Tips Memegang Lap Yang Benar, Simpel Tapi Punya Efek Besar

Share this post:
Tips Memegang Lap Yang Benar, Simpel Tapi Punya Efek Besar
Salah satu proses paling sering dilakukan ketika mencuci atau membersihkan mobil adalah mengelap. Tapi ternyata masih banyak orang memegang lap dengan cara yang salah. Terkesan simpel tapi ternyata punya efek besar, berikut tips memegang lap yang benar.

Memegang lap adalah awal mula masalah timbul. Jangan menenkan seluruh bagian tangan pada kain lap. Hal ini bisa mengakibatkan tekanan hanya berpusat pada ujung telapak tangan di pangkal ruas jari. Akibat dari tekanan yang tidak merata dan terlalu kuat pada satu bagian bisa memicu timbulnya baret.

Saat memegang lap jangan semua jari bertumpu pada lap

Bila semua jari menekan lap bisa membuat baret karena tekanan yang terlalu kuat

Adapun cara memegang lap yang benar adalah menyelipkan ibu jari ke bawah kain dan jari lainnya menekan dari atas. Sehingga ketika mengelap, jempol diangkat sedikit untuk memberi ruang bagi kain menangkap air dan debu. Lakukan gerakan searah untuk menghilangkan kotoran. Jika memakai tangan kanan, sebaiknya dari arah kanna ke kiri.

>>> Teknik Mencuci Mobil: Mencuci Mobil dari Atas atau dari Bawah?

Adapun keuntungan dari cara memegang lap yang benar ini adalah kita dapat mengatur tekanan yang diberikan pada kainlap dengan mengatur ketinggian jempol. Jika semakin rendah, maka area yang ditekan akan semakin besa. Begitu juga sebaliknya. Kekuatan tekanan juga dapat diatur dan dijamin akan terbagi merata ke seluruh bagian.

Simak tips mencuci mobil yang benar dari Cintamobil TV

Lakukan gerakan mengelap seperti wiper untuk membuat air dan debu terdorong turun. Tetapi patut diingat untuk mengembalikan lap ke posisi awal. Tekanan yang diberikan hanya sekadar untuk menjaga agar lap dapat kembali ke posisinya. Jangan diberi tekanan berlebih karena kotoran yang sudah terbuang bisa tertarik kembali dan berisiko menimbulkan baret.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Do’s and Don’ts : Mobil Terlihat Lebih Bersih, Inilah Tips Mencuci Mobil

Mencuci mobil terkadang dianggap pekerjaan yang mudah dan asal bersih. Padahal perlu rencana yang matang agar kotoran yang ada di mobil tidak ada yang tertinggal.

Lihat juga

Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering

Salah satu cara merawat cat mobil paling ampuh adalah mencuci mobil setelah hujan. Dengan begitu, cat mobil lebih terawat dan terhindar dari air hujan yang bersifat merusak cat.

Lihat juga

Tips dan Trik Mencuci Mobil: Bagaimana Cara Mencuci Mobil dengan Sedikit Air?

Bagi sebagian daerah, air menjadi komoditas yang sulit didapatkan. Untuk membersihkan mobil yang notabene membutuhkan jumlah air yang banyak, mencuci mobil dengan sedikit air bahkan tanpa air bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Lihat juga

Teknik Mencuci Mobil: Mencuci Mobil dari Atas atau dari Bawah?

Perlu diingat, meskipun mencuci merupakan kegiatan reguler, masih banyak pengemudi yang salah dalam mempraktekkan teknik mencuci mobil, mencuci mobil dari atas atau dari bawah.

Lihat juga

Tak Banyak yang Tahu, Kapan Sih Waktu Mencuci Interior Mobil Yang Tepat?

Mencuci bodi mobil memang sudah biasa, tapi mencuci interior mobil terkadang masih banyak yang belum tahu. Dengan kegiatan yang semakin banyak, kapan waktu mencuci interior mobil yang pas?

Lihat juga
 
back to top