Dalam Studi Ditemukan Pengemudi Pria Lebih Suka Ngebut dari Wanita

26/06/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Dalam Studi Ditemukan Pengemudi Pria Lebih Suka Ngebut dari Wanita
Dalam sebuah studi yang dilakukan di Inggris oleh sebuah perusahaan asuransi, pengemudi pria ditemukan lebih sering kebut-kebutan dibanding kaum hawa.

Kebut-kebutan di jalan memang tak mengenal gender. Namun dalam studi yang dilakukan di Inggris justru ditemukan, pengemudi pria lebih doyan ngebut dibandingkan wanita. 

Ngebut merupakan salah satu penyebab kecelakaan terbesar di sebagian besar jalanan Inggris. Kebut-kebutan di jalan juga menyumbang 12 persen terhadap kecelakaan yang berujung fatal. 

Pengemudi Pria Lebih Suka Ngebut

Dilansir The Sun, Jumat (26/6/2020), lembaga asuransi telematic Insurethebox telah mempelajari data konsumennya di Inggris baik itu pengemudi pria maupun wanita dari seluruh usia dalam lima tahun terakhir. 

>>> Mana yang Lebih Jago Nyetir, Pengemudi Wanita atau Pria?

Dalam studi ditemukan bahwa seluruh wilayah dan berbagai kelompok umur, pengemudi pria tercatat suka berkendara melampaui batas kecepatan daripada wanita. 

Pengemudi Wanita

Berdasarkan studi di Inggris pengemudi wanita tak banyak yang hobi kebut-kebutan

Bahkan untuk pengemudi pria dalam kelompok umur 17 tahun, lebih suka ngebut dengan prosentase 130 persen dibanding wanita pada usia yang sama. 

Rata-rata pengemudi pria lebih suka ngebut dengan memacu mobilnya lebih cepat 94 persen dari wanita. Namun wanita dalam kelompok umur 40 tahun ditemukan mengemudi lebih kencang dua persen ketimbang Kaum Adam. 

>>> Tips Mengemudi Bagi Wanita

Studi dilakukan Insurethebox dengan menaruh perangkat mirip 'black box' di dalam mobil. Perangkat ini berfungsi untuk menganalisa kecepatan mobil, waktu berkendara baik itu pagi hari ataupun siang hari, jarak yang ditempuh, serta gaya berkendaranya. 

"Kecepatan itu sendiri merupakan kontributor terbesar yang menambah risiko ketika berkendara. Dan itu merupakan hal yang bisa dikontrol oleh tiap pengendara," ucap Service Manager Insurethebox, Gary Stewart. 

Sistem pada 'black box' tersebut cukup canggih yakni menggunakan sim card untuk mentransmisi data baru kemudian menganalisa seberapa aman para pengendara ini ketika mengemudi. Perangkat ini sengaja didesain untuk mengurangi premi asuransi. 

Pengemudi Wanita

Pengemudi wanita masih lebih berhati-hati saat di jalan

>>> Pantangan Bagi Pengemudi saat Mobil Terkena Hujan Abu Vulkanik

Perangkat bisa mengetahui soal akselerasi, pengereman, jarak tempuh, sampai beberapa titik pemberhentian sebagai bagian untuk memberikan penghargaan kepada konsumennya. Bagi konsumen yang berkendara sesuai aturan, akan ada bonus poin setiap bulannya. 

Studi Serupa Belum Ada di Indonesia

Di seantero Inggris Raya, pengemudi wanita disebut lebih bertanggung jawab karena poin yang diraih 14 persen lebih banyak dari pria. 

Satu-satunya tipe jalan dimana pria berkendara lebih baik dari wanita adalah jalan tol. Masih dari data yang dirilis Insurethebox, pengemudi pria lebih banyak mendapat bonus poin dibanding wanita. 

Sayangnya studi serupa masih belum banyak dilakukan di Indonesia. Tapi perlu disadari, ketika berada di jalan baik itu pria atau wanita harus tetap mematuhi aturan lalu lintas termasuk soal kecepatan. Hal ini dilakukan agar keamanan dan keselamatan di jalan bisa terus dilestarikan. 

>>> Tips trik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top