Intip Hasil Modif Angkot di Bogor dan Padang

17/02/2021

Pengemudian

8 menit

Modif angkot yang ada di Kota Bogor dan Padang memang menarik untuk diulas, karena hasil kreasi para pemilik angkot ini kerap membuat decak kagum yang melihatnya.

Modif angkot yang ada di beberapa kota di Indonesia menarik untuk diperhatikan. Pasalnya kondisi angkotan kota (angkot) di daerah-daerah tersebut tidak tampil biasa. Hampir semua bagian dari mobil pengangkut penumpang itu tersentuh oleh modifikasi dan kreasi-kreasi custom. Bahkan tak jarang hasilnya bikin kagum.

Beberapa daerah yang terkenal akan modif angkot yakni di Bogor, Jawa Barat, dan juga modif mobil angkot Padang di Sumatera Barat. Yang menarik, keduanya punya gaya modif mobil angkot yang berciri khas masing-masing.

Namun kedua daerah ini juga punya kesamaan tema modifikasi untuk kendaraan angkutan penumpang mereka. Yakni sama-sama modif angkot tersbeut dibuat lebih ceper, pakai bodykit, diberi tambahan cutting sticker, serta dipasang audio system dengan suara menggelegar. Sementara pilihan mobil yang digunakan antara lain Suzuki Carry, Suzuki Carry Futura, Mitsubishi T120SS, atau Mitsubishi L300 minibus.

Nah seperti apa sih kira-kira hasil modifikasi mobil angkot Bogor maupun modifikasi mobil angkot Padang? Kali ini Cintamobil.com akan bahas apa saja sebenarnya yang diubah dari angkot-angkot tersebut. Yuk baca sampai habis artikel mengenai modif angkot ini.

>>> 755 Angkutan Umum Di Kota Bekasi Belum Lakukan Uji KIR

Modifikasi Mobil Angkot Carry

Modifikasi mobil angkot Carry Bogor

Suzuki Carry modifikasi yang jadi angkot di Bogor

Suzuki Carry adalah mobil yang paling banyak dijadikan angkutan kota, baik di Jakarta maupun di beberapa daerah lain di Nusantara. Uniknya, pada beberapa daerah, mobil angkot ini tidak dibiarkan kondisinya standar. Baik eksterior maupun interior mobil yang bertugas mengantarkan penumpang ke tujuan tertentu itu dilakukan modifikasi.

Bahkan modifikasi mobil angkot Carry ini pun menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Tapi para pemilik kendaraan umum itu rela mengeluarkan biaya sebesar itu untuk menjadikan kendarananya terlihat lebih mewah. Beberapa diantaranya pun kabarnya rela memasang sejumlah aksesoris untuk modif angkot ini dengan cara mencicil. Yang penting penampilan angkot mereka jadi terlihat keren.

Nah seperti yang sduah disinggung di awla tulisan ini, ada dua daerah yang terkenal akan modif mobil angkot, yakni Bogor dan Padang. Keduanya pun ada yang menggunakan Suzuki Carry sebagai armadanya. Tapi hasil modifikasi mobil angkot Bogor dan Padang ternyata punya ciri khas masing-masing.

Suzuki Carry Angkot di Padang

Angkot di Padang tampilannya lebih meriah

Untuk angkot di Bogor, umumnya modifikasi dilakukan dengan gaya elegan. Jika menggunakan Suzuki Carry, mobil tersebut ditambahkan bodykit dibagian bemper depan dan belakang, dipasang velg lebih besar dari ukuran standar, dan dibuat lebih ceper. Sementara bodinya tetap pakai warna sesuai rute trayek angkot tersebut, misalnya biru, hijau, kuning, atau putih.

Sementara untuk modifikasi mobil angkot Padang, hasil modif angkot terlihat jauh lebih heboh. Antara lain pemakaian bodykit yang menjuntai sampai hanya menyisakan beberapa centimeter saja dengan permukaan aspal, pakai velg lebar, dan bodi mobil yang tampil dengan warna-warna cerah berkat pemasangan cutting sticker.

Modifikasi Angkot Futura

Modifikasi Angkot Carry Futura Bogor

Angkot Bogor pakai velg diameter besar

Masih dari keluarga Suzuki Carry, unit yang juga cukup banyak dijadikan angkot adalah Carry Futura. Biasanya mobil ini digunakan sebagai versi peremajaan pada armada angkot yang sebelumnya menggunakan Suzuki Carry 1.0. Dan modifikasi mobil angkot Carry Futura juga masih satu tema dengan modif angkot yang menggunakan Carry 1.0.

Diantaranya dibuat lebih ceper, dipasang bodykit, pakai velg aftermarket, dan sebagainya. Namun lagi-lagi, ternyata ada perbedaan selera saat melihat modifikasi mobil angkot Bogor dan yang ada di Padang. Untuk angkot Bogor yang sudah di modifikasi, biasanya tampil dengan gaya yang lebih simple. Misalnya bemper depan dan belakang ditambah bodykit dengan ukuran yang tidak terlalu besar, kemudian dipasang velg diamater lebih besar dari velg standar, serta pasang spoiler di atap belakang.

>>> Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Mobil

Modifikasi Angkot Carry Futura Padang

Contoh modifikasi angkot di Padang

Tapi kalau bicara modifikasi mobil angkot Padang, maka Anda akan melihat kondisi mobil yang lebih meriah. Antara lain dari bodykit yang terpasang biasanya lebih meriah daripada bodykit angkot Bogor. Kemudian meski masih tetap pakai velg standar, umumnya mobil dibuat lebih ceper. Ditambah pemasangan bodykit, mobil jadi terlihat makin melekat dengan aspal. Lantas di bagain belakang selain bodykit di bemper juga ada pemasangan spoiler dan wing yang besar.

Modifikasi Angkot T120SS

Modifikasi Mobil Angkot Bogor

Modifikasi angkot di Bogor masih mempertahankan warna mobil sesuai trayek

Satu lagi mobil yang sering dijadikan armada angkotan kota dalam provinsi adalah Mitsubishi T120SS. Sebenarnya ini merupakan kembaran dari Suzuki Carry Futura yang juga digunakan untuk angkot. Namun beberapa armada perusahaan angkot memang ada yang memilih menggunakan T120SS.

Mengingat secara fisik antara mobil angkot dari Mitsubishi dan Suzuki ini identik, maka modif angkot yang dilakukan terhadap kedua kendaraan itu juga masih setipe. Antara lain dipasang bodykit, ganti velg standar, dan dibuat lebih ceper.

Namun kalau melihat modifikasi mobil angkot Bogor, maka untuk yang menggunakan Mitsubishi T120SS hasil modifnya lebih ke arah modifikasi simple tapi terlihat elegan. Misalnya bemper depan dan belakang cukup ditambah bodykit yang tidak terlalu lebar, bahkan ada yang hanya berupa lip spoiler. Kemudian velg ditukar dengan yang diameternya lebih lebar, biasanya ukuran ring 15 atau 16. Lalu di atap belakang pakai spoiler.

Modifikasi Angkot Padang Mitsubishi T120SS

Permainan cutting sticker juga jadi ciri khas angkot Padang

Tapi kalau melihat modif angkot di Padang, maka mobil ini tampil lebih heboh. Bodykit yang terpasang bukan hanya untuk bemper depan dan belakang, namun juga hampir menyelimuti keseluruhan tubuh mobil tersebut. Tak ketinggalan bodi juga dibuat lebih dekat ke aspal, dan di atap belakang ditambah spoiler atau wing dengan ukuran cukup besar. Belum lagi tambahan cutting sticker yang meriah menjadi ciri khas modifikasi angkot Padang.

>>> Review Mitsubishi Colt T120SS 2016

Modifikasi Angkot Keren dengan Audio Menggelegar

Modifikasi Angkot Interior

Lihat bagaimana pemilik angkot menyulap interior mobilnya semewah ini

Jika dari segi modifikasi di eksterior antara modif angkot di Bogor dan Padang punya ciri masing-masing, maka untuk modifikasi interior cendrung punya kesamaan. Para mobil-mobil angkot ini datang dengan ruang kabin yang disulap lebih mewah , lengkap dengan audio system berkualitas.

Antara lain dengan cara keseluruhan jok dilapis ulang menggunakan bahan kulit sintetis dan ditambah busa sehingga terasa lebih empuk dan nyaman. Bahkan ada juga beberapa yang dibuat dengan jahitan model sofa.

Kemudian di kabin depan sudah terpasang headunit dengan monitor layar sentuh. Lalu di pilar A sudah terpasang speaker dengan sistem 3 way. Sementara pada ruang penumpang belakang diletakkan sepasang speaker lagi plus subwoofer dan juga power ampilfier dan capasitor. Beberapa ada juga yang menambahkan dengan monitor LCD berukuran 17-24 inci. Hasilnya, sistem tata suara di angkot ini layaknya sebuah mini studio berjalan.

Itu tadi beberapa perbedaan modif angkot yang ada di Bogor dan Padang. Selain kedua daerah ini tentu masih ada juga daerah-daerah lain di Indonesia yang punya modif mobil angkot cukup menarik. Tentunya masing-masing daerah punya ciri khas tersendiri untuk memodifikasi angkot mereka.

>>> Temukan juga tips dan trik menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa yang dimaksud modif angkot?
Modif angkot adalah modifikasi yang dilakukan pada mobil angkotan kota (angkot). Kendaraan ini adalah yang dipakai untuk mengangkut penumpang dari satu tujuan tertentu ke titik tujuan lainnya, yang biasnya ditentukan menggunakan rute trayek. Angkot di modifikasi biasanay demi memikat calon penumpangnya. Makin menarik hasil modifikasinya, maka diharapkan makin banyak penumpang yang mau naik.
Berapa biaya modif angkot?
Untuk memodifikasi sebuah angkot dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mengingat komponen yang dimodifikasi pada mobil ini cukup banyak. Namun kalau hanay sekedar ganti velg dan dibuat lebih ceper, maka cukup sediakan dana Rp 5-6 juta.
Angkot modifikasi dibolehkan beroperasi?
Selama angkot tersebut dibekali surat-surat yang resmi dan masih berlaku, seperti STNK dan KIR, maka angkot tetap diperbolehkan beroperasi.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top