Lakukan Hal Berikut Jika Mendengar Sirene Ambulance di Belakang!

01/05/2021

Pengemudian

3 menit

Ambulance punya prioritas untuk didahulukan di jalan raya. Segera lakukan langkah-langkah berikut jika Anda mendengar sirene ambulance di belakang kendaraan!

Kasus ambulance terhalang kendaraan saat membawa pasien bulan satu dua kali terjadi. Yang belum lama yaitu mobil Honda Brio menghalangi ambulance yang tengah melaju di Jalan Pemda, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Ulahnya viral setelah diunggah akun Instagram @infotangerang.id pada hari Kamis (22/4/2021) lalu.

Brio warna putih bernopol B-1642-GKN nampak melaju kencang tak mau menepi meski sirene ambulance berbunyi nyaring. Bahkan diklakson berkali-kali tetap tak digubris. Meski akhirnya berhasil disalip, ulahnya membuat warganet geram. Pengendara dianggap tidak memiliki empati dan tidak mengerti aturan berkendara.

Mendengar sirene ambulance

Terlepas dari keputusan akhir penyelidikan yang dilakukan kepolisian, Anda perlu tahu apa yang harus dilakukan jika mendengar sirene ambulance, terutama yang datang dari belakang.

Foto Ambulance terlihat di spion

Bertemu ambulance segera beri jalan

>>> Catat! Mobil Plat RF Tak Berhak Menggunakan Sirene dan Rotator

Sebelumnya perlu Anda pahami bahwa ambulance termasuk salah satu kendaraan prioritas untuk didahulukan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009 pasal 134. Mereka harus mendapatkan akses paling lancar karena punya urgensi tinggi untuk segera sampai ke tempat tujuan. Di jalan raya, kendaraan lain tidak boleh egois, sesegera mungkin harus memberi jalan.

Melalui unggahannya di akun IG @hk_jorrs, PT Hutama Karya (Persero) berbagi tips yang harus Anda lakukan bila mendengar sirene ambulance di belakang kendaraan Anda.

1. Pantau lewat spion

Gunakan spion untuk memastikan dari mana arah datangnya ambulance. Dari belakang sebelah kiri atau sebelah kanan. Anda mudah mengetahuinya dari strobo di bagian atas kendaraan yang menyala warna merah/biru. Poin pertama ini penting untuk menentukan langkah berikutnya.

2. Nyalakan lampu sein dan segera menepi

Setelah tahu dari sebelah mana ambulance itu datang, segera beri jalan. Nyalakan lampu sein sebagai tanda ke arah mana Anda akan menepi. Kurangi kecepatan kendaraan dan secara perlahan segera menepi sesuai nyala lampu sein.

Gambar cara menepi untuk memberi jalan ambulance

>>> 2 Alasan Pengendara Dilarang Membuntuti Iring-iringan Kendaraan Prioritas

3. Tegur kendaraan lain

Jangan segan untuk menegur kendaraan lain di depan agar mereka juga menepi dan memberi jalan. Anda bisa menggunakan klakson atau lampu dim, tapi jangan berlebihan agar pengendara di depan tidak merasa terintimidasi.

4. Jangan membuntuti ambulance

Setelah ambulance lewat, Anda bisa meneruskan perjalanan secara normal. Ingat, jangan pernah membuntuti ambulance hanya untuk mencari jalan. Risikonya besar, dari memicu kecelakaan hingga melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Foto Ambulans dan mobil patroli polisi Polsek Kamal

Ambulance punya prioritas untuk didahulukan

>>> Laris Manis Jadi Ambulance, Toyota HiAce Ternyata Langganan Modifikasi

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top