Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019: Edisi Terbatas Untuk Menghormati Mesin Legendaris

12/11/2019
editor rate: 4,5 user rate: 5,0
Subaru yang benar-benar spesial. Ia dibuat untuk menghormati mesin legendaris EJ20 yang segera pensiun. Lantas seberapa spesial mobil Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini?

PENGANTAR Subaru WRX STi 2019

Gambar menunjukkan Emblem EJ20 Final Edition

Mesin legendaris berkode EJ20 telah melayani mobil-mobil high performance Subaru lebih dari 20 tahun

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 - Siapa yang tak kenal dengan Subaru? Pada pabrikan ini seakan sudah melekat citra sebagai produsen mobil rally dengan penggerak empat roda simetrikal yang kencang. Baru-baru ini divisi spesial dari Subaru, yaitu Subaru Technica International (STI) memperkenalkan Subaru WRX STI edisi terbatas yang spesial. Mobil ini hanya diproduksi 555 unit saja, sesuai dengan logo sponsor Subaru saat pabrikan Jepang ini berjaya di reli dunia bersama mendiang Colin McRae.

Gambar menunjukkan Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Saking spesialnya Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini dijual dengan sistem lotre

Tapi yang dikenang oleh Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini bukanlah sponsornya, melainkan apa yang ada di balik kap mesin. Yakni mesin berkode EJ20 yang sudah ‘melayani’ Subaru bertarung di kancah balap lebih dari 20 tahun. Karena setelah ini, Subaru tidak akan meneruskan mesin EJ20 dan berfokus ke e-BOXER. Bahkan saking spesialnya, mobil ini hanya bisa dibeli dengan sistem lotre. Tak perlu panjang lebar lagi, mari simak ulasan berikut ini.

EKSTERIOR Subaru WRX STi 2019

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Tampilan agresif seakan menunjukkan bahwa performa Subaru spesial ini jumawa

Tampilan agresif terasa kental pada tampilan depan Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini. Desain air scoop di atas kap mesin berukuran besar, dipadukan air intake di area bumper depan bagian bawah. Lubang ini bukan untuk gaya semata, karena berfungsi mengalirkan udara ke dalam ruang mesin. Sektor aerodinamika juga terbantu berkat adanya front splitter dan winglet di sisi samping bumpernya..

Gambar menunjukkan grill depan Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Emblem STI dan ornamen grill berwarna cherry red menjadi pembeda utama di Subaru paling spesial ini

Khusus untuk Subaru WRX STI edisi spesial EJ20, terdapat tambahan aksen garis warna Cherry Red atau merah buah cerry yang melintang di tengah-tengah grill bermotif sarang lebahnya. Pun begitu dengan logo STI yang juga menggunakan warna Cherry Red. Kedua aksen tersebut menandakan bahwa mobil ini adalah Subaru WRX edisi paling spesial.

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Pelek 19 inchi dibalut ban sport membuat pengendaliannya superior

Sama seperti Subaru WRX STI ‘biasa’, di versi EJ20 Final Edition ini juga menggunakan atap serat karbon yang rigid, ini akan berdampak positif terhadap pengendaliannya. Sebab atap yang semakin ringan akan mempengaruhi bobot mobil secara keseluruhan, dan makin rigid atap maka makin kaku juga sasisnya. Lantas setiap area roda diberi overfender karena ukuran ban dan pelek yang lebih lebar dari Subaru Impreza standar yang menjadi basisnya.

Gambar menunjukkan emblem STI di Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Logo STI berkelir cherry red seakan menyiratkan betapa buasnya Subaru ini

Pada masing-masing overfender juga diberikan lubang udara guna memaksimalkan aliran udara dari mesin dan ruang fender depan, serta dari samping mobil. Sedangkan lubang udara di fender belakang punya fungsi untuk mengurangi efek drag. Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini juga makin keren tampilannya karena menggunakan pelek BBS Alloy Wheels berdiameter 19 inch berwarna emas, berbalut ban khusus Yokohama Advan Sport.

Gambar menunjukkan sirip bumper belakang Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Kisi-kisi pada mobil berfungsi untuk meningkatkan nilai aerodinamika

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Spoiler belakang besar membantu downforce mobil ini di bagian belakang saat melaju kencang

Tampilan belakang Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini juga tidak kalah sangar dari depan dan samping. Karena ia menggunakan spoiler belakang berukuran besar. Selain itu, Subaru juga memasang diffuser belakang guna mendukung aerodinamika mobil. Guna mendukung tampilan, Subaru memasang hand-polished stainless-steel exhaust tips yang keren dan menghasilkan suara yang istimewa.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Subaru WRX STi 2019

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Desain dasbornya tidak terlalu istimewa

Area interior Subaru WRX STI ini, terutama pada layout dashboard-nya tampil standar tanpa berlebihan layaknya mobil balap. Tapi, sebagai mobil yang spesial, Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini masih memberikan sentuhan panel karbon pada dashboardnya untuk memperkuat kesan sporty.

Gambar menunjukkan Ornamen Karbon Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Panel karbon memperkuat kesan sporty

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan Kursi Bucket Seat Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Jok buatan Recaro yang asli Jerman ini mampu menopang tubuh dengan baik

Khusus untuk kedua kursi depan Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini menggunakan bucket seat Recaro. Kursi ini dapat ‘memeluk’ tubuh dari efek G-force saat mobil diajak bermanuver tajam. Untuk kursi di bagian belakang, tetap menggunakan format standar Subaru Impreza yang menjadi basisnya mobil Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini. Seluruh tempat duduk di mobil ini dilapisi material kulit ultrasuede dengan aksen jahitan berwarna perak.

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Setir

Gambar menunjukkan Setir Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Setir berbalut ultrasuade dan mantap digenggam

Setir yang digunakan pada Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini masih serupa dengan Subaru WRX STI sebelumnya. Dengan lingkar kemudi D-Shaped berbalut ultrasuede dikombinasi dengan aksen jahitan perak, setir ini diklaim lembut dan lebih mantap saat digenggam. Yang membedakan, pada setir WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini menggunakan logo bintang biru kebanggan Subaru, dengan logo STI berwarna Cherry Red pada palang di bagian bawah.

>>> Baca juga:

FITUR Subaru WRX STi 2019

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Tombol Start Stop

Gambar menunjukkan Tombol Start Stop Subaru EJ20 Final Edition 2019

Tekan tombol start stop engine ini maka mesin legendaris EJ20 akan menyalak

Meskipun Subaru WRX STI EJ20 Final Edition ini terlahir menjadi mobil yang sporty dan ready to race. Tapi Subaru tak ingin meninggalkan kepraktisannya. Contohnya saat hendak menyalakan mesin, Anda tidak perlu lagi mencolok kunci. Tinggal kantungi saja kunci smart key-nya, injak pedal kopling dan tekan tombol start-stop berwarna merah di sebelah kanan setir.

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Rem Cakram Dan Kaliper Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Kaliper lansiran Brembo siap mengentikan laju ganas dari mobil ini

Secara umum hampir seluruh peranti kesalamatan baik aktif maupun pasif sudah disematkan oleh Subaru di Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini. Bahkan Blind Spot Monitoring system sudah tersedia di mobil ini. Untuk sektor pengereman menggunakan rem cakram berventilasi lansiran Brembo dengan kaliper 6 piston di bagian depan serta 2 piston pada roda belakang berbalut kelir warna perak dengan logo STI.

Gambar menunjukkan Fitur keselamatan Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Blind spot monitoring system akan membantu pengemudi di jalan

Review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 : Pernik Spesial

Gambar menunjukkan Ban dan pelek Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Pelek BBS berdiameter 19 inch mempercantik tampilan mobil

Sebagai mobil yang spesial, tentu saja tak salah bila Subaru memberikan beberapa pernik spesial di mobil ini. Ambil contoh pelek BBS Alloy Wheel bermotif Y dengan diameter 19 inch dan lebar 9 inch ini. Juga penggunaan jok dari produsen kenamaan Recaro asal Jerman.

Gambar menunjukkan Emboss Kursi Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Jok buatan Jerman ini dikenal sangat kapabel menopang tubuh saat mobil bermanuver cepat

>>> Review Subaru Legacy 2.5 GT 2011: Sedan Langka Dari Negeri Sakura, Tak Kalah Saing Dengan Model Terkini

OPERASI Subaru WRX STi 2019

Gambar menunjukkan Mesin EJ20 Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Mesin EJ20 merupakan seri mesin legendaris di lini Subaru

Inilah mesin petarung yang sesungguhnya. Mesin berkode EJ20 yang tertanam di balik kap mesin Subaru ini sudah disempurnakan ulang oleh STI. Internal tuner Subaru ini melakukan upgrade performa melalui peningkatan efisiensi volumetrik, program ulang ECU, serta penyempurnaan lainnya di sektor turbo. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 308 PS atau sekitar 306,5 Hp pada 6.400 rpm, serta torsi puncak sebesar 422 Nm pada 4.400 rpm.

Gambar menunjukkan piston dan kruk as Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Mesin flat alias boxer engine punya unggul dalam hal kehalusan

Keunggulan mesin EJ20 dengan konfigurasi flat alias BOXER adalah kehalusannya. Sebab gerakan pistonnya yang saling berlawanan (contra engine) menghilangkan getaran satu sama lain. Menjadikan mesin ini punya keseimbangan yang baik. Selain itu, akibat penerapan firing order yang unik, menjadikan mesin BOXER punya suara yang khas. Pun begitu dengan posisi pistonnya yang datar, menghasilkan mesin yang pusat gravitasi yang rendah. Pusat gravitasi yang rendah ini berdampak positif terhadap handling mobil.

Gambar menunjukkan Kopling dan Dekrup Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Kopling di Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini juga sudah diperkuat

Subaru juga memaksimalkan teknologi Driver Controlled Center Differential (DCCD), Active Torque Vectoring, serta Multi-Mode Vehicle Dynamics Control, dan mode SI-Drive. Keempat kontrol ini dapat memberikan sensasi berkendara lebih agresif di atas aspal jalanan atau trek balap sekalipun. Ada 3 mode yang digunakan pada SI-Drive system, yakni Intelligent (I) untuk versi berkendara normal dan efisien; Sport (S) untuk optimalisasi performa dan kontrol mobil; and Sport Sharp (S#) untuk mencapai performa paling menggigit.

>>> Anda mau membeli mobil Subaru WRX STI? Jangan tinggal daftar ini

spesifikasi Subaru WRX STi 2019

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019.

Mesin Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019  
 Seri mesin

 EJ20, Boxer 4 Silinder, DOHC, AVCS, Twin Scroll Turbo

 Jumlah Katup  16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum  306,5 Hp (308 Ps) @ 6.400 rpm
 Torsi Maksimum  422 Nm @ 4.400 rpm
 Kapasitas Silinder  1,994 cc
 Bore X Stroke  92,0 mm X 75,0 mm
 Tipe Transmisi  Manual 6 Percepatan, All Wheel Drive
  Rangka Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.595 mm X 1.795 mm X 1.475 mm
 Jarak Sumbu Roda  2.650 mm
 Berat Kendaraan  1.500 Kilogram
 Kapasitas Penumpang  5 Penumpang
 Kapasitas Tangki  60 Liter
 Suspensi/Kaki-Kaki Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019
 Suspensi Depan & Belakang  Strut Independent Suspension & Double Wishbone Independent Suspension
 Sistem Kemudi  Hydraulic Power Steering, Rack And Pinion
 Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Disc
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA
 Teknologi Safety Sasis  Strength Bone Body Structure
 Struktur Sasis  Monokok, C-Segment
 Pelek  BBS Alloy, 19 Inch
Jenis Ban  Yokohama Advan Sport, 245/35 R19

kelebihan & kekurangan Subaru WRX STi 2019

Setelah membahas semua tentang Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019.

 Kelebihan Kekurangan 
Merupakan Collector Item

Tidak akan resmi masuk Indonesia

Subaru bermesin EJ20 paling bertenaga

Banderol harga mahal

Desain cantik

Perawatan mesin yang mahal

Memiliki citra kuat sebagai mobil rally

Dijual dengan sistem lotre

daftar harga Subaru WRX STi 2019

Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 dijual dalam dua tipe yakni Standard dan Full Package. Untuk yang standard harganya 4.521.000 Yen atau sekitar Rp 583.887.150 dan untuk yang full package dibanderol 4.851.000 Yen atau sekitar Rp 626.506.650. Harga tersebut sudah termasuk pajak di Jepang. Belum jelas apakah Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019 ini akan ada importir umum yang memasukkan ke Indonesia atau tidak. Dan jika masuk Indonesia, kami perkirakan harganya akan tembus Rp 1,5 milliar.

Video Subaru WRX STi 2019

KESIMPULAN Subaru WRX STi 2019

Gambar menunjukkan kesimpulan review Subaru WRX STI EJ20 Final Edition 2019

Sedan sport ini layak Anda koleksi sebab...

Bagi Anda pecinta kecepatan, sedan sport lansiran Subaru ini adalah mobil yang tepat untuk Anda miliki, tak hanya untuk dinikmati sensasi berkendaranya, namun juga untuk dijadikan koleksi yang bernilai investasi sebagai sebuah mobil edisi khusus.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil