Tips Menghadapi Hewan di Jalan Tol

31/08/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Menghadapi hewan di jalan tol pengendara wajib mengutamakan keselamatan dibanding yang lain. Berikut tips yang bisa dilakukan jika itu benar-benar terjadi.

Jalan tol selalu dikampanyekan sebagai jalan bebas hambatan. Nyatanya memang demikian, jalan tol lebih minim hambatan ketimbang non-tol. Namun bukan berarti tak ada hambatan sama sekali.

Dalam kondisi tertentu hal-hal tak terduga bisa saja terjadi, seperti hewan yang tiba-tiba muncul entah itu ingin menyeberang, hanya lepas dari kendaraan angkutnya, atau memang berkeliaran. Pengendara wajib waspada menghadapinya. Mereka bisa saja melakukan sesuatu yang berpotensi membahayakan.

Foto menunjukkan Seekor kuda terlepas di jalan tol

Harus tenang saat bertemu hewan lepas di jalan tol

Tips menghadapi hewan di jalan tol

Jasa Marga sebagai salah satu pengelola jalan tol berbagi tips, bagaimana menghadapi hewan di jalan tol saat sedang berkendara.

  • Mengutamakan keselamatan dibanding mengabadikan momen

Hal-hal unik dan tak biasa menjadi momen untuk diabadikan. Namun ini tidak cocok dilakukan saat bertemu hewan lepas atau berkeliaran di jalan tol. Pengendara tetap mengutamakan keselamatan dengan tetap fokus, waspada, dan berhati-hati.

  • Usahakan menghindari hewan dengan berpindah lajur

Usahakan berpindah dari lajur hewan itu berada dan lakukan dengan hati-hati. Kurangi kecepatan, nyalakan lampu sein, pastikan situasi aman, lalu bermanuver pindah jalur dengan tenang dan hati-hati.

>>> Selain Rambu-rambu, Waspadai 5 Hal Berikut Saat Mengemudi di Jalan Tol

Gambar menunjukkan cara pindah lajur di jalan tol

Jangan melakukan manuver mengejutkan saat di jalan tol

  • Nyalakan lampu hazard

Nyalakan lampu hazard untuk memberi tanda ke kendaraan yang berada di belakang bahwa situasi sedang darurat. Dengan begitu pengendara lain bisa lebih berhati-hati dan tidak asal menyalip.

  • Jangan berhenti atau pindah lajur secara mendadak

Seperti poin kedua dimana pengendara wajib hati-hati saat pindah lajur. Pastikan situasi lalu lintas aman, usahakan untuk tidak berhenti atau pindah lajur secara mendadak. Selain berbahaya buat diri sendiri juga membahayakan pengendara lain.

  • Laporkan kejadian

Perhatikan lokasinya ada dimana dan di KM berapa melalui patok jalan. Setelah itu minta bantuan penumpang untuk lapor kepada pengelola jalan tol.

Jika mengemudi sendiri, segera cari rest area terdekat untuk berhenti dan melaporkan adanya hewan berkeliaran di jalan tol. Ingat, jangan sembarangan berhenti karena selain melanggar aturan juga bisa menimbulkan bahaya lain.

Untuk jalan tol yang dikelola Jasa Marga bisa langsung menghubungi One Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor 14080, atau menggunakan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna Android maupun iOS.

Jangan khawatir, kalaupun tol itu dikelola BUJT lain, Jasa Marga akan meneruskan laporan ke pengelola yang bersangkutan untuk segera ditindaklanjuti.

>>> Call Center Jasa Marga Raih Predikat Excellent di Ajang CCSEA 2021

Foto lalu lintas di Tol Jagorawi

Kejadian apapun di jalan tol bisa dilaporkan di call center

>>> Ketemu Bus Ngebut di Jalan Tol? Lakukan Hal Ini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top