Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019, Ubahan Minim Beda Harga Rp 10 Jutaan, Worth To Buy?

24/05/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Honda Civic dengan kode bodi FK8 adalah salah satu Civic terbaik yang pernah dijual oleh PT Honda Prospect Motor di Indonesia setelah Civic FD yang sakses di 2006. Ia baru mengalami facelift bulan Februari 2019 lalu. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Simak ulasan New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019.

PENGANTAR Honda Civic 2019

Gambar menunjukkan Sebuah mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 berwarna abu-abu

Kami berkesempatan merasakan langsung secara terbatas New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC 2019 ini di kawasan Ancol, Jakarta Utara

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 - Mobil Honda Civic Turbo Facelift sebenarnya lebih dahulu diluncurkan di Thailand pada bulan Desember 2018, dan tiga bulan kemudian masuk Indonesia, tepatnya pada tanggal 21 Februari 2019, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan dua produk sekaligus, yaitu New Honda Mobilio dan New Honda Civic Turbo yang akan kita bahas tuntas kali ini. Mobil ini merupakan salah satu fenomoena di pasar mobil Indonesia, karena ia merupakan produk Honda pertama yang di jual di Indonesia dengan mesin turbocharger. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 yang dijual lebih mahal sekitar Rp 10 jutaan ini? Mari ikuti lebih lanjut ulasan dari kami.

Gambar menunjukkan 2 Mobil Honda Civic Turbo 1.5 L Turbo VTEC 2017 berwarna hitam dilihat dari sisi depan dan sisi belakang

Dilihat sepintas, tak terlalu berbeda jauh antara Civic Turbo baru dengan yang lama

EKSTERIOR Honda Civic 2019

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Tampilan Depan

Gambar sebuah mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Bumper depan anyar dan penggunaan foglamp LED jadi highlight pembedanya

Melihat tampilan depan dari mobil New Honda Civic Turbo 1.5 L Turbo VTEC Facelift ini, ubahan pertamanya ada pada bagian bumper depannya. Jika sebelumnya Honda Civic Turbo desain bumper depannya lebih ke arah sporti, kini di mobil tes kami kali ini lebih ke arah elegan. Dan yang terpenting adalah, di mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 ini sudah menganut foglamp dengan bohlam LED (Light Emitting Diode).

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Tampilan Samping

Gambar sebuah mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi samping

Desain pelek baru menjadi menu utama pembedanya dari Civic Turbo sebelum facelift

Tampilan samping mobil ini juga sebagian besar masih sama saja dengan varian sebelum mengalami facelift. Hanya desain pelek yang menjadi menu utama pembeda pada bagian tampilan samping mobil ini, peleknya sama-sama bercorak two tone, dan memiliki bilah pengatur aliran udara yang berfungsi membantu aerodinamika, namun ukuran ban Bridgestone Turanza yang digunakan tetap sama yaitu lebar 215 mm, tebal 50 mm dan pakai ring 17.

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 berwarna abu-abu

Rear chrome lower garnish sedikit menyegarkan tampilan belakang mobil New Civic Turbo ini

Menilik ke bagian belakang mobil ini, bagi Anda yang tidak jeli mungkin tidak akan menemukan perbedaan pada mobil ini. Hal ini lantaran desain bumpernya masih sama persis, lampu belakangnya juga sama persis dengan sebelum facelift. Hanya ada satu pembeda yang terlihat, yakni rear chrome lower garnish yang sedikit menyegarkan tampilan belakang New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda Civic 2019

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Ubahan Di Interior

Gambar menunjukkan Layout dasbor mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Secara umum layout dasbor New Civic Turbo facelift ini masih sama dengan sebelum facelift

Interior dari New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 tetap menjadi tempat yang menyenangkan bagi pengemudi, karena posisi duduknya egronomis. Namun secara umum layout dasbornya masih sama saja dengan sebelum facelift. Ubahan setelah facelift di interior mobil ini ada empat, yaitu corak jok kulit berubah, glove box kini ada lampunya, kursi penumpang depan sekarang sudah elektrik dan spion tengah sudah dilengkapi dengan fitur auto dimming, jadi ketika terkena sorot lampu dari belakang Anda tidak akan merasa silau.

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain Setir New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Setir New Honda Civic Turbo ini enak digenggam dan salah satu setir terkeren yang ada di lini produk Honda

Setir yang digunakan oleh New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 ini serupa dengan Honda Civic sebelum facelift dan Honda CR-V Turbo. Namun, bentuk dari setir yang digunakan di mobil ini merupakan salah satu desain setir yang paling mewah sekaligus terkeren yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor. Apalagi, dengan balutan kulit, membuat setir ini nyaman untuk digenggam.

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Tampilan Spidometer

Gambar menunjukkan desain Spidometer New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Seharusnya PT HPM menambah aksen permainan warna pada panel spidometer New Honda Civic Turbo ini

Saat muncul pertama kali ke publik di tahun 2016, memang panel instrumen saat ini terlihat keren, namun untuk saat ini sudah terlihat biasa saja. Ada baiknya PT HPM menambah aksen permainan warna ataupun menggunakan panel TFT dengan resolusi tinggi agar tampilannya makin keren. Dan juga menambah menu pada fitur multi information display yang ada. Kami harap PT HPM membaca artikel ulasan ini dan mempertimbangkannya.

>>> Baca juga:

FITUR Honda Civic 2019

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Brake Override System mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Cengkraman ban Bridgestone Turanza semakin optimal dikawal berbagai fitur keselamatan yang ada di mobil ini

New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC ini dilengkapi fitur keselamatan aktif seperti Vehicle Stability Assist™ (VSA®) with traction control yang mampu menjaga laju mobil tetap pada jalurnya saat menikung di kecepatan tingggi. Lalu ada fitur Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist yang mampu menjaga ban agar tidak kehilangan traksi saat melakukan pengereman mendadak serta memperpendek jarak pengereman. Dan juga  fitur keselamatan pasif sudah tersedia sepertu airbag depan dan samping untuk pengemudi dan penumpang depan, dan side-curtain airbags dengan rollover sensor. Maka tak heran, dari hasil pengetesan lembaga ASEAN NCAP mobil ini dapat rating 5 bintang.

Gambar menunjukkan Fitur ABS+EBD+BA pada New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Fitur ABS+EBD+BA seakan sudah jadi fitur keamanan wajib pada sebuah sedan medium

Gambar menunjukkan Tampak VSC di New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Hendak menikung kencang ditikungan? Tenang mobil ini dilengkapi dengan Vehicle Stability Assist (VSA)

Gambar menunjukkan Hasil ASEAN NCAP Di New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Hasil crash test ASEAN NCAP menunjukkan New Honda Civic Turbo sebagai salah satu sedan ter-aman di Asia

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Cruise Control

Gambar menunjukkan Cruise control di New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Cruise control akan membuat perjalanan di jalan tol yang lancar jadi menyenangkan

Dengan adanya fitur cruise control pada mobi New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 ini, melaju pada jalan bebas hambatan lebih nyaman dengan adanya fitur ini. Dengan mengaktifkan fitur cruise control ini, ECU alias Electronic Control Unit akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk menahan bukaan pada derajat tertentu guna menahan laju mobil pada kecepatan tertentu yang sudah ditentukan. Tentu di perjalanan panjang fitur ini akan sangat berguna dan menyenangkan pengemudi.

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 : Paddle Shift

Gambar menunjukkan fitur Paddle shift mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Efek 'perpindahan gigi' bisa langsung dirasakan dengan menarik tuas paddle shift dibalik setir

Meski menggunakan transmisi CVT namun Honda tetap berusaha menyajikan efek perpindahan gigi yang natural di mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 ini. Hal ini bisa Anda rasakan dengan menarik tuas paddle shift yang berada dibalik kemudi mobil ini. Tarik tuas bertanda "+" di kanan untuk 'menaikkan gigi' dan tarik tuas bertanda "-" di kiri untuk menurunkan gigi. Meski hanya berupa efek virtual, namun fitur ini mampu membuat efek engine brake yang akan membantu proses deselerasi mobil.

>>> Sudah punya mobil untuk mudik nanti bersama keluarga? Jika belum, coba lihatlah ribuan mobil Honda Civic dijual dengan banyak promo ini

OPERASI Honda Civic 2019

Gambar menunjukkan Mesin L15B New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Mesin yang tertanam di bonnet New Honda Civic Turbo Facelift ini masih unit potensial berkode L15B

Mesin yang digunakan di New Honda Civic Turbo Facelift ini merupakan unit yang potensial dan memiliki output tenaga serta torsi yang besar. Spesifikasi lengkap mobil ini Anda bisa lihat d boks spesifikasi. Yang akan Cintamobil.com bahas kali ini adalah betapa canggihnya mesin ini. Mesin dengan kode lengkap L15B7 ini punya karakter overstroke engine dimana langkah piston lebih panjang dari besar diameter piston mesin ini sendiri. Mesin ini juga disinyalir memiliki nilai efisiensi volumetrik yang baik, seperti khas-nya mesin-mesin keluaran Honda.

Gambar menunjukkan Tampak transmisi CVT New Honda Civic 1.5L Turbo VTEC Facelift 2019

Transmisi CVT dengan teknologi Earth Dreams turut disematkan di sedan medium paling bertenaga di Indonesia ini

Masing-masing dua buah katup per silinder berukuran 25 mm untuk inlet (in) dan 20 mm untuk outlet (ex) ditonjok piston berdiameter 73,0 mm dan setiap sekuensial putarannya akan menghasilkan tenaga 173 Ps atau sekitar 172,5 Hp di putaran mesin 5.500 rpm serta torsi 220 Nm pada rentang putaran mesin mulai 1.700 rpm hingga 5.500 rpm. Figur tersebut akan mempermudah ia untuk berlari kencang di jalan bebas hambatan. Apalagi mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi CVT Erath Dreams yang membantu mengoptimalkan tenaga mesin ke roda depan serta pengendalian mobil ini juga lebih superior bila dibandingkan rival terdekatnya.

Gambar menunjukkan tampak Ban dan pelek New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Handling mobil New Honda Civic Turbo Facelift ini terasa superior karena dibantu dengan setup suspensi dan ban yang mumpuni

>>> Rekor Kelima Honda Civic Type R Taklukan Waktu Sirkuit Hungaroring

spesifikasi Honda Civic 2019

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019.

Mesin New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Seri mesin

L15B 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + Drive By Wire

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Tenaga Maksimum

171,5 Hp (173 Ps) @ 5,500 rpm

Torsi Maksimum

220 Nm @ 1,700 - 5,500 rpm

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Bore X Stroke

73,0 mm X 89,5 mm

Tipe Transmisi

CVT berteknologi Earth Dreams, Penggerak Roda Depan

Rangka New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

4.648 mm X 2.076 mm X 1.416 mm

Jarak Sumbu Roda

2.700 mm

Jarak Pijak Antar Roda Depan / Belakang

1.547mm / 1.563mm

Kapasitas Bagasi

N/A

Kapasitas Tangki

47 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut & Multi-Link

Sistem Kemudi

Electronic Power Assited

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

Brake Override System, ABS+EBD+BA

Teknologi Safety Sasis

G-CON + ACE™

Struktur Sasis

Monokok, C-Segment

Pelek

Alloy Wheel Two Tone, 17 inch

Jenis Ban

Bridgestone Turanza, 215/50 R17

kelebihan & kekurangan Honda Civic 2019

Setelah membahas semua tentang Civic Turbo Facelift ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Performa mesin

Hanya tersedia dengan transmisi CVT

Handling baik

Ubahan terlalu minim

Akomodasi baik

Tidak ada ubahan teknis

Fitur keselamatan lengkap

Harga termahal dikelasnya

daftar harga Honda Civic 2019

Jika melihat dari data penjualannya di tahun kemunculannya, Honda Civic sudah terjual hingga 1.680 unit di tahun 2016. Bahkan total penjualan selama tahun 2017, Honda Civic terjual 1.321 unit. Tentu meski terlihat adanya penurunan angka penjualan, namun hasil tersebut mampu membuktikan bahwa Honda Civic masih diminati oleh khalayak ramai. Nah berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Honda Civic terbaru 2019 di semua tipenya.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA CIVIC BARU

All New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC

IDR. 507.000.000

Honda Civic Hatchback S

IDR. 414.500.000

Honda Civic Hatchback E

IDR. 453.500.000

Honda Civic Type R M/T

IDR. 1.032.500.000

*Harga per bulan Mei 2019

Video Honda Civic 2019

KESIMPULAN Honda Civic 2019

Gambar sebuah mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 berwarna silver dilihat dari sisi depan sedang parkir di tempat yang mempunyai banyak pohon

Lebih mahal Rp 10 jutaan, layakkah ia untuk dipinang?

Bagi Anda penyuka kecepatan dan senang menyetir sendiri, maka tidak ada pilihan lain yang lebih menjanjikan dari mobil New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019 ini. Selain handlingnya superior dan tenaga mesinnya akan menghibur Anda, ia juga masih cukup layak untuk digunakan jika Anda menggunakan jasa pengemudi. So, apa layak dipinang? Kalau kami sih yes.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil