Laris Manis Jadi Ambulance, Toyota HiAce Ternyata Langganan Modifikasi

28/12/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Laris Manis Jadi Ambulance, Toyota HiAce Ternyata Langganan Modifikasi
Toyota HiAce yang laris manis sebagai mobil ambulance di masa pandemi COVID-19 juga dikenal menghadirkan modifikasi dengan berbagai tema dan desain yang menawan.

Toyota HiAce mendapatkan keuntungan dari pandemi yang sedang terjadi. Minivan premium milik Toyota tersebut laris manis sebagai ambulance dan mengalami peningkatan penjualan. Dengan posisinya sebagai kendaraan komersial untuk banyak penumpang, Toyota HiAce memiliki tampilan yang mudah dimodifikasi untuk dialokasikan dengan berbagai kebutuhan.

Penjualan yang meningkat

Industri otomotif masih terbilang lesu akibat pandemi COVID-19 sejak awal tahun lalu. Tapi Toyota seakan mendapatkan berkah dari situasi ini. Dilansir dari berbagai sumber, Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan banyaknya permintaan HiAce dipicu banyaknya permintaan terhadap ambulance dari rumah sakit.

Anton menjelaskan penjualan kendaraan, khususnya di pasar kendaraan komersial turun cukup jauh dalam rentang April hingga Mei. Tapi pada bulan Juli dan Juni, penjualannya semakin meningkat. Bahkan pada bulan September, HiAce membukukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 800 unit. Meningkat dibandingkan rata-rata SPK mobil Toyota HiAce hanya 300 unit per bulan.

Toyota HiAce ambulance berwarna putih
HiAce banyak digunakan sebagai mobil ambulance oleh rumah sakit

Sebagaimana pabrikan lainnya, Toyota juga mendapatkan peningkatan penjualan setelah beralih ke dunia daring. Penjualan berbasis online disebut sangat membantu dalam situasi pandemi. Anton menyebutkan enam kali Virtual Expo yang diadakan pada tahun ini mencatatkan pemesanan hingga 3.759 unit.

Bukan hanya HiAce, tapi banyak kendaraan komersial lainnya yang mulai mengalami peningkatan penjualan di akhir tahun ini. Contohnya saja Toyota Hilux Double Cabin yang mencapai pemesanan 460 unit SPK pada bulan September 2020. Jauh lebih tinggi di atas target Toyota, yaitu 300 unit.

>>> Rame-Rame ke Paris van Java, Berapa Harga Sewa Toyota HiAce di Bandung?

Langganan modifikasi

Toyota HiAce dikenal sebagai salah satu kendaraan komersial yang mendapatkan modifikasi untuk meningkatkan kepraktisan di dalam kabin. Misalnya dengan menambahkan kursi di dalam kabin agar bisa menampung lebih banyak penumpang. Pasalnya mobil ini memang dikenal sebagai kendaraan travel dengan gaya mewah.

modifikasi Toyota HiAce dengan dominasi warna hitam
Sebagian modifikasi membuat mobil ini semakin elegan di jalanan

>>> Terinspirasi Model Lawas, Toyota Pamer Modifikasi GR Supra Sport Top

Namun beberapa modifikasi membuatnya semakin mewah dengan menambah fitur maupun mengubah tampilan eksterior dan interiornya. Seperti bodi kit yang disematkan pada spoiler depan, side skirt, maupun bumper belakang. Tak ketinggalan tampilan velg baru berlapis chrome yang membuatnya semakin elegan di jalanan.

Ubahan di dalam kabin pun tak kalah menawan. Mulai dari tambahan layar belakang untuk hiburan sepanjang perjalanan atau kursi yang dibuat semakin nyaman dengan tambahan captain seat maupun jok bergaya sporty. Ada pula penambahan audio yang lebih besar ditambahkan pada bagasi belakang.

Lampu depan bergaya LED running juga bisa digunakan untuk membawa tampilan yang lebih elegan. Dan tak ketinggalan peningkatan suspensi untuk membuat mobil ini semakin nyaman dikendarai, contohnya dengan menambahkan air suspension pada bagian kaki-kaki mobil. Mengingat ground clearance mobil ini hanya 195 mm.

>>> Pilihan Mobil Bisnis Travel: Toyota Hiace 2017 vs Hyundai Starex Mover 2017

Toyota HiAce Transjakarta berwarna putih dan hijau
Transjakarta meluncurkan angkot Mikrotrans dengan AC dan TV Widescreen

Bukan hanya modifikasi personal, PT Transjakarta meluncurkan angkot Mikrotrans yang diklaim lebih nyaman dengan menggunakan armada HiAce. Layanan terbaru ini bahkan mendapatkan AC dengan kapasitas mobil bisa menampung hingga 15 orang penumpang. Fitur lainnya yang disematkan seperti TV widescreen, CCTV dengan empat kamera serta running text dan fasilitas APAR.

Sedangkan di luar negeri, Toyota dan Softbank meluncurkan versi mewah dengan mobil bernama Monet yang diambil dari HiAce, mobil ini dimodifikasi untuk mencegah penyebaran virus korona dengan mengambil udara dari luar dan disalurkan ke dalam kabin. Interior dilengkapi layar dan tirai untuk membatasi penularan virus. Monet bisa digunakan sebagai kantor berjalan.

>>> Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Van untuk Travel bagi Penumpang VIP

HiAce Premio baru

Sebelumnya hanya ada satu model yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Toyota HiAce Commuter, generasi kelima yang diperkenalkan sejak 2004. Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, Toyota Astra Motor membawa generasi kelima, HiAce Premio yang dijual bersamaan dengan HiAce Commuter.

Perbedaan antara kedua model yang ini adalah kesan mewah yang terlihat pada HiAce Premio. Tapi Anda tidak akan menemukan kursi bergaya Captain Seat pada varian Premio. Dashboard HiAce Premio menggunakan tema dual tone, walaupun masih didominasi material plastik. Toyota menyebutkan Premio bisa membawa hingga 12 orang penumpang.

Toyota HiAce Premio tahun 2019
Toyota HiAce Premio yang baru saja diperkenalkan tahun 2019 lalu

>>> 4 Pilihan Mobil Bekas Minivan Terbaik di Listing Cintamobil.com Dibawah Rp 150 juta

Di dalam kabin, fitur hiburan yang ditawarkan memang tak sebanyak kendaraan penumpang. Tak ada head unit layar sentuh atau ambient light. Pengemudi mendapatkan Supplemental Mirror untuk memperluas arah pandang pengemudi serta kemudi tilt & telescopic. Penumpang depan juga mendapatkan overhead tray dengan ruang penyimpanan.

Berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif bisa ditemukan pada mobil ini. Mulai dari Vehicle Stability Control (VSC) yang meningkatkan pengereman selektif ke roda untuk mengurangi risiko understeer maupun oversteer. Fitur lainnya seperti Hill Start Assist (HAS) dan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS).

interior Toyota HiAce dengan kursi hingga 15 penumpang
Interior Toyota HiAce Premio tanpa kursi bergaya Captain Seat

Model terbaru HiAce Premio mendapatkan mesin 1GD-FTV 4-silinder yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 156 PS. Disandingkan dengan torsi maksimal 420 Nm, lebih besar 158 Nm dibandingkan model Commuter. Ditambah dengan teknologi Intelligent Manual Transmission untuk meningkatkan kontrol dan mengurangi kebisingan di dalam kabin. Sayang varian Premio hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi manual.

Saat ini hanya ada dua model HiAce yang dipasarkan di Tanah Air. Mulai dari HiAce Commuter M/Tyang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 501 jutaan. Sedangkan harga Toyota Hiace Premio 2.8 M/T yang lebih mewah bisa didapatkan mulai dari Rp 537 jutaan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Toyota Hiace Disulap Jadi Angkot Mikrotrans di Jakarta

09/09/2020

Pasar mobil

4 menit

PT Transjakarta baru saja meluncurkan angkot Mikrotrans terbarunya yang diklaim lebih nyaman. Kali ini Transjakarta menggunakan Toyota Hiace sebagai armadanya.

Lihat juga

Jauh Lebih Mewah, Kembaran Toyota Hiace Resmi Dijual di Jepang

29/11/2019

Mobil baru

3 menit

Usai menjalani debut di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Toyota GranAce secara resmi dijual di Jepang mulai 16 Desember 2019. Kembaran Toyota Hiace Premio ini dijual dengan harga 6,2 juta Yen dan 6,5 juta Yen.

Lihat juga

Rame-Rame ke Paris van Java, Berapa Harga Sewa Toyota HiAce di Bandung?

08/10/2019

Jual beli

4 menit

HiAce dari dulu memang identik sebagai kendaraan tour dan travel. Khususnya jika Anda berkeliling ke Paris van Java, harga sewa Toyota HiAce di Bandung bisa diperhitungkan jika Anda ingin mengangkut penumpang lebih dari 10 orang.

Lihat juga

Sejarah Toyota HiAce, Dari Pikap Hingga Bisnis Tour dan Travel nan Ekonomis

22/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Toyota HiAce akhirnya mendapatkan varian baru yang berasal dari generasi keenam. Penjualan HiAce Premio menandai sejarah Toyota HiAce selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. Lalu, bagaimana perkembangan salah satu kendaraan pengangkut penumpang Toyota ini?

Lihat juga

Versi Mewah Hiace Resmi Diluncurkan Dengan Nama Toyota Majesty, Tampilan Mirip Alphard

20/08/2019

Mobil baru

3 menit

Menyusul peluncuran Toyota Hiace Premio di ajang GIIAS 2019, Toyota Motors Corp meluncurkan line up terbaru Toyota Majesty sebagai versi paling mewah dari Toyota Hiace di Thailand dengan tampilan mirip Toyota Alphard.

Lihat juga
 
back to top