Ngabuburit #DiRumahAja dengan Optimalkan Sistem Audio Mobil

07/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Ngabuburit #DiRumahAja dengan Optimalkan Sistem Audio Mobil
Banyak hal yang dapat dilakukan sembari menuggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah Ngabuburit #DiRumahAja dengan Optimalkan Sistem Audio Mobil

Saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti ini sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan sembari menuggu waktu berbuka puasa. Salah satunya adalah Ngabuburit #DiRumahAja dengan Optimalkan Sistem Audio Mobil. Memang, Anda tidak akan memasang sendiri perangkat tambahan untuk menyempurnakan kualitas reproduksi suara di mobil Anda, namun Anda bisa memprioritaskan mana yang bisa Anda pasang terlebih dahulu.

KENALI KARAKTER SISTEM AUDIO MOBIL

Gambar menunjukkan layout dasbor Toyota Corolla Altis 1.8 V AT 2017

Kenali karakter audio standar mobil sebelum melakukan upgrade

Paling pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali karakter audio di mobil Anda. Periksa apakah dalam kondisi standar tersedua berbagai pilihan equalizer yang tersedia dan juga setup dasar. Setup dasar yang kami maksud adalah settingan trable, bass, balance, hingga fadernya. "Tidak (perlu) ditambah dulu semuanya, baiknya dituning sebisanya siapa tahu sudah mencukupi jadi tidak perlu keluar biaya," papar Utanto Wibowo dari eLiXir Car Stereo.

PASANG TWEETER

Gambar menunjukkan Tweeter JBL Toyota GR Yaris 2020

Agar suara makin solid, pasang tweeter saja

Hal kedua ini dapat dilakukan jika Anda sudah melakukan langkah pertama adalah memasang tweeter. Anda dapat melakukan pememasang tweeter untuk meningkatkan kualitas reproduksi suara audio. Peran dari tweeter adalah menghasilkan suara dengan nada frekuensi tinggi, sehingga kalau diabaikan maka musik yang dikeluarkan dari speaker akan terdengar pincang atau istilah orang audio kurang solid (suara vokal kurang terdengar jelas).

Speaker split 2-way dengan crossover pasif

Pilih saja paket speaker split 2-way untuk respon frekuensi yang lebih lengkap

Salah satu langkah terbaik untuk dapat meningkatkan respon frekuensi tinggi yang lengkap adalah dengan memilih paket speaker split 2-way yang terdiri dari tweeter dan speaker midrange. Biasanya paket ini bahkan sudah dilengkapi dengan crossover pasif untuk membagi frekuensi rendah, menengah dan tinggi, sehingga menghasilkan respon frekuensi yang lebih "rata". Untuk melengkapi frekuensi rendah yang dibutuhkan, yang perlu dilakukan adalah memasang subwoofer. Jika Anda suka utak-atik mobil memasang speaker ini bahkan bisa dilakukan sendiri sambil ngabuburit #DiRumahAja.

  

>>> Yaris terkencang ini 'audio'-nya juga kencang

PASANG SUBWOOFER AKTIF

basstube LM Audio

Pasang subwoofer aktif jadi langkah lanjutan upgrade audio

Langkah ketiga yang dapat ditempuh ketika ngabuburit #DiRumahAja adalah dengan memasang subwoofer aktif. Pada subwoofer aktif itu sudah terpasang power di dalamnya, sehingga subwoofer jenis ini memang dirancang untuk mengeluarkan suara keras. "Pakai yang simpel saja untuk subwoofer aktif, yang ukuran 8 inci lalu letakkan di kolong bangku depan," tambah Basuki dari Cah Ya Audio di bilangan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Gambar menunjukkan head unit di KIA BIG UP 2020

Pasang yang mana dulu? Itu tergantung dari audio standar mobil

Jadi lebih baik pasang tweeter atau subwoofer aktif terlebih dahulu? Hal itu sangat tergantung dari kualitas audio standar di mobil Anda. Maka itulah tiga hal yang dapat dilakukan sambil menunggu bedug maghrib untuk memaksimalkan audio mobil, bagaimana? Apakah sobat juga tertarik mempraktekkan tips Ngabuburit #DiRumahAja dengan Optimalkan Sistem Audio Mobil ini?

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Ngabuburit #DiRumahAja Ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

06/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Himbauan untuk tetap di rumah saat pandemik membuat kegiatan keluar rumah harus dibatasi, berikut tips Ngabuburit #DiRumahAja fdengan ulik Head Unit Audio di Mobil Anda

Lihat juga

Ingin Audio Mobil Kesayangan Lebih Optimal Tanpa Korbankan Ruang Kabin? Pasang Subwoofer Aktif Solusinya

29/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Berbeda dengan subwoofer pada umumnya yang berukuran besar dan harus menggunakan boks khusus, subwoofer aktif memiliki kelebihan seperti dimensi yang kompak dan sudah terintegrasi dengan power amplifier

Lihat juga

Tips Membersihkan Head Unit Audio Mobil Biar Tetap Bekerja Optimal

29/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Selain jok, doortrim dan plafon, membersihkan head unit audio mobil sama pentingnya dengan membersihkan bagian interior mobil yang lain. Karena jika selalu dalam keadaan bersih, semua fitur pada head unit akan berfungsi optimal.

Lihat juga

Mudik Lebih Menyenangkan, Berikut Aliran Modifikasi Audio Untuk Mobil Anda

18/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Sedang mempertimbangkan memodifikasi audio mobil Anda jelang perjalanan mudik? Simak aliran modifikasi audio yang bisa Anda terapkan di mobil Anda.

Lihat juga

Upgrade Audio Suzuki Ertiga GL 2019, Mulai Dari Rp 1,5 Jutaan!

14/05/2019

Perawatan dan service

4 menit

Audio sudah fitur wajib di mobil dan bagaikan sahabat setia dalam perjalanan. Kali ini, kami membahas seputar upgrade audio Suzuki Ertiga GL 2019 yang dikeluhkan kualitas audionya oleh pemiliknya dengan menghadirkan beberapa opsi, mulai dari paling terjangkau hingga beberapa opsi lanjutannya. Simak bahasannya berikut ini

Lihat juga
 
back to top