Ketemu Bus Ngebut di Jalan Tol? Lakukan Hal Ini

16/08/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Disalip bus bisa bikin kendaraan kecil oleng kehilangan keseimbangan. Hati-hati, berikut tips saat yang bisa dilakukan saat ketemu bus ngebut di jalan tol!

Jalan tol harusnya menjadi jalan raya paling aman untuk berkendara. Namun faktanya, jalan tol bisa menjadi sangat berbahaya. Seperti saat mengemudi, tiba-tiba disalip bus dengan kecepatan tinggi, pengendara bisa saja kehilangan kontrol kendaraan karena oleng dihempas angin bus.

Ngebut di Jalan Tol

Ngebut seperti hal yang ‘lumrah’ saat di jalan tol. Terlebih untuk bus jarak jauh Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Meskipun ada aturan batas kecepatan maksimal 100 km / jam, kenyataan di lapangan berbeda. Buat bus kecepatan segitu di jalanan yang lurus dan mulus bagai tak berlari. Walhasil, pengemudi memacu kendaraan lebih kencang lagi.

Foto pengendara mobil disalip dua bus secara bersamaan

Viral di medsos dua bus menyalip bersamaan dari kiri dan kanan

Seperti video yang tengah viral di sosial media diunggah akun Instagram @dashcam_owner_indonesia, dimana dashcam pengendara merekam momen disalip dua bus sekaligus dari kiri dan kanan secara bersamaan. Dengan asumsi kendaraan si perekam melaju 90 km / jam, jelas terlihat dua bus yang menyalip melaju dengan kecepatan di atas 100 km / jam.

>>> 3 Alasan Yang Sering Bikin Bus Ngeblong di Jalan

Tips Ketemu Bus Ngebut

Secara ada dua pelanggaran pada kasus di atas, yaitu melebihi batas kecepatan dan menyalip menggunakan bahu jalan. Keduanya sama-sama bisa memicu bahaya besar berupa kecelakaan.

Foto menunjukkan bus menyalip melalui bahu jalan di jalan Tol Semarang-Batang

Menyalip menggunakan bahu jalan, melanggar lalu lintas dan membahayakan

Nah, pengguna kendaraan kecil sebaiknya berhati-hati bila ketemu bus ngebut di jalan tol. Jika melihat di spion ada bus melaju dengan kecepatan tinggi dari belakang, sebaiknya bersiap-siap.

Lakukan langkah antisipatif berikut untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Tetap tenang

Pertama tetap tenang dan jangan panik. Tetaplah berkendara dengan wajar dan jangan melakukan manuver mengejutkan, seperti pindah jalur secara patah atau melakukan pengereman dengan drastis.

  • Tetap pada lajur

Pengendara bus sudah memiliki perhitungan saat ingin menyalip. Mereka akan menyalip karena melihat lajur lain kosong. Pertahankan mobil pada lajur untuk memberi ruang bus menyalip.

  • Jaga jarak

Jika merasa lajur lain terlalu sempit, sebaiknya buat jarak dengan sedikit keluar. Ini akan memberikan ruang yang lebih lebar sehingga dampak angin yang timbul saat bus menyalip bisa diminimalkan.

>>> Pahami, Ini Dampak Negatif Melanggar Batas Kecepatan di Jalan Tol

“Mobil kecil pasti akan bermasalah dengan keseimbangannya ketika disalip mobil besar. Biar aman, selalu jaga jarak, jangan panik, dan pertahankan mobil di lajurnya,” kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana belum lama ini.

>>> Bus Biogas Scania, Bus AKAP Ramah Lingkungan

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top