendraan bermotor itu. Apakah berupa asuransi Comprehensive (All Risk) atau asuransi Total Loss Only (TLO). Dalam berkas tersebut juga harus disebutkan kewajiban dan hak perlindungan dari jenis asuransi yang diambil.

3. Data Kendaraan

Jangan lupa juga, karena polis asuransi ini untuk asuransi kendaraan bermotor yaitu mobil, maka dari contoh polis asuransi kendaraan tadi terlihat ada keterangan mengenai data-data kendaraan yang diasuransikan. Data ini termasuk merk mobil, tipe mobil, tahun pembuatan, warna, nomor STNK, dan nomor plat kendaraan. Karena dari data kendaraan ini akan mempengaruhi besarnya premi asuransi mobil.

4. Harga Premi dan Cara Pembayarannya

Setelah ada data kendaraan yang diasuransikan, maka pihak perusahaan asuransi akan menulis berapa besarnya tarif premi asuransi dari kendaraan tersebut. Selain besarnya premi, dicantumkan pula jangka waktu dan cara pembayaran premi tersebut yang dapat dipilih oleh nasabah. Biasanya ditambahkan juga konsekuensi jika ada pembayaran terlambat atau premi tidak dibayar sama sekali oleh nasabah.

>>> Berapa Premi Asuransi Mobil Sinarmas dan Cara Klaimnya?

5. Nilai Ganti Rugi

Survei Asuransi Mobil

Pada polis asuransi ada besarnya nilai tanggungan dari pihak perusahaan asuransi

Selanjutnya dalam dokumen polis asuransi mobil juga akan dimuat besarnya nilai ganti rugi yang akan dikeluarkan perusahaan asuransi atas risiko kerusakan atau kehilangan mobil yang diasuransikan. Dijelaskan pula mengenai hal-hal yang bisa membuat hak ganti rugi ini gugur.

6. Pengecualian

Pada poin ini, pihak perusahan asuransi umumnya akan menjelaskan apa saja risiko-risiko kerugian pada mobil yang tidak ditanggung oleh pihak asuransi. Misalnya jika Anda mengambil layanan asuransi jenis TLO, maka kerusakan ringan seperti baret atau penyok tidak akan ditanggung asuransi.

7. Cara Klaim

Dalam dokumen polis asuransi kendaraan bermotor juga wajib dijabarkan bagaimana cara nasabah jika hendak mengajukan klaim ganti rugi. Termasuk dipaparkan pula dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan saat mengajukan proses klaim tersebut.

8. Penghentian Pertanggungan dan Perjanjian Asuransi

Pada poin yang terakhir biasanya akan dijelaskan bagaimana keadaan yang menyebabkan penghentian pertanggungan. Kemudian ada juga penjelasan apabila terjadi perselisihan antara perusahaan asuransi sebagai pihak Penanggung dan nasabah sebagai pihak Tertanggung termasuk cara penyelesaiannya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Pahami 5 Jenis Asuransi Mobil yang Ada di Indonesia

04/09/2020

Pengemudian

8 menit

Ada beberapa jenis asuransi mobil yang patut Anda pahami saat hendak memproteksi kendaraan kesayangan dengan asuransi. Sesuaikan kebutuhan dengan masing-masing jenis asuransi ini.

Lihat juga

Begini Cara Klaim Asuransi Mobil

07/09/2020

Perawatan dan service

8 menit

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengajukan permohonan klaim asuransi mobil. Baik untuk perbaikan ringan atau perbaikan berat.

Lihat juga

Tips Menghitung Harga Asuransi Mobil yang Murah

06/09/2020

Pengemudian

8 menit

Selain mendapat kewajiban untuk diberikan perlindungan atas kerugian yang menimpa kendaraan, setiap pemegang polis asuransi juga diwajibkan membayar premi asuransi.

Lihat juga

5 Pilihan Asuransi Mobil Terbaik yang Ada di Indonesia

05/09/2020

Pengemudian

8 menit

Ada setidaknya lima asuransi mobil terbaik di Indonesia yang menawarkan paket perlindungan kendaran bermotor serta premi yang menarik.

Lihat juga

12 Istilah dalam Asuransi Kendaraan Bermotor yang Sering Digunakan

05/09/2020

Pengemudian

8 menit

Sebelum menandatangani kontrak perjanjian asuransi kendaraan bermotor, sebaiknya Anda memahami sejumlah istilah yang sering digunakan oleh pihak perusahaan asuransi.

Lihat juga