Kelamaan di Tol Bisa Bikin Kartu e-Toll Expired? Begini Penjelasannya

04/11/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Jangan kaget bila waktu tempu Anda di jalan tol terlalu lama dan melampaui batas bisa membuat kartu e-Toll expired. Berikut penjelasannya secara detail.

Waktu tempuh perjalanan di tol memang tak bisa diprediksi. Ketika lalu lintas sepi, tentu perjalanan akan makin cepat. Tapi kalau macet, Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak di dalam tol. Belum lagi kalau perjalanan yang ditempuh jauh dan Anda membutuhkan istirahat guna mengembalikan stamina maka waktu di dalam tol akan semakin lama. 

jalan tol

Jangan kaget kalau terlalu lama di tol dan kartu e-toll jadi kadaluarsa

Kalau kelamaan di tol, jangan kaget kalau tiba-tiba Anda mentap kartu e-Toll dan tertulis expired. Ya, kejadian itu sempat viral di sosial media belum lama ini karena pengendara ketiduran di Rest Area. Rupanya penerapan e-Toll expired tersebut memang kebijakan dari pengelola tol Jasa Marga. 

>>> Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

Disesuaikan dengan Kondisi Tertentu

Mengutip laman resmi instagram Jasa Marga, implementasi e-Toll expired merupakan mekanisme pengendalian transaksi agar kualitas pengelolaan pendapatan tol zero loss dan aman. Durasi implementasi waktu kadaluwarsa kartu e-Toll tersebut sudah memperhitungkan waktu perjalanan dan waktu istirahat pengguna jalan tol. 

Waktu kadaluwarsa kartu e-toll ini sudah disesuaikan dengan jarak tempuh dan perkiraan waktu istirahat di jalan tol tertentu. Penentuan batas waktu perjalanan sebagai evaluasi pengendalian adalah 1,5 sampai 2 kali dari waktu tempuh normal.

Khusus untuk jalan tol dengan sistem transaksi tertutup terintegrasi, batas waktu perjalanan akan menyesuaikan antara kecepatan rata-rata kendaraan dengan jarak atau panjang tol jalan tersebut. 

Mengambil contoh tol Padaleunyi, Jasa Marga memperhitungkan waktu tempuh maksimal 3 jam untuk menempuh jarak sejauh 34 km. Waktu tempuh berbeda tentu akan berlaku di ruas tol yang beda pula. 

Adapun untuk kondisi tertentu misalnya saat Lebaran, Jasa marga menerapkan kebijakan khusus terkait perpanjangan waktu expired kartu e-Toll. 

jalan tol

Terpenting pastikan saldo e-Toll Anda cukup sebelum bertransaksi di gerbang tol

>>> Stiker RFID untuk Bayar Tol Mudahkan Pengendara di Masa Pandemi

Kartu e-Toll Expired Tak Bikin Saldo Hangus 

Perlu diketahui, kartu e-Toll expired ini tak berarti saldo uang elektronik Anda jadi hangus. Anda pun masih dipersilahkan beristirahat bila mengalami kelelahan tanpa perlu khawatir dikenakan denda karena terlalu lama di jalan tol. Ya, penerapan kartu e-Toll expired ini tidak akan membuat pengendara terkena denda. Saldo e-Toll akan tetap terpotong sesuai tarif asal gerbang dan tujuan pengguna jalan saat mentap kartu di gerbang tol. 

Namun jangan heran kalau Automatic Lane Barrier (ALB) atau portal di gerbang tol itu tidak akan terbuka otomatis ketika kartu e-Toll kadaluwarsa. Kalau sudah begini, Anda bisa menekan tombol bantuan dan nantinya akan ada petugas yang datang untuk membantu pengendara bertransaksi sebelum melanjutkan perjalanan. 

>>> Bayar Tol Sudah Bisa Pakai JakCard Bank DKI

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top