Review Honda Mobilio 2019 : Apa Saja Bedanya?

22/02/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,3
Persaingan Low MPV tahun 2019 kian memanas dengan hadirnya Honda Mobilio 2019 baru dengan ubahan kosmetik dan fitur. Adanya ubahan ini juga membuat Honda Mobilio mengalami kenaikan harga. Lantas apa saja bedanya dengan model sebelumnya? Simaklah review Honda Mobilio 2019 dari Cintamobil.com di bawah ini.

PENGANTAR Honda Mobilio 2019

Review Honda Mobilio 2019 - Pasar MPV yang masih mendominasi penjualan di Indonesia membuat para agen pemegang merek (APM) melakukan segala cara untuk menyegarkan produk andalannya. Tercatat dalam 2 bulan terakhir ada 5 produk Low MPV yang resmi diluncurkan di Indonesia, baik model baru maupun hanya penyegaran. Termasuk PT Honda Prospect Motor (HPM) yang melakukan beberapa ubahan pada Mobilio.

Honda Mobilio 2016 generasi pertama masih menggunakan lampu bulat

Lampu bulat menjadi ciri khas pada generasi pertama Honda Mobilio

Honda Mobilio sendiri sudah 18 tahun berkiprah di industri otomotif Tanah Air. Selama belasan tahun tersebut sudah 2 generasi dipasarkan kepada publik. Berbagai basis dengan Honda Brio, Mobilio terbaru ini pun punya banyak persamaan dengan Brio terbaru yang lebih dulu diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Adanya facelift atau sedikit ubahan ini, maka kompetisi segmen Low MPV pun semakin ketat. Lantas apa saja perubahan yang terjadi pada Honda Mobilio 2019 ini? Apakah ada kenaikan harga dibandingkan model sebelumnya? Berikut review Honda Mobilio 2019 dari kami.

EKSTERIOR Honda Mobilio 2019

Review Honda Mobilio 2019 : Eksterior Depan

Sekilas tampak tidak ada perubahan pada Honda Mobilio 2019

Honda Mobilio 2019 nyaris terlihat tidak ada perbedaan namun kini mendapat tambahan under spoiler

Tampak depan Honda Mobilio terbaru ini sepintas tidak ada beda dengan model sebelumnya. Gril tebal dengan desain lampu yang pipih memberi kesan sporty pada Low MPV andalan Honda ini. Namun pada lampu utama Honda Mobilio kini seluruh varian baik yang terendah hingga RS sudah menggunakan teknologi projector disertai LED daytime running light (DRL). Visibilitas pengemudi pun akan semakin terbantu khususnya saat mengemudi malam hari. Desain bumper nyaris tidak ada perbedaan namun ternyata Honda Mobilio terbaru ini ditambahkan under spoiler sehingga mmebuatnya terlilhat sporty.

Review Honda Mobilio 2019: Eksterior Samping

Desain velg dan under spoiler menjadi pembeda Honda Mobilio 2019

Tampak samping Honda Mobilio 2019 perbedaannya terlihat pada velg dan under spoiler

Pada bagian samping, perbedaan paling terlihat adalah desain velg baru yang masih menggunakan two tone. Namun kali ini desain velg Honda Mobilio 2019 didominasi warna hitam. Dibawah pintunya kini juga disematkan side under spoiler untuk memberi kesan sporty.

Review Honda Mobilio 2019 : Eksterior Belakang

Lis krom menjadi pembeda Honda Mobilio 2019 dengan pendahulunya

Kesan mewah terpancar dengan lis krom yang mengapit logo Honda Mobilio 2019

Beralih ke bagian belakang, Honda justru berusaha untuk memberi sentuhan mewah. Terlihat dari logo Honda yang diapit oleh lis krom. Sama seperti bagian depan dan samping, bagian belakang Honda Mobilio juga disematkan under spoiler. Khusus varian RS, Honda Mobilio 2019 mendapatkan sentuhan smoke rear combi lamp yang hanya membuat tampilan lebih sporty. Sementara pada bagian atapnya, Honda Mobilio RS 2019 menggunakan shark fin antena yang membuatnya tampil lebih modern.

>>> Mungkin Anda tertarik:

INTERIOR Honda Mobilio 2019

Review Honda Mobilio 2019 : Dashboard & Setir

Warna baru dan mirip dengan Honda Brio di bagian dashboard mobil Honda Mobilio 2019

Dasbor Honda Mobilio 2019 mendapat sentuhan baru dengan warna dan head unit baru

Masuk ke dalam kabin Honda Mobilio 2019, begitu terasa aura Honda Brio. Wajar, mengingat keduanya mempunyai basis yang sama. Namun pada Honda Mobilio 2019 kini mempunyai warna dasbor baru yang didominasi warna hitam. Untuk varian S dan E, Honda Mobilio 2019 sudah menggunakan head unit dengan layar sentuh berukuran 6,2 inci dengan beragam fitur. Sedangkan khusus varian RS, kesan sporty sangat terasa pada bagian kabin.

Garis-garis oranye pada dasbor dan juga door trim dipadu warna hitam yang menjadi menu utama membuatnya memang terlihat eksklusif. Logo RS disematkan pada panel instrumen yang kini mempunyai desain baru dengan garis lingkar oranye. Satu lagi yang berbeda dari varian S dan E, Honda Mobilio RS menggunakan head unit layar sentuh yang lebih besar berukuran 8 inci dengan desain floating.

Review Honda Mobilio 2019 : Jok

Gambar menunjukkan Motif baru pada Honda Mobilio 2019

Perbedaan pada jok Honda Mobilio 2019 hanya pada motifnya

Sementara pada bagian jok untuk tipe S dan E menggunakan warna krem dan masih dengan bentuk yang sama. Hanya motif jok yang kini dengan desain baru yang menurut kami tidak terlalu memberi efek besar. Namun khusus varian Honda Mobilio RS menggunakan material baru dengan motif jahitan berwarna oranye untuk menyamakan dengan lis oranye pada dasbor dan door trim.

Review Honda Mobilio 2019 : Bagasi

Ruang bagasi Honda Mobilio 2019 masih sama dengan pendahulunya

Ruang bagasi Honda Mobilio 2019 bisa bertambah dengan melipat bangku ketiga

Sebagai sebuah mobil keluarga, Honda Mobilio mempunyai bagasi yang cukup luas dan mampu menampung barang yang cukup banyak. Bila Anda merasa kurang luas, bisa juga melihat bangku baris ketiga untuk menambah kapasitas bagasinya. Namun Anda harus mengorbankan kapasitas penumpang yang menjadi 5 orang saja.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Honda Mobilio 2019

Review Honda Mobilio 2019 : Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan lampu mobil Honda Mobilio 2019 dan Tidak ada banyak perbedaan pada fitur pada Honda Mobilio 2019

Lampu projector menjadi fitur baru pada Honda Mobilio 2019

Dibandingkan model sebelumnya, tidak ada perubahan banyak pada fitur berkendara Honda Mobilio 2019 seperti Dual SRS Airbags, ABS dan EBD yang memberi pengereman lebih baik. Tambahan fitur hanya terjadi pada lampu utama yang kini menggunakan lampu projector yang membuat visibilitas lebih baik saat berkendara malam hari. Untuk pengendalian juga sudah dibenamkan teknologi VSA yang membuat mobil lebih stabil saat dalam kecepatan tinggi. Untuk keamanan saat di jalan menanjak, Honda Mobilio sudah dibekali fitur HSA (Hill Start Assist) yang membuat mobil tetap aman.

Review Honda Mobilio 2019 : Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan desain bagian Head unit baru pada Honda Mobilio 2019

Honda Mobilio 2019 mendapat sentuhan head unit baru dengan ragam teknologi

Pada fitur hiburan, Honda Mobilio 2019 kini menggunakan head unit baru berukuran 6,2 inci untuk tipe S dan E yang mempunyai ragam fitur. Mulai dari fitur hands free telephone, Bluetooth, kamera belakang dan juga CD serta DVD. Sedangkan khusus untuk tipe tertingginya, RS sudah mengadopsi head unit floating yang berukuran lebih besar yakni 8 inci. Tidak ketinggalan 6 speaker premium yang tersebar di kabin diklaim memberikan hasil suara yang lebih jernih.

>>> MOI Chapter Banten Siap Menantang Pemenang Seri Sebelumnya dalam Babak Final Honda Mobilio Battle of Efficiency

OPERASI Honda Mobilio 2019

Tidak ada perubahan pada mesin Honda Mobilio 2019

Mesin Honda Mobilio 2019 tidak ada perubahan dibandingkan pendahulunya

Mengingat Honda Mobilio 2019 hanya facelift, maka tidak ada perubahan pada bagian mesinnya. Masih mengandalkan mesin SOHC teknologi i-VTEC 4 silinder segaris berkapasitas 1.496 cc. Tenaga maksimal hingga 118 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui dua pilihan transmisi yakni otomatis CVT dan manual 5-percepatan.

>>> 10 Kebiasaan Buruk Rata-Rata Pengemudi Mobil di Indonesia

spesifikasi Honda Mobilio 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Mobilio 2019.

Spesifikasi Mesin Honda Mobilio 2019

Tipe Mesin

SOHC i-VTEC 4-silinder

Isi Silinder

1.496 cc

Tenaga Maksimum

118 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm / 4.600 rpm

Transmisi

5-percepatan manual

Otomatis - CVT

Spesifikasi Bodi Honda Mobilio 2019

P x L x T

4.398 x 1.683 x 1.603 mm

Wheelbase

2.650 mm

Spesifikasi Kaki-kaki Honda Mobilio 2019

Rem Depan / Belakang

Disc Vent / Drum

Velg

15" Alloy Wheels

kelebihan & kekurangan Honda Mobilio 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio 2019 menurut sudut pandang Cintamobil.com? Silakan cek informasi tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain yang semakin sporty dengan tambahan spoiler di sekeliling bodi

Bukan generasi baru dan mulai terlihat kuno dibandingkan para rivalnya

Lampu projector yang kembali digunakan Honda untuk visibilitas lebih baik

Ground clearance lebih rendah sehingga akan menjadi kendala melewati jalan rusak

Varian RS yang semakin sporty pada interior juga eksterior

 

>>> Lanjut baca kelebihan dan kekurangan mobil Honda lainnya dengan klik sini

daftar harga Honda Mobilio 2019

Meski ada perubahan namun PT HPM tidak menaikkan harga Honda Mobilio 2019. Ada tiga tipe yang ditawarkan kepada konsumen yakni S sebagai tipe terendah, E untuk tipe tengah dan RS sebagai flagship. Khusus tipe S hanya tersedia pilihan transmisi manual. Namun bila Anda ingin memesan Special Color dan Two Tone untuk varian RS harus menambah Rp 1,5 juta dari harga dasarnya. Berikut daftar harga Honda Mobilio 2019.

Model

Grade

Transmisi

Harga

New Honda Mobilio

S

Manual

Rp 194.000.000,-

E

Manual

Rp 214.500.000,-

CVT

Rp 225.500.000,-

RS

Manual

Rp 237.500.000,-

CVT

Rp 248.000.000,-

>>> Mari klik sini untuk simak promo mobil Honda Mobilio terbaru

Video Honda Mobilio 2019

Simak video review Honda Mobilio 2019 dari Cintamobil TV berikut ini.

KESIMPULAN Honda Mobilio 2019

Kompetisi di segmen Low MPV kian memanas. Diawali duet Toyota Avanza-Daihatsu Xenia yang melakukan minor change, disusul Suzuki Ertiga facelift, dan Nissan Livina baru dengan basis Mitsubishi Xpander, kini giliran Honda Mobilio yang bersolek. Namun menurut kami perubahan yang dihadirkan tidak signifikan.

Honda Mobilio 2019 mendapat penyegaran diawal tahun 2019

Honda Mobilio 2019 semakin memanaskan kompetisi Low MPV diawal tahun 2019

Lampu projector yang digunakan sebenarnya pernah juga terpasang pada Honda Mobilio RS generasi pertama. Sehingga bukanlah fitur baru yang bisa dibanggakan. Tampilan interior yang sama persis dengan Honda Brio juga tidak terasa spesial. Kecuali Honda Mobilio RS yang mempunyai aksen lis oranye kami akui mempunyai tampilan eksklusif. Namun tidak menaikkan harga adalah kebijakan tepat mengingat persaingan segmen Low MPV menjadi ketat pada tahun ini.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya dan jika ingin membeli mobil, klik sini untuk lihat ribuan mobil dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Mahmudi Restyanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil