Ini Cara Mengemudi Mobil Matic Avanza Veloz

26/04/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Ini Cara Mengemudi Mobil Matic Avanza Veloz
Cara mengemudi mobil matic Avanza Veloz sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil matic lain. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai mobil ini

Populasi Toyota Avanza di Indonesia sudah tidak bisa lagi dihitung. Sejak kemunculannya, Avanza langsung menjadi mobil yang fenomenal bersama dengan saudara kembarnya, Daihatsu Xenia. Dan demi mengakomodir permintaannya yang membludak, Toyota dan Daihatsu pun seiring waktu terus melengkapi varian dari mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle) ini.

Mulai dari menghadirkan tipe transmisi manual dan otomatis, menyodorkan varian yang memakai mesin 1.300 cc dan 1.500 cc, hingga menawarkan tipe tertinggi seperti Avanza Veloz. Habatnya, semua tipe ini pun laris manis dipasaran.

Mungkin Anda satu dari sekian ratus ribu pengguna Toyota Avanza Veloz. Atau boleh jadi Anda kini tengah mempertimbangkan untuk membeli Avanza Veloz. Namun masih ragu untuk memilih apakah yang transmisi otomatis atau manual. Kalau pilih yang manual sepertinya kurang praktis untuk berkendara di kota-kota besar dengan lalu lintas padat. Namun kalau pilih yang transmisi otomatis, Anda belum begitu paham cara mengemudi mobil matic Avanza Veloz.

Jangan khawatir, karena kali ini tim Cintamobil.com akan berikan tips bagaimana cara mengemudi mobil matic Avanza Veloz.

1. Hidupkan Mesin

injak pedal rem mobil

Pastikan injak dahulu pedal rem baru putar kunci kontak untuk menghidupkan mesin

Pertama-tama sebelum mengetahui cara mengemudi mobil matic baik Toyota Avanza Veloz maupun mobil lainnya, Anda harus lebih dulu menghidupkan mesin mobil tersebut. Perlu dicatat ya, cara menghidupkan mesin mobil matic agak sedikit berbeda dibanding mobil bertransmisi manual.

Yaitu Anda harus menginjak pedal rem terlebih dulu, kemudian pastikan tuas transmisi ada di posisi "P" (Parking). Baru selanjutmya putar kunci kontak sampai mesin menyala.

>>> Awas, Ini Bahaya Injak Pedal Rem Mobil Matik Pakai Kaki Kiri

2. Perhatikan Posisi Kaki

Tuas transmisi matic Avanza Veloz

Selama mengemudi mobil matik maka kaki kiri istirahat bekerja

Kemudian sebelum mulai mengemudi, pastikan Anda hanya menggunakan kaki kanan ketika mengemudi mobil matic. Kaki kanan ini dipakai untuk menginjak pedal gas dan juga menginjak pedal rem. Sementara kaki kiri yang biasanya digunakan untuk menginjak pedal kopling pada mobil transmisi manual, hal itu tidak berlaku pada mobil matic. Jangan lakukan pengereman dengan menggunakan kaki kiri ya...

>>> Baru atau Bekas: 5 Mobil Matic Murah untuk Wanita Harga Rp100 Jutaan

3. Pahami Arti Huruf dan Angka di Transmisi Matic

Arti huruf dan angka di transmisi matic

Hal terpenting yang perlu diketahui sebagai tahapan cara mengemudi mobil matic, baik untuk Toyota Avanza Veloz maupun mobil matic lainnya adalah memperhatikan arti huruf dan angka di tuas transmisi tersebut. Untuk Toyota Avanza termasuk Avanza Veloz, biasnya terdapat beberapa huruf dan angka. Antara lain "P", "R", "N", "D", "D-3", "2", "1" atau "L". Semua huruf dan angka tersebut ada maknanya. Berikut penjelasannya:

>>> Jenis Model Transmisi Otomatis, Apa Saja Perbedaanya?

  • P berarti Parking. Posisi transmisi ini digunakan ketika mobil sama sekali tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama, misalnya ketika parkir.
  • R berarti Reverse atau mundur. Ini merupakan posisi tuas transmisi jika Anda hendak memundurkan mobil.
  • N berarti Netral. Yaitu posisi untuk membuat mobil tidak melaju. Akan lebih baik sata posisi N, Anda juga menginjak pedal rem.
  • D berarti Drive. Yaitu posisi gigi yang membuat mobil melaju normal dengan sistem komputasi pada mobil yang akan mengatur posisi gigi secara otomatis sesuai besaran tekanan gas dari pengemudi.
  • D-3 yakni posisi transmisi yang memungkinkan mobil melaju namun gigi tidak akan bergerak lebih dari gigi 3.
  • D-2 yakni posisi transmisi yang memungkinkan mobil melaju namun gigi tidak akan bergerak lebih dari gigi 2. Biasanya posisi ini dipakai untuk menghadapi jalan menanjak dengan sudut kemiringan cukup curam.
  • D-1 atau L merupakan posisi transmisi yang memungkinkan mobil melaju namun posisi gigi tidak lebih dari gigi 1. Biasanya posisi ini digunakan untuk kendaraan saat harus menerobos jalan tergenang atau banjir namun tidka terlalu tinggi. Bisa juga untuk berkendara pada kondisi jalan menanjak serta kendaraan lalu lintas cukup padat atau bahkan macet.

>>> Penyebab Transmisi Matic Ngelos dan Cara Mencegahnya

4. Mematikan Mesin

kunci kontak mobil

Sebaiknya matikan dahulu headunit serta AC baru matikan mesin mobil

Setelah mengetahui cara mengemudi mobil matic Avanza Veloz, maka langkah selanjutnya Anda juga harus mengerti bagaimana cara matikan mesin mobilnya. Yaitu, setelah mobil terparkir dengan baik dan rapih, pastikan tuas transmisi diposisi P. Kemudian jangan lupa matikan terlebih dulu headunit kemudian matikan AC. Tunggu sekitar 1-2 menit baru injak pedal rem dan putar kunci kontak ke posisi Off sampai mesin benar-benar berhenti bekerja. Kebiasaan mematikan AC dan headunit terlebih dahulu ini akan memperpanjang usia pakai kedua komponen tersebut.

>>> Tips dan trik menarik lainnya tentang mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top