Ini Cara Mudah Mengemudi Irit BBM Di Dalam Kota Dengan New Honda Mobilio CVT 2019

28/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Ini Cara Mudah Mengemudi Irit BBM Di Dalam Kota Dengan New Honda Mobilio CVT 2019
Hari ini (27/2) PT Honda Prospect Motor mengajak beberapa media di Indonesia untuk melakukan tantangan mengemudi irit di jalanan dalam kota, meski kami bukan sebagai pemenang, namun hasil yang Cintamobil.com raih ini dapat dipraktekkan dengan mudah. Berikut ini cara mudah untuk mengemudi irit BBM (Bahan Bakar Minyak) dengan New Honda Mobilio CVT 2019.

PT Honda Prospect Motor (HPM) seakan ingin menunjukkan taring-nya di kelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), baru minggu lalu mereka meluncurkan model penyegaran dari Honda Mobilio. Hari ini (27/2) PT HPM mengajak para awak media di Indonesia untuk melakukan tantangan mengemudi irit di jalanan dalam kota Jakarta yang padat. Kondisi dilakukan saat jam kerja, bukan hari libur atau tengah malam, seperti biasanya kami melakukan tes konsumsi bahan bakar untuk rute tol. Meski kami bukan jadi yang terhemat pada kompetisi ini, namun cara mudah mengemudi irit BBM ini ternyata sukses membukukan angka 17,7 kilometer per liter  di kepadatan lalu lintas dalam kota.

>>> Review Honda Mobilio 2019 : Apa Saja Bedanya?​

Tampak Acara Honda New Mobilio 2019 Media Test Drive

Sedikitnya 49 jurnalis dari berbagai media dan 20 New Honda Mobilio tipe E CVT ikut serta pada acara ini

Mobil yang kami gunakan adalah New Honda Mobilio 2019 tipe E dengan transmisi CVT. Kondisi mobil diisi 3 orang jurnalis dari media yang berbeda, dan dengan spesifkasi mobil standar pabrik. Tidak hanya itu saja, tekanan angin ban juga sudah disesuaikan sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan, yaitu 30 Psi untuk masing-masing roda. Sebelum start dimulai pada pukul 10.00, kami beserta semua peserta me-reset odometer dan MID (Multi Information Display) terlebih dahulu. Perjalanan dimulai dari Mall Cilandak Townsquare Jakarta Selatan, menuju check point pertama di rest area Tol Serpong-BSD, lanjut ke check point kedua di area fresh market Pantai Indah Kapuk, lanjut finish di Ancol. Semua peserta harus menggunakan cara mudah mengemudi irit BBM.

>>> Ini pendapat kami mengenai New Honda Mobilio E CVT 2019 yang kami gunakan saat lomba irit bahan bakar

Tampak acara New Honda Mobilio Media Test Drive 2019 resmi dibuka

20 mobil New Honda Mobilio E CVT 2019 ini menempuh jarak sekitar 69 kilometer

Kami melihat antusiasme peserta lain untuk memenangkan kompetisi mengemudi irit BBM ini begitu besar, karena cukup banyak yang melakukan hal yang tidak lazim dilakukan oleh mayoritas pengemudi mobil di dalam kota. Seperti berjalan sangat lambat di rute tol, bahkan berkendara tanpa AC. Memang, konsumsi bahan bakar menjadi sangat irit, bahkan ada yang dapat menyentuh angka diatas 20 kilometer per liter. Namun disisi lain, cara mudah mengemudi irit BBM seperti itu sangat tidak kami rekomendasikan. Selain tidak nyaman karena harus 'mandi keringat' akibat panas-panasan di dalam kabin mobil, cara mengemudi irit BBM seperti itu juga memiliki potensi bahaya, seperti ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain sebab deviasi kecepatan antar kendaraan yang begitu besar. 

>>> Nih, cara pegang lap yang benar, hal sepele namun hasilnya beda signifikan

Rute New Honda Mobilio Media Test Drive 2019

Inilah rute yang kami lalui, 80% tol namun dengan kemacetan ala hari kerja yang luar biasa

Cara mudah mengemudi irit BBM yang Cintamobil.com terapkan normal seperti lazimnya orang menggunakan mobilnya dijalan raya, suhu AC kami set pada posisi paling dingin, dan kecepatan kipas ada di level 1. Gaya mengemudi irit BBM dengan New Honda Mobilio E CVT 2019 yang kami gunakan, adalah senatural mungkin. Artinya kami tidak sengaja berjalan lambat, bahkan di salah satu rute tol, spidometer mobil yang kami gunakan sempat menunjuk angka 110 km/jam. Trik cara mengemudi irit BBM yang kami gunakan adalah, kami menekan pedal gas sehalus mungkin serta menjaga putaran mesin agar selalu konstan dibawah 2000 rpm dan menjaga jarak aman kendaraan. Rute yang kami lalui kondisinya bervariasi, kadang macet, sesekali juga lancar. 

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat dulu daftarnya di sini

Tampak tim Cintamobil.com menghadapi kemacetan lalu lintas di kompetisi ini

Kemacetan pada hari kerja, membuat kami harus berkonsentrasi ekstra agar konsisten dalam menerapkan cara mengemudi irit BBM

Transmisi CVT dikombinasi dengan penggerak roda depan yang minim powerloss dipasang di New Honda Mobilio ini. Tentu ini sangat membantu cara mudah mengemudi irit BBM kami. Transmisi pintar yang menggunakan sabuk baja ini, telah disempurnakan oleh Honda dari generasi sebelumnya. CVT dengan teknologi Earth Dreams ini diklaim memiliki grafik penyaluran tenaga yang berbeda dari transmisi CVT konvensional. Dengan penerapan teknologi ini, putaran mesin dapat ditahan serendah mungkin, namun kecepatan dari mobil terus bertambah. Otomatis, cara mengemudi irit BBM yang kami lakukan dapat terbantu secara signifikan dengan adanya teknologi tersebut.

>>> Ini cara menilai rating keselamatan pada mobil

Tampak transmisi CVT Erath Dreams New Honda Mobilio CVT

Transmisi Earth Dreams Technology sangat membantu kami mengemudi irit BBM

Apalagi mesin dari New Honda Mobilio E CVT 2019 yang kami gunakan untuk berkompetisi mengemudi irit BBM ini menggunakan mesin berkode L15. Mesin L15 sendiri memang bukan generasi mesin terbaru dari Honda. Tapi, rancang bangun mesin ini sudah baik dari awal diciptakannya. Mesin berkarakter overstroke ini mampu mengolah bahan bakar dengan efisien, karena masing-masing katup dengan diameter ukuran 28 mm (intake), dan 23 mm (exhaust) ini juga dikawal dengan teknologi i-VTEC. Sehingga mampu mereduksi konsumsi BBM, namun memiliki output tenaga yang mumpuni, bahkan tenaga 118 ps atau sekitar 116,5 hp yang dihasilkan oleh mesin New Honda Mobilio ini merupakan yang terbesar diantara rivalnya. 

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Tampak tiap peserta dicatat langsung konsumsi BBM-nya

Tiap peserta dicatat langsung oleh panitia konsumsi BBM-nya

Gabungan keunggulan dari sisi teknis pada New Honda Mobilio E CVT 2019 ini dikombinasikan dengan cara mudah mengemudi irit BBM kami mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar seirit 17,7 kilometer per liter. Hasil ini tidak jauh berbeda dari standar pengujian mobil baru yang biasa kami lakukan di Cintamobil.com. Bedanya, pengujian standar kami dilakukan oleh seorang driver tanpa penumpang, kali ini mobil kami diisi dengan 1 orang pengemudi dan 2 orang penumpang. Sekadar ingin membandingkan, rekan jurnalis senior lainnya yang juga menggunakan trik serupa pun mencatatkan hasil yang tidak jauh beda, yaitu 17,6 kilometer per liter, 17,9 kilometer perliter dan 16,5 kilometer per liter. So, tidak sulit kan mengikuti cara mengemudi irit BBM ala kami di New Honda Mobilio?

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Perhatikan Cara Mengemudi untuk Zona Selamat Sekolah

13/03/2018

Pengemudian

Sebagai pengemudi, kita tidak boleh ceroboh di sekitar zona selamat sekolah. Cintamobil akan memberikan beberapa peraturan untuk zona selamat sekolah untuk memahami undang-undang lalu lintas untuk lokasi ini dan menjaga anak-anak tetap aman jika Anda melewati sekolah.

Lihat juga

Cara Mengemudi Mobil Yang Aman Bagi Pemula

21/08/2017

Pengemudian

Bagaimana perasaan Anda ketika pertama kali mengendarai mobil? Siapapun yang mulai mengemudi akan memiliki banyak perasaan: senang, tegang khawatir/gelisah, tidak percaya diri, kadang – kadang punya perasaan campur aduk. Perasaan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan mengemudi Anda. Oleh karena itu, untuk menjamin keamanan diri sendiri dan orang lain dalam lalu lintas, Anda harus memiliki kondisi jiwa yang stabil. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara mengemudi mobil yang aman.

Lihat juga

Bak Pinang Dibelah Dua! Ini Perbedaan Detail New Honda Mobilio 2019 Dengan Honda Mobilio 2018

21/02/2019

Mobil baru

Hari ini, Kamis (21/2) PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan dua buah mobil andalan salah satunya New Honda Mobilio 2019. Uniknya meski keduanya bak pinang terbelah, namun tetap saja ada perbedaan detail antara model terbaru dengan yang lama. Ini perbedaan detail New Honda Mobilio 2019 dengan Honda Mobilio 2018.

Lihat juga

Soal All New Honda Mobilio, HPM Bilang Belum Waktunya

23/02/2019

Mobil baru

Diharapkan ada perubahan besar menjadi All New, Honda Mobilio ternyata hanya mengalami perubahan minor. Dibanding dengan model sebelumnya, New Honda Mobilio tak begitu terlihat bedanya. Lantas kapan mobil ini bakal menjadi All New Honda Mobilio?

Lihat juga

Daftar Harga Honda Mobilio & Promo terbaru Oktober 2020

01/10/2020

Honda

Dirilis pada tahun 2014 lalu di Indonesia, Honda Mobilio mampu menarik banyak perhatian masyarakat. Bahkan jika melihat jalanan akhir-akhir, terlihat banyak sekali Honda Mobilio menghiasi area perkotaan. Menawarkan desain stylish dan sporty diimbangi dengan fitur-fitur interior berkelas. Apa saja hal-hal terbaru pada mobil ini? Berapa daftar harga Honda Mobilio terbaru?

Lihat juga
 
back to top