Mau Nyetir Pick Up? Perhatikan Dulu Hal Ini

08/09/2020

Pengemudian

3 menit

Mau Nyetir Pick Up? Perhatikan Dulu Hal Ini
Mengemudikan mobil penumpang tentu beda dengan mobil niaga, Jika Anda pertama kali mengemudikan mobil niaga, sebaiknya Anda baca dulu tips nyetir pick up ini

Bila Anda terbiasa untuk mengemudikan mobil penumpang dan tiba-tiba hendak nyetir mobil pick up, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebab, ada beberapa perbedaan antara nyetir mobil penumpang biasa semisal SUV, MPV, hingga sedan dengan mobil niaga. 

Jika Anda pertama kali mengemudikan mobil niaga, sebaiknya Anda baca dulu tips nyetir pick up berikut ini.

Foto tim Cintamobil.com sedang test drive pick up DFSK Super Cab

Perlu pembiasaan agar bisa nyetir mobil pick up dengan halus dan lancar

>>> Nyetir mobil pick up jangan pakai face shiled, ini sebabnya

Fokus Di Daya Angkut

Dijelaskan Direktur Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) Bintarto Agung, tak ada perbedaan ketika pengendara harus menyetir mobil pick up. Penting untuk dipahami adalah bobot mobil yang dibawa. 

"Sebenarnya tidak terlalu ada perbedaan antara Light Vehicle (LV) dan Utility Vehicle (UV) atau mobil pick up. Yang membedakan adalah fungsinya, kalau LV untuk mengangkut penumpang (80%) dan barang (20%), kalau UV biasanya untuk mengangkut penumpang (20%) dan barang (80%)," papar Bintarto kepada Cintamobil.com.

Foto tampilan samping Suzuki New Carry Pick Up Wide Deck AC/PS 2019

Perbedaan mendasar ada di daya angkut, makin berat semakin waspada

 "Klasifikasi kendaraan juga dibedakan dengan daya angkutnya, Light Good Vehicle, Medium Good Vehicle dan Heavy Good Vehicle (HGV). Masing-masing klasifikasi kendaraan tersebut mempunyai cara, karakter dan sikap berkendara yang berbeda," tambah pengguna Subaru WRX STi ini.

Gambar Daihatsu Gran Max Pick Up 1300 sedang mengangkut barang

Perbedaan ada pada klasifikasi bukan dimensi

"Yang membedakan cara berkendara suatu jenis kendaraan adalah jenis barang (orang/barang) yang dibawa dan total berat barang yang dibawa. Bukan dimensi tetapi klasifikasinya (Ringan, Medium dan Berat). Dimensi pada kelas yang sama akan relatif sama. Biasanya ute car akan menggunakan platform dari kendaraan penumpang (sedan, mini/micro bus, estate) atau SUV, Cross (light suv, medium suv)," tambahnya.

>>> Ini Bahayanya Kalau Kebiasan Nyetir Mobil Nyeker

Pastikan Jaga Jarak

Foto ilustrasi menjaga kecepatan saat nyetir Pick Up

Selalu jaga kecepatan serta jaga jarak aman kendaraan

Hal ini juga dibenarkan oleh Daman, selaku pemilik unit usaha Rohani Rental suatu penjual jasa pengangkutan yang hampir setiap hari mengemudikan mobil pick up. Menurutnya saat menyetir mobil pick up yang terpenting adalah fokus terhadap beban yang diangkut.

"Kuasai juga pengereman, kalau sedang membawa beban berat jarak pengereman jadi lebih jauh, juga jangan lupa (pastikan) selalu jaga jarak. Dan selalu waspada, jangan lengah," ungkap Daman.

Nah, jadi itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda pertama kali nyetir pick up. Jangan lupa juga untuk siapkan surat-surat kendaraan seperti STNK, buku KIR dan tentunya SIM Anda.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top