Selamat Sampai Tujuan, Ini Tips Aman Beristirahat Saat Perjalanan Jauh

24/12/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Selamat Sampai Tujuan, Ini Tips Aman Beristirahat Saat Perjalanan Jauh
Jelang pergantian tahun, tidak sedikit orang yang melakukan perjalanan jauh dengan mobil atau yang biasa disebut road trip. Agar selamat sampai tujuan, pengemudi butuh istirahat saat mulai kelelahan di perjalanan. Tentu, Anda juga harus berhati-hati saat beristirahat agar tidak mengalami kejadian yang tidak mengenakan, lalu apa saja tips aman beristirahat saat perjalanan jauh?

Perjalanan jauh dan jalanan macet, dua hal ini biasanya jadi penyebab lelah saat melakukan perjalanan jauh sehingga menimbulkan rasa kantuk saat berkendara. Hal ini jelas tidak bisa diabaikan begitu saja, dan disarankan untuk segera menepi untuk beristirahat dan tidak memaksakan diri terus berkendara.

>>> Liburan bawa anak? Masih bisa nyaman kok

Namun sama seperti saat berkendara, Anda juga tidak bisa asal menepi dan beristirahat karena hal tersebut akan membahayakan diri Anda, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. Tentu Anda tidak ingin hal buruk terjadi saat melakukan perjalanan jauh kan? Kami punya tips aman beristirahat saat perjalanan jauh, yang bisa Anda terapkan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Perhatikan rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas menunjukkan rest area

Jangan berhenti di sembarang tempat karena dapat membahayakan orang banyak

Sebelum menepi untuk beristirahat sejenak, hal utama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan rambu lalu lintas. Jangan lupa juga lihat keadaan sekitar, apakah ada rambu lalu lintas yang melarang untuk berhenti atau tidak.

>>> Pilihan mobil terlengkap bisa dilihat di sini

Jangan sampai Anda lengah dan tidak memperhatikan rambu lalu lintas saat menepi, karena hal ini dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, serta pengguna jalan lainya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa ditindak oleh petugas.

Cari lokasi aman

Suasana rest area yang sedang lenggang

Carilah tempat aman untuk menepi seperti rest area

Usahakan cari tempat aman untuk beristirahat, Anda bisa memanfaatkan rest area SPBU, masjid, restoran, tempat makan, atau tempat lainnya, pastikan di tempat tersebut ada petugas keamanan dan menjadi pusat keramaian. Hindari menepi di tempat yang berbahaya seperti tikungan, tempat rawan longsor, rawan banjir, dan sebagainya.

Matikan mesin dan AC mobil

Ilustrasi mengatur ac mobil

Matikan AC dan mesin mobil, serta buka sedikit kaca jendela untuk menjaga sirkulasi udara dalam kabin

AC mobil sudah jadi bagian yang tak terpisahkan saat mengendarai mobil, namun baiknya saat beristirahat dan menepi, AC yang menyala justru dapat menghambat sirkulasi udara. Jika dibiarkan terlalu lama, Anda akan kekurangan oksigen dalam mobil.

Selain itu, karbon monoksida yang dihasilkan mesin saat menyala akan terjebak di dalam kabin. Jelas, hal ini berbahaya karena dapat membuat badan Anda lemas saat menghirupnya. Lebih dari itu, racun hasil pembuangan juga bisa masuk ke dalam kabin melalui lubang-lubang kecil yang terdapat di pipa AC.

>>> Simak tips mengemudi terlengkap di sini

Oleh karena itu, lebih baik mematikan mesin dan AC mobil saat Anda beristrahat. Sebagai gantinya, buka sedikit kaca jendela Anda untuk menjaga sirkulasi udara tetap stabil.

Simpan barang berharga di tempat aman

Tips aman beristirahat saat perjalanan jauh selanjutnya, simpan barang berharga Anda di tempat tertutup dan aman dari orang-orang di luar mobil. Usakan barang-barang seperti smartphone, dompet, kamera, dan lainnya tidak terlihat dari luar karena dapat mengundang kejahatan. Jika diperlukan, buat ruang penyimpanan khusus di mobil sehingga barang berharga yang Anda bawa dapat diletakkan di tempat yang lebih aman dan tertutup.

Atur posisi jok dan bersantailah

Mengatur posisi duduk dengan jok elektrik

Setelah semua dipastikan aman, tips aman beristirahat selanjutnya adalah mengatur posisi jok mobil. Buat posisi jok senyaman mungkin agar Anda merasa rebih rileks dan dapat beristirahat dengan maksimal.

Akan lebih baik jika Anda sudah menyiapkan makanan ringan atau cembilan di mobil. Jadi setelah beristirahat, Anda tak perlu keluar mobil untuk mencari makanan, hal ini akan sangat membantu jika mini market atau tempat jajanan agak jauh dari lokasi parkir.

Dengan menerapkan lima tips aman beristirahat saat perjalanan jauh di atas, tentu perjalanan road trip Anda akan lebih menyenangkan dan aman sampai tujuan. Selamat berlibur untuk para pecinta mobil, semoga liburan Anda menyenangkan.

>>> Tips & trik lainnya dapat Anda lihat di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Pilihan Mobil Buat Liburan Akhir Tahun: Mobil Keluarga Harga Terjangkau

27/12/2019

Jual beli

5 menit

Tim Cintamobil.com kembali akan memberikan pilihan mobil buat liburan akhir tahun. Kali ini yang kami rekomendasikan adalah sebuah MPV dengan harga terjangkau.

Lihat juga

Tips Rental Mobil Buat Liburan, Perhatikan 5 Hal Ini

21/12/2019

Pengemudian

5 menit

Kali ini kami akan membagikan tips rental mobil saat Anda liburan di luar kota. Ini penting untuk menghindari jebakan penyedia jasa sewa mobil yang "nakal".

Lihat juga

Ini Persiapan Wajib Sebelum Melakukan Liburan Bersama Keluarga Menggunakan Mobil

25/10/2019

Pengemudian

3 menit

Supaya liburan bersama keluarga menggunakan mobil terasa nyaman, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

Lihat juga

Mau Liburan Road Trip, Ini 6 Mobil Andal Yang Bisa Anda Pilih

31/12/2018

Jual beli

4 menit

Apakah Anda ingin merasakan sensasi liburan yang dijamin unik dan berbeda? Kalau iya, liburan road trip barangkali akan jadi pilihan yang sangat cocok untuk Anda pertimbangkan. Dengan begitu, pengalaman berlibur Anda pun akan dijamin seru dan susah untuk dilupakan! Jangan lupa satu lagi, bawa mobil handal agar perjalanan Anda lebih nyaman.

Lihat juga

Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman sebenarnya sudah ditetapkan dalam peraturan lalu lintas. Selain aman untuk pengemudi, menjaga kecepatan saat berkendara juga baik untuk kendaraan tersebut.

Lihat juga