Bagaimana Cara Dunia Menilai Rating Keselamatan Pada Mobil?

Share this post:
Bagaimana Cara Dunia Menilai Rating Keselamatan Pada Mobil?
Salah satu unsur penting dalam sebuah mobil, tentu saja adalah aspek keselamatan. Merespon hal ini, tahukah Anda bagaimana proses penilaian keselamatan mobil? Dalam prosesnya terdapat banyak sekali instansi yang selalu memberikan skor keselamatan dalam Rating bintang satu hingga lima.

Sejarah Penilaian Keselamatan Pada Mobil

Dari sejarahnya, penilaian keselamatan pada mobil dimulai pasca kecelakaan pertama kali di Britania pada tahun 1889. Setelah kejadian tersebut, para penggiat otomotif akhirnya mulai mengedepankan aspek keselamatan diluar dari masalah desain atau performa mesin.

Penliaian Keselamatan Pada Mobil dilakukan oleh institusi seperti NHTSA dengan NCAP-nya ataupun IIHS

Penilaian keselamatan pada mobil dilakukan dalam berbagai kriteria

The New Car Assessment Program (NCAP) adalah metode penilaian keselamatan tersebut. NCAP dimandatkan di bawah Title II of The Motor Vehicle Information and Cost Savings Act of 1973. Acuan tersebut akhirnya menjadi salah satu metode penilaian, apakah sebuah mobil yang dijual kepada masyarakat terbilang aman atau tidak. Ada beberapa hal yang diuji coba seperti Disc Brake (komponen rem), Front Seat Headrests (bantalan kepala pada kursi depan) hingga Seat Belts (sabuk pengaman). Nantinya, hasil penilaian tersebut akan dinamai Safety Rating.

>>> Berencana membeli mobil baru? Coba simak harga mobil lengkap berikut ini

NHTSA

The National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) adalah penggagas NCAP yang menjadi salah satu organisasi pemerintah Amerika Serikat. Kiprahnya sudah dimulai sejak tahun 1970 dengan mengusung misi “Menjaga nyawa, mencegah terjadinya cedera dan mengurangi potensi kecelakaan pada mobil.”

NHTSA adalah aktor penggagas NCAP yang nyatanya masih diberlakukan hingga kini dalam hal penilaian keselamatan mobil

NHTSA adalah organisasi rancangan Pemerintah Amerika Serikat yang menggagas NCAP

Pada tahun 1978, NHTSA menilai keselamatan mobil dari aspek Frontal Impact Protection (perlindungan tabrakan dari arah depan). Kala itu, sistem penilaian diberikan dengan menggunakan model Dummy saja. Perubahan signifikan dimulai pada tahun 1993 yang mana proses penilaian menggunakan 5-Star Program. Mobil yang mendapatkan bintang satu mengindikasikan bahwa tingkat keselamatannya sangat rendah dan paling superior adalah bintang lima yang mengartikan mobil tersebut sangat layak digunakan.

Perkembangan penilaian juga makin meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 1996 misalnya, Side Impact Protection (perlindungan dari benturan samping) juga diadakan sebagai salah satu acuan penilaian keselamatan. Peningkatan juga hadir pada tahun 2013 yang menambahkan RearView Camera (kamera belakang) dan Automatic Emergency Braking (pengereman darurat otomatis) di tahun 2015.

>>> Ingin tahu mobil terbaru apa saja yang dirilis di Indonesia? Coba simak daftar review lengkap kami

Perkembangan NCAP Di Berbagai Negara

Sejarah dan perkembangan NCAP di berbagai negara menggunakan model penilaian serupa dengan NCAP yang dihadirkan oleh NHTSA. Tak dipungkiri memang, dalam dua dekade ini penurunan angka kecelakaan bermotor di Amerika cukup signifikan dari 50.000 menjadi 40.000 kasus.  Hal inilah yang membuat banyak negara untuk mengaplikasikan salah satu kebijakan menarik ini. Di sisi lain, pengujian keselamatan ini juga dapat membuat para industri otomotif untuk terus memberikan peningkatan keselamatan terhadap produknya.

Di Australia serta New Zealand juga dicetuskan program NCAP pada tahun 1992 yang dinamai ANCAP (Australia New Car Assessment Program). Perkembangannya sendiri cukup signfikan dari sejak awal tahun 1992 hingga tahun 2020 mendatang, sudah tersedia berbagai kriteria keselamatan disiapkan untuk menguji mobil-mobil baru.

>>> Baca juga: Inilah 3 Jenis Perbaikan Dengan Biaya Terbesar Pada Mobil Bekas

Perkembangan NCAP di tahun 1992 dan 2018 terlihat banyak sekali kriteria baru

Bisa Anda amati kebijakan NCAP di tahun 1992 (kiri) dan di tahun 2018 meningkatkan kriteria demi menjamin keselamatan pengendara

Negara-negara lain akhirnya juga ikut menghadirkan pengujian NCAP. Seperti halnya, Jepang yang menghadirkan JNCAP, Eropa dengan Euro NCAP hingga ASEAN NCAP. Hingga saat ini, tercatat sudah 9 insitusi berbasis NCAP di seluruh dunia. Tak heran, jika industri otomotif saat ini juga semakin mengembangkan unsur keselamatan di setiap produknya.

IIHS

The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) adalah instansi yang berbeda dengan NHTSA. Jika NHTSA adalah organisasi pemerintahan, IIHS adalah instansi Non-Profit yang didanai oleh perusahaan asuransi. Sejarah IIHS dimulai sejak tahun 1959 yang memiliki misi awal untuk menjaga keselamatan di jalan tol. Namun di tahun 1969, tepat di bawah kepemimpinan William Haddon Jr., M.D., IIHS bertransformasi menjadi institusi yang bertugas untuk mencegah terjadinya kecelakaan bermotor. Dalam upaya tersebut, IIHS memiliki beberapa tugas meliputi:

  • Faktor manusia menjadi salah satu hal penting dalam keselamatan berkendara seperti pengendara di bawah umur, mabuk alkohol dan kelelahan pada pengemudi truk
  • Meneliti tentang fitur keselamatan pada kendaraan yang dipasarkan kepada publik. Poin ini sejatinya memiliki kesamaan dengan NHTSA
  • Meneliti tentang kondisi jalan layaknya desain jalan tol untuk mengurangi dampak kecelakaan serta mencegah adanya potensi kecelakaan dari pinggir jalan tol

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

IIHS memiliki struktur kerja yang lebih banyak dibanding NHTSA

IIHS berdiri secara independen di luar dari Pemerintahan

Adapun penilaian keselamatan mobil pada IIHS berbeda dengan NCAP. Jika NCAP cenderung menggunakan bintang sebagai acuan penilaian, IIHS menggunakan empat metode penilaian yakni Poor, Marginal, Acceptable dan Good. Good adalah penilaian terbaik akan fitur keselamatan pada mobil.

>>> Ikuti terus informasi menarik seputar otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Di Jepang 5 Bintang, Uji Keselamatan Suzuki Swift Buatan India Hanya 2 Bintang

11/10/2018

Pasar mobil

Maruti Suzuki Swift yang dibuat di India hanya mendapatkan bintang dua dari total 5 bintang dalam uji keamanan New Car Assessment Program (NCAP) Global.

Lihat juga

[Kaleidoskop Mitsubishi Xpander 2018] Jadi Mobil Terlaris di Indonesia Hingga Dapat Bintang 4 Di ASEAN NCAP

14/01/2019

Pasar mobil

Rasanya tak ada yang lebih mengejutkan dari perjalanan Mitsubishi Xpander di tahun 2018 selain ia berhasil mengungguli Toyota Avanza menjadi mobil terlaris di Indonesia dalam beberapa bulan secara berturut-turut.

Lihat juga

Bisa Jadi Pilihan! 3 Mobil Teraman Berdasarkan Kelasnya dalam Euro NCAP 2018

14/12/2018

Jual beli

Organisasi Keamanan Mobil Eropa, Euro NCAP telah mengumumkan mobil teraman tahunan terbaik “Best in Class’ atau Terbaik di Kelasnya untuk model 2019. Pengumuman ini dilangsungkan setelah mereka menguji berbagai uji coba tabrakan.

Lihat juga

Jeep Wrangler 2019 Hanya Dapatkan 1 Bintang Euro NCAP

07/12/2018

Pasar mobil

Standar keamanan otomotif Eropa, European New Car Assessment Programme atau Euro NCAP, hanya memberikan peringkat keselamatan bintang satu pada Jeep Wrangler 2019 pada Rabu (5/12) kemarin.

Lihat juga

Kembali Raih Rating Bintang 5 Uji Tabrak NCAP, Mitsubishi Eclipse Cross Jadi Mobil Paling Aman

23/06/2018

Mobil baru

SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross kembali mendapatkan rating bintang 5 dalam program uji tabrak mobil baru, NCAP (New Car Assessment Program).

Lihat juga