Ini Pentingnya Makan Sahur Sebelum Mengemudi

17/04/2021

Pengemudian

3 menit

Bagi Anda yang masih harus mengemudi di bulan puasa, ada baiknya untuk tetap makan sahur ya. Ini penting dilakukan untuk menjaga konsentrasi sepanjang jalan.

Sahur merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan saat bulan puasa. Sahur ini dilakukan dini hari sebelum waktu subuh. Tak bisa dipungkiri saat bangun sahur rasa kantuk kerap melanda. Inilah yang terkadang menjadi faktor orang malas bangun untuk makan sahur

Tapi sebaiknya, Anda harus bisa melawan rasa kantuk itu. Sahur memegang peranan penting bagi setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Ini dilakukan agar kondisi tubuh bisa tetap optimal meski tengah berpuasa. Dengan sahur, berarti Anda menyiapkan cadangan energi untuk beraktivitas seharian selama berpuasa, agar nantinya tidak mengalami lemas, dehidrasi, hilang fokus dan sulit berkonsentrasi. 

Foto wanita Arab yang sudah diperbolehkan mengemudi oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz

Makan sahur dapat menjaga konsentrasi Anda ketika berkendara

>>> Memilih Makanan Sahur yang Baik dan Bernutrisi

Makan Sahur Penting untuk Jaga Konsentrasi

Konsentrasi inilah yang penting untuk dijaga, terutama bagi Anda yang harus berkendara setiap harinya. Berkurangnya konsentrasi saat berkendara sangat berbahaya bagi pengendara karena bisa menimbulkan kecelakaan. Selain membantu agar aktivitas seharian berjalan lancar, makan saat sahur juga membantu tubuh untuk memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap seimbang dan mencegah penurunan daya tahan tubuh. 

Maka dari itu makan sahur amat penting dan sebaiknya tak dilewatkan. Tapi makanan saat sahur juga tak sembarangan. Perhatikan asupan makanan sahur yang berimbang agar glukosa dan zat besi terpenuhi. Glukosa berfungsi sebagai energi, sementara zat besi untuk mengikat unsur oksigen dalam darah. Jika kedua hal ini terpenuhi dengan baik, maka konsentrasi mengemudi pun bisa lebih terjaga.

Untuk pagi hari, sebaiknya setelah sahur jangan tidur. Justru waktu terbaik ini bisa Anda lakukan pemeriksaan kendaraan secara bertahap. Misal hari pertama mengecek kondisi ban, keesokan harinya cek lampu, dan seterusnya. Hal tersebut agar kondisi kendaraan tetap prima selama perjalanan. Berangkat lebih awal juga bisa menghindari kemacetan yang dapat mengurangi kondisi fisik selama perjalanan. 

Biar Konsentrasi Mengemudi Selalu Terjaga, Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur

Konsumsi makanan yang bergizi saat sahur

>>> Menjaga Tubuh Bugar saat Mengemudi Mobil di Bulan Puasa

Bawa Makanan untuk Berbuka

Hal yang paling ditunggu ketika sedang berpuasa adalah saat waktu berbuka. Sayang, tak sedikit pengendara yang masih harus berjibaku dengan kemacetan lalu lintas. Biasanya, banyak pengemudi lain yang mengemudi secara agresif karena ingin menyempatkan diri kembali ke rumah untuk berbuka bersama keluarga.

Jika memang harus menempuh jalur yang padat, sebisa mungkin Anda mempersiapkan makanan dan minuman darurat untuk buka puasa. Pilih makanan ringan seperti roti, kue atau biskuit. Sedangkan minuman, bisa Anda siapkan minuman air mineral untuk membatalkan puasa. Anda juga bisa mengatur perjalanan misalnya berangkat dan pulang lebih awal sebelum jalanan ramai.

Yang perlu dicermati adalah jangan makan atau minum saat Anda mengemudi. Kedua hal tersebut bisa mengurangi konsentrasi Anda. Lebih baik mobil ditepikan dahulu sebelum makan dan minum untuk membatalkan puasa.

>>> Ngabuburit #DiRumahAja dengan Optimalkan Sistem Audio Mobil

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top