Konsumsi BBM Toyota, Mana yang Paling Irit?

30/08/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Jika Anda mencari family car untuk mobilisasi, mobil Toyota memiliki beberapa rekomendasi dengan kelebihan irit BBM. Ketahui konsumsi BBM Toyota berikut ini

Saat memutuskan untuk membeli mobil, selain kondisi mobil itu sendiri, seberapa irit konsumsi bahan bakar mobil tersebut juga patut jadi pertimbangan. Salah satu brand mobil yang terkenal cukup irit konsumsi bahan bakarnya adalah Toyota.

Konsumsi BBM Toyota baik itu jenis mobil city car maupun family car, semuanya terbilang irit dibanding brand mobil lainnya. Dari sekian banyak jenis mobil Toyota, inilah 5 mobil dengan konsumsi bensin teririt. 

Konsumsi BBM Toyota Rush

Menghitung konsumsi bensin Toyota Rush tidak bisa lepas dari jenis mesin yang digunakan pada mobil ini. Toyota Rush menggunakan mesin dengan kode 2NR-VE. Mesin 2NR-VE juga digunakan sebagai sumber tenaga untuk mobil Avanza Veloz 1.500 cc. Mesin ini menggunakan teknologi katup variabel Dual VVT-i dengan tenaga mesin 102 hp dan 136 Nm.

Teknologi Dual VVT-i yang ada pada mobil ini membuat tenaganya jadi lebih merata dan konsumsi bahan bakarnya jauh lebih baik. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan pada roda belakang sehingga membuat kendaraan jadi lebih tangguh.

Toyota Rush

Konsumsi bensin Rush lebih irit dengan fitur eco driving

Sayang kelemahan ini juga diikuti oleh kekurangan yaitu sistem penggerak roda belakang memiliki power losses lebih besar daripada sistem penggerak roda depan. Mengakibatkan tenaga yang dihasilkan mesin tidak sepenuhnya sampai ke roda karena harus melewati gardan lebih dulu.

Hal ini bisa mempengaruhi  konsumsi bahan bakar suatu kendaraan. Mobil dengan sistem penggerak roda belakang memiliki kecenderungan akan lebih boros dibanding yang menggunakan penggerak roda depan. 

Dikatakan jika konsumsi bensin Toyota Rush adalah 12,1 km/liter untuk rute kombinasi dan 20,5 km/liter untuk penggunaan dengan mode eco driving. Konsumsi Toyota Rush bisa jadi lebih irit dengan fitur eco indicator yang ada di Multi Information Display (MID). Fitur ini hadir dalam bentuk garis dan sebuah daun, makin penuh garis maka pengemudi makin hemat dalam berkendara. 

>>> 10 Cara Menghemat Konsumsi BBM Yang Bukan Semua Orang Tahu

Konsumsi BBM Toyota Raize

Toyota Raize meluncur di Indonesia dengan berbagai keunggulan, dari segi desain, fitur maupun performa. Toyota Raize menyediakan dua jenis mesin, mesin 1.0 liter turbo dan mesin 1.2 liter. Dikatakan jika konsumsi BBM Raize mencapai 5,6 liter per 100 km untuk yang bermesin bensin 1.0 liter turbo.

Jika di-convert ke kilometer per liter sekitar 17,8 – 18 km per liter. Mobil ini sanggup menghasilkan tenaga 96,6 hp di 6.000 rpm dengan torsi maksimal 140 Nm di 2.400 - 4.000 rpm.

Toyota Raize

Toyota Raize memiliki dua jenis mesin

Menurut Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy tingkat konsumsi BBM Raize 1.0 Turbo diprediksi bisa mencapai lebih dari 1:15 km per liter. Ini artinya, konsumsi BBM Raize bisa dikatakan lebih irit dibanding mobil keluarga seperti Avanza atau bahkan LCGC Toyota Calya dan Agya.

Konsumsi BBM Toyota Calya

Toyota Calya adalah mobil berkategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang memanfaatkan mesin 3NR-FE dengan kapasitas 1.197 cc berteknologi Dual VVT-i 4-silinder. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini mencapai 86,7 hp per 6.000 rpm dengan torsi maksimum 107,8 Nm per 4.200 rpm. Toyota Calya dibekali dengan sistem transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4 percepatan. 

Toyota Calya

Konsumsi Toyota Calya tergantung jenis mesinnya

Berdasarkan hasil pengujian yang pernah dilakukan oleh beberapa orang, tingkat konsumsi BBM Calya pada rute kombinasi bisa mencapai 13,5 km/liter. Angka ini bisa didapat dari jarak tempuh pengetesan sejauh 400 kilometer dengan tingkat kecepatan yang berbeda-beda.

Jenis rute kombinasi ini maksudnya adalah jalanan yang macet, perkotaan, jalan tol, menggunakan AC sepanjang dalam perjalanan, dan melakukan akselerasi saat kondisi jalanan sedang tak lancar. 

Untuk konsumsi BBM Calya Matic dan Calya Manual, Toyota Calya Matic menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk jarak 13,9 kilometer (13,9 km/liter). Versi manualnya berada di kisaran angka yang sama 13,9 km/liter.

Sedangkan untuk tes rute kombinasi jarak jauh dengan mode Eco Driving, konsumsi BBM Toyota Calya dengan jarak sejauh 40 km dengan kecepatan maksimal 100 km/jam mencapai 25 km/liter. Ini sesuai dengan data yang diperoleh dari mode Eco Driving.

>>> Benarkah Warna Mobil Pengaruhi Konsumsi BBM? Begini Penjelasannya

Konsumsi BBM Avanza

Konsumsi BBM Toyota Avanza sejak dulu sering disebut sangat irit. Toyota Avanza sendiri hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu menggunakan mesin 1.329 cc 4 silinder dengan dual VVT-i menghasilkan tenaga 95,1 hp dengan torsi 12,3 Nm. Yang kedua, Avanza dilengkapi dengan mesin 1.496 cc 4 silinder dengan VVT-i dan mampu menghasilkan tenaga kisaran 102 hp.

Toyota Avanza

Toyota Avanza dikenal sebagai mobil irit BBM

Konsumsi BBM Avanza antara mesin 1.300 cc dan 1.500 cc tidak berbeda jauh. Dari data yang beredar di pasaran, konsumsi BBM Avanza 1.3 berkisar antara 8 km/liter sampai 10 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan untuk penggunaan di rute luar kota atau jalan tol perbandingan konsumsi BBM mobil ini antara 13 km/liter sampai 15 km/liter. 

Konsumsi BBM untuk Avanza 1.5 pada penggunaan di dalam kota rata-rata membutuhkan bahan bakar antara 8,9 km/liter sampai 11,8 km/liter. Sedangkan untuk rute di luar kota perbandingannya antara 17 km/liter hingga 18 km/liter.

Konsumsi BBM Toyota Sienta

Di Indonesia, Toyota sudah merilis 3 tipe Toyota Sienta, yaitu Tipe Q, Tipe V, dan Tipe G. Tipe Q. Pada masing-masing tipe perbedaannya hanya terletak pada transmisi, semua mesinnya sama. 

Toyota New Sienta dibekali mesin 2NR-FE, In-Line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-I berkapasitas 1.497 cc. Mesin ini dikatakan mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi mencapai 140 Nm pada putaran 4.200 rpm. 

Toyota Sienta

Toyota Sienta memiliki mesin 2NR-FE

Untuk konsumsi BBM Sienta, mobil ini bisa menempuh jarak 14,5 km dengan menghabiskan 1 liter bensin untuk rute dalam kota. Sedangkan untuk rute jalan tol konsumsi BBM Toyota Sienta 1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 17,5 km. Dari angka tersebut dapat disimpulkan jika konsumsi BBM Toyota Sienta bisa dikatakan irit. 

>>> Simaklah tips dan trik mengemudi mobil dengan aman di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa konsumsi BBM Avanza?
Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.5 untuk penggunaan di dalam kota rata-rata membutuhkan bahan bakar antara 8,9 km/liter sampai 11,8 km/liter.
Berapa konsumsi BBM Calya pada rute kombinasi?
Tingkat konsumsi BBM Toyota Calya pada rute kombinasi bisa mencapai 13,5 km/liter
Berapa konsumsi BBM Sienta?
Untuk konsumsi BBM Toyota Sienta, mobil ini bisa menempuh jarak 14,5 km dengan menghabiskan 1 liter bensin untuk rute dalam kota.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top