Menjaga Tubuh Bugar saat Mengemudi Mobil di Bulan Puasa

13/04/2021

Pengemudian

4 menit

Mengemudi mobil di bulan puasa dibutuhkan tubuh yang bugar. Berikut ini cara menjaga tubuh supaya tetap bugar saat Anda harus mengemudi mobil di bulan puasa.

Ibadah puasa harusnya bukan menjadi halangan bagi mereka yang tetap menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Pun demikian dengan mereka yang tetap harus berkendara. Saat mengemudi mobil misalnya, konsentrasi menjadi hal patut dijaga. Untuk itu, usahakan kondisi badan Anda tetap bugar.

Mengemudi mobil bukanlah hal mudah. Untuk menjaga keselamatan sepanjang jalan, butuh konsentrasi dan fisik yang bugar. Kalau kondisi tubuh tak bugar serta lelah, sebaiknya urungkan niat untuk berkendara lantaran bisa berakibat fatal. 

Saat berpuasa, tubuh memang mudah lelah dan cepat mengantuk. Ini tentu berbahaya bagi Anda yang setiap harinya harus mengendarai mobil sendiri. Tapi jangan khawatir karena hal itu bisa disiasati. Berikut ini ada sederet tips agar Anda tetap bugar saat harus mengendarai mobil dirangkum Cintamobil dari beragam sumber.

>>> Harus Buka Puasa Saat Nyetir Mobil? Ikuti Langkah-langkah Ini

1. Sahur dengan Makanan Bergizi

sahur

Penuhi kebutuhan gizi dengan konsumsi buah dan sayur

Konsumsi makanan yang bergizi saat sahur dapat menjaga kebugaran Anda berkendara. Tak lupa minum air putih agar Anda tak cepat dehidrasi. Saat sahur dianjurkan untuk minum setidaknya dua gelas air putih. Anda bisa membaginya, yaitu satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan dan satu gelas setelah makan sahur. Makanan dan minuman saat sahur ini pentung untuk memberi energi tubuh selama puasa. Maka dari itu sebaiknya jangan melewatkan makan sahur. 

>>> 5 Cara Manajemen Berkendara Saat Puasa

2. Istirahat yang Cukup 

menjaga tidur

Jaga pola tidur selama puasa

Menjaga pola tidur juga penting dilakukan agar tubuh tetap bugar saat mengemudi mobil. Anda dapat memajukan waktu tidur karena bangun lebih cepat dari biasanya.  Sebagai contoh, jika tidur pukul 22.00. Cobalah untuk mulai tidur satu jam lebih awal. Untuk memastikan kualitas tidur, pastikan kamar dalam kondisi tenang dan minim cahaya. Bila perlu bisa menggunakan earplug atau masker mata untuk memudahkan tubuh tidur dan istirahat. 

Hindari makanan yang  kaya kalori, gula, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak yang terlalu banyak. Sistem pencernaan perlu usaha ekstra untuk mengolah asupan tersebut yang berisiko mengganggu waktu tidur. 

Jika Anda menempuh perjalanan jauh, beristirahatlah setelah mengemudi selama 90-120 menit. Setelah itu waktu mengemudi diperpendek menjadi 60-90 menit.

3. Tetap Waspada saat Berkendara

Auto business, car sale, consumerism and people concept Free Photo

Tetap jaga emosi saat berkendara

Tak perlu terburu-buru saat berkendara. Mengendarai mobil dalam kondisi terburu-buru biasanya membuat adrenalin terpacu sehingga emosi pun mudah terpancing. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengemudi mobil dengan santai agar emosi Anda lebih santai. Perlu diingat tak ada yang perlu diburu saat mengemudi mobil demi keselamatan bersama. Jangan lupa untuk tetap mengenakan masker ya. Mengenakan masker saat berkendara masih menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh pengemudi. Ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus corona di Indonesia. 

Pemakaian masker pun tak bisa asal, melainkan harus menutupi hidung dan juga mulut sesuai dengan standar Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 

>>> 4 Tindakan Perawatan Ban Sebelum Mudik Lebaran Agar Senantiasa Prima

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top