Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Mobil

29/10/2019

Jual beli

3 menit

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Asuransi Mobil
Bukan hanya manusia, mobil juga butuh diasuransikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diiginkan terjadi. Lalu bagaimanakah memilih asuransi mobil yang tepat?

Mobil merupakan kendaraan yang rentan mengalami kecelakaan dan pencurian. Jika mobil Anda rusak atau dicuri, pastinya Anda akan menanggung kerugian cukup besar. Agar  hal yang tidak diinginkan itu tidak terjadi, penting untuk Anda memiliki asuransi mobil.

Tangan dan mobil sebagai simbol asuransi

Penting untuk Anda memilik asuransi kendaraan

Saat ini banyak perusahaan asuransi yang bermunculan di berbagai daerah menyediakan perlindungan untuk kendaraan Anda. Sebelum memilih asuransi terbaik untuk mobil Anda, pastikan Anda mengetahui cara memilih asuransi mobil dengan baik dilansir dari laman Asuransi Astra.

Simaklah poin-poin penting saat memilih asuransi mobil di bawah ini.

1. Pilih jenis asuransi

Pertama, pilih jenis asuransi sesuai kebutuhan. Saat Anda akan memilih asuransi, penting untuk mengetahui jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, contohnya seperti Asuransi Total Lost Only (TLO) dan Asuransi All Risk/Comprehensive.

2. Perhitungan manfaat

Kedua, perhitungan manfaat yang didapatkan dibandingkan dengan premi dan manfaat yang akan Anda peroleh. Jangan sampai Anda salah melakukan perhitungan.

3. Cari tahu persyaratan dari perusahaan asuransi

Ketiga, sebelum membeli asuransi, Anda harus benar-benar mencari dan memutuskan persyaratan dari perusahaan asuransi. Salah satunya adalah tentang penutup kerusakan mobil. Pahami apa saja biaya yang tidak dilindungi oleh pihak asuransi, sehingga Anda tidak perlu kehilangan. Jangan sampai karena kurang teliti anda harus membayar biaya besar saat mengklaim.

>>> Sebelum Tanda Tangan, Yuk Pahami Dulu Istilah Asuransi Mobil

Mobil dan jabat tangan simbol kesepakatan

Jangan sampai memilih asuransi yang tidak tepat dengan kebutuhan Anda

4. Pilih perusahaan asuransi

Keempat, pilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Saat ini, ada banyak perusahaan yang sudah menjual asuransi mobil. Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih perusahaan asuransi seperti pilihlah perusahaan yang telah disetujui oleh ojk. Garda oto digital merupakan salah satu perusahaan asuransi mobil terbaik dari asuransi astra yang telah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi karena inovasi yang dihasilkan dapat digabungkan secara digital & real-time.

5. Mengenai kondisi mobil

Kelima, mengenai kondisi mobil sebelum mendaftar. Sebelum mendaftar, pihak asuransi akan melakukan pengecekan mobil Anda, apakah ada kerusakan di mobil atau tidak. Perusahaan asuransi berhak menolak kerusakan yang terjadi di luar perjanjian polis asuransi.

6. Pilih mobil

Keenam, pilih mobil yang tidak melebihi anggaran. Besaran premi yang dikembalikan oleh harga mobil pasaran. Setiap mobil memiliki tingkat asuransi mobil yang berbeda berdasarkan jenis mobil, tahun dikeluarkan dan bahkan plat mobil. Dengan memilih mobil yang memiliki harga tidak terlalu tinggi, maka premi yang menerima pun tidak terlalu besar.

>>> Baca tips menarik lainnya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top