Membantu Kala Macet, Begini Cara Kerja Brake Hold

04/09/2020

Pengemudian

3 menit

Membantu Kala Macet, Begini Cara Kerja Brake Hold
Salah satu fitur yang kini banyak disematkan oleh pabrikan mobil adalah Electronic Parking Brake dan juga Brake Hold, lantas beginilah cara kerja brake hold

Menyetir akan semakin mudah ketika hendak parkir dengan bantuan fitur Electronic Parking Brake (EPB). Ketika sudah selesai parkir Anda tinggal tarik saja tuas EPB yang terletak di belakang tuas transmisi maka mobil tidak akan berjalan maju ataupun mundur. 

Maka ECU akan memerintahkan motor servo untuk mengaktifkan rem cakram di bagian belakang mobil ini. Begitupun ketika di kemacetan lalu lintas, ketika tombol Brake Hold ditekan, maka saat pedal rem diinjak beberapa saat, rem otomatis aktif dan menahan laju mobil. Namun, sebenarnya bagaimana cara kerja Brake Hold?

Foto tuas EPB di Honda Civic Turbo Sedan

Rem parkir elektris kian jamak di mobil kekinian

>>> Jangan nyetir pakai face shiled, ini bahayanya

Cara Kerja

"EPB dan Brake Hold itu dilengkapi dengan motor listrik yang dapat melakukan penguncian dan pelepasan rem. Jadi pada saat parking brake diaktifkan, motor akan berputar dan mendorong piston kaliper rem untuk mengunci. Ketika dinon-aktifkan, motor EPB akan melepaskan penguncian pada piston kaliper rem. Kalau Brake Hold, mengandalkan komunikasi dari ECU (Electronic Control Unit) ke TPS (Throttle Position Sensor), jelas Muhammad Zuhdi, Senior Manager Service Division PT Honda Prospect Motor kepada Cintamobil.com.

Foto menekan tombol Brake Hold

Mengaktifkan fitur Brake Hold hanya perlu menekan tombol saja

"Jadi ketika rem diinjak penuh dalam beberapa detik, otomatis Brake Hold akan berfungsi, begitu juga sebaliknya jika pedal gas diinjak sedikit dan rem tidak diinjak, maka TPS-nya membuka sedikit serta secara otomatis rem parkir release (lepas)," jelasnya lebih lanjut. 

Foto Honda Civic Turbo Sedan

Honda Civic Turbo punya fitur ini

Fitur ini pertama kali dipopulerkan oleh Honda melalui HR-V. Maka tidak heran fitur ini menjadi salah satu nilai jual mobil-mobil keluaran Honda kelas menengah atas, misalnya Honda Civic Turbo, Honda Accord, dan Honda CR-V. 

Fitur Brake Hold ini akan memudahkan Anda dalam mengemudi, dan juga meringankan kerja otot pada tubuh Anda, karena saat dijalan menanjak maupun menurun, Anda tidak akan direpotkan untuk selalu menginjak pedal rem.

Fitur Pemanja Namun Tidak 'Manja'

Foto ban dan velg Honda Civic Turbo Hatchback RS 2020

EPB bekerja di roda belakang, bahkan bisa aktif dan non aktif saat mesin mati

Begitu juga dengan fitur Electronic Parking Brake. Lantas, apakah kedua fitur elektronis kekinian ini akan 'manja' dalam hal perawatan kendaraan?

"Tidak juga, selama ini case kerusakan EPB dan Brake Hold minim, bahkan nyaris nihil," tutup Zuhdi lagi sapaan akrab Muhammad Zuhdi. Jadi begitulah cara kerja fitur Brake Hold dan juga Electronic Parking Brake.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top