Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Mobil

28/06/2019

Pengemudian

3 menit

Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Mobil
Banyak yang mengira bahwa spoiler bagian belakang mobil hanya untuk gaya agar terlihat sporty. Ternyata komponen tersebut bukan hanya membuat tampilan menjadi keren tapi juga punya fungsi yang berperan pada performa mobil. Inilah fungsi spoiler mobil.

Mobil-mobil terbaru saat ini ada beberapa yang sudah disematkan spoiler oleh pabrikan. Penggunaan spoiler ini sendiri umumnya untuk menekan gejala melayang ketika berkendara, khususnya mobil dengan berat sekitar 700-950 Kg. Spoiler juga mampu memberi gaya tekan di atap mobil sehingga traksi yang didapatkan lebih baik. Hasilnya, mobil bisa melaju dengan baik tanpa khawatir melayang atau body roll yang terlalu terasa.

Spoiler pada mobil sedan

Penggunaan spoiler yang tepat bisa meningkatkan aerodinamis mobil

 

Tidak heran bila mobil balap di sirkuit yang berkecepatan tinggi tentu akan melayang jika tidak menggunakan spoiler karena tidak seimbang. Selain sebagai penyeimbang, spoiler juga mampu menhadang kotoran di kaca belakang mobil seperti debu atau air hujan. Ini karena turbulensi udara pada area kaca belakang kerap menjadi masalah khususnya pada mobil hatchback.

>>> Mengenal Lebih Jauh N Power Sense Axle, Fitur Yang Menambah Feedback Ke Pengemudi

Di pasar aksesori sendiri spoiler memiliki model dan harga yang bervariasi. Pun bahan dasarnya berbeda-beda tergantung dari jenis dan tipe kendaraan. Fungsi spoiler mobil tidak hanya bisa dipakai di mobil balap tapi juga mobil harian. Terlebih untuk mobil dengan performa tinggi untuk menghentikan turbulensi atau hambatan pada bagian belakang mobil.

Spoiler pada mobil MPV

Spoiler pada mobil MPV berguna untuk menjaga visibilitas pengemudi pada kaca belakang

 

Fungsi spoiler mobil pada utamanya ialah meningkatkan cengkraman mobil di jalan. Sehingga bila mobil yang tidak memiliki spoiler, jalan lainnya adalah bobot mobil harus lebih berat. Adapun cara lain yang bisa dipakai adalah mengganti kompon ban. Sementara penggunaan spoiler akan lebih ringan dan mudah dikendarai. Beberapa mobil supercar atau hypercar yang menggunakan spoiler elektrik juga mempunyai fungsi sebagai airbrake atau aero brake.

>>> Dapatkan berbagai penjelasan tentang teknologi di dalam mobil hanya di sini

Material yang digunakan untuk membuat spoiler, umumnya dari plastik ABS yang dicampur dengan pengisi granular agar lebih kaku. Selain itu fiberglass juga sering digunakan sebagai material bahan spoiler. Salah satu kelebihan fiberglass adalah tahan lama, tetapi jarang digunakan untuk produksi skala besar karena waktu yang lama untuk proses pembuatannya.

Spoiler pada mobil balap F1

Spoiler pada mobil balap seperti F1 punya peran penting untuk performa

Material terakhir yang juga mulai banyak digunakan adalah carbon-fiber. Untuk material ini merupakan paling ringan dan sangat kuat. Meskipun kelemahannya adalah biaya yang mahal mengingat proses pembuatannya yang manual. Sehingga konsumen akan membayar lebih mahal untuk spoiler dengan bahan carbon-fiber. Jadi, jangan anggap remeh lagi ya peran spoiler mobil.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

 
back to top