Tips Mengatur Suhu AC Mobil Ketika Perjalanan Malam Hari

03/08/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Tips Mengatur Suhu AC Mobil Ketika Perjalanan Malam Hari
Ketika melakukan perjalanan malam hari, penting untuk mengatur suhu AC mobil pada kondisi yang sesuai. Hal ini demi rasa nyaman selama perjalanan.

AC mobil bertugas membantu menjaga suhu di kabin tetap stabil meski kondisi di luar terlalu panas. Dengan demikian diharapkan suhu tubuh pengemudi maupun semua penumpang yang ada di mobil tersebut tetap segar dan terasa nyaman selama perjalanan.

Tapi bagaimana jika Anda melakukan perjalanan malam hari? Biasanya pada saat malam, suhu udara di luar ruangan cenderung lebih dingin dibandingkan siang hari. Apakah ini berarti ada trik mengatur suhu AC mobil yang berbeda pada kondisi siang atau malam hari? Berikut tipsnya dari Cintamobil.com

1. Jangan Mengatur Suhu AC Mobil Terlalu Dingin

Di mobil terlalu dingin

Jika kondisi di kabin mobil terlalu dingin, maka asupan oksigen ke otak akan menurun

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, suhu udara saat malam hari cenderung lebih dingin dibandingkan siang hari. Karena itulah sebaiknya AC mobil juga jangan diset dengan suhu paling dingin.

Dikutip dari laman Suzuki Indonesia, Senin (03/08/2020), suhu dingin ternyata dapat memicu pembuluh darah menyempit. Sehingga kondisi ini akan membuat asupan oksigen juga menurun, termasuk yang ke bagian otak. Jika sudah sepeti itu, tubuh akan terasa cepat letih dan mengantuk. Tentu amat berbahaya jika Anda berkendara pada kondisi mengantuk.

>>> 5 Mitos AC Mobil yang Belum Anda Ketahui

2. AC Mobil Jangan Dimatikan

Kabin mobil terlalu panas

Jika kabin mobil terlalu panas juga membuat perjalanan tak nyaman

Banyak pula yang beranggapan karena suhu udara di luar dingin maka sebaiknya ketika berkendara malam hari tak perlu menghidupkan AC mobil. Padahal kondisi ini tak sepenuhnya benar. Karena tanpa ada AC, tubuh pengemudi mungkin saja mengalami kegerahan.

Apalagi jika ditambah saat itu Anda menggunakan pakaian yang terlalu tebal. Sebaiknya pilih pakaian berupa celana panjang dengan baju lengan panjang yang bahannya masih cukup tipis. Sehingga ketika berkendara menggunakan AC di malam hari, tubuh masih bisa terhindar dari dingin namun tetap tidak membuat gerah.

>>> Mematikan AC Bisa Jadi Solusi Agar Mobil Lebih Bertenaga di Tanjakan​​​​​​​

3. Jangan Lupa Istirahat

Rest Area

Beristirahatlah sejenak agar menghirup udara segar

>>> Selamat Sampai Tujuan, Ini Tips Aman Beristirahat Saat Perjalanan Jauh

Saat melakukan perjalanan jauh apalagi malam hari, maka yang perlu diperhatikan selain menyetel suhu AC mobil yang tepat, juga penting untuk menjadwalkan waktu istirahat. Sebaiknya istirahat setiap 3-4 jam berkendara. Istirahatnya tidak usah terlalu lama, cukup 15-30 menit di tempat-tempat peristirahatan atau di rumah makan maupun di rumah ibadah.

Saat beristirahat usahakan melakukan peregangan tubuh, agar aliran darah dan oksigen kembali lancar. Jangan lupa juga untuk mematikan mobil dan AC, serta buka sedikit kaca jendela mobil agar terjadi sirkulasi udara. Sehingga selepas istirahat, udara di kabin mobil terasa lebih segar.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Jangan Matikan AC Mobil Saat Hujan, Biar Selamat Sampai Tujuan

28/02/2020

Pengemudian

5 menit

Mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan buruk matikan AC mobil saat hujan apalagi sampai membuka kaca jendela. Karena tindakan ini akan memicu munculnya embun di kaca yang kemudian mengganggu pandangan pengemudi.

Lihat juga

Waspada Bahaya Freon AC Mobil Bocor, Bisa Bikin Jantung Berhenti Mendadak

07/11/2019

Pengemudian

5 menit

Ada bahaya freon AC mobil bocor jika terhirup oleh pengemudi atau penumpang di dalam mobil. Bahkan tidak jarang kematian mendadak terjadi akibat hal ini.

Lihat juga

Jangan Anda Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Penyebab AC Mobil Jadi Cepat Rusak

04/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

AC merupakan salah satu komponen penting bagi penumpang mobil. Namun terkadang kebiasan buruk yang kita lakukan tidak disadari dapat merusak kualitas AC mobil.

Lihat juga

Tips Aman Perjalanan Malam Hari Pakai Mobil Sendiri

30/12/2019

Pengemudian

3 menit

Ada nuansa berbeda memilih perjalanan malam hari saat bepergian jauh. Tapi sebaiknya ikuti tips berikut agar perjalanan senantiasa aman dan menyenangkan!

Lihat juga

Plus Minus Perjalanan Malam Hari Saat Bepergian Jarak Jauh

31/12/2019

Pengemudian

3 menit

Tidak jadi masalah jika Anda memilih malam hari saat bepergian jarak jauh. Tapi ketahui dulu, ini plus minus perjalanan malam hari lalu putuskan dengan bijak!

Lihat juga
 
back to top