Bukan Varian Asli, Ini Tips Modifikasi untuk Jadi "Honda Brio Type R"

15/08/2021

Pengemudian

5 menit

Banyak yang tertipu dengan nama Honda Brio Type R. Tapi Anda bisa menambah modifikasi untuk membuat Brio Anda lebih sporty seperti pada varian Civic Type R.

Melakukan modifikasi pada kendaraan seperti mobil, jadi salah satu cara untuk meningkatkan tampilannya. Bagi mobil yang telah dibekali dengan konsep sporty, mungkin tidak memerlukan banyak aksesori tambahan dibanding mobil berkonsep simple seperti city car kebanyakan.

Bahkan tampilan mobil seperti Brio tipe biasa dapat diubah menjadi layaknya "Honda Brio Type R" dengan sedikit modifikasi. Kendaraan tampil lebih sporty hanya menambahkan body kit saja. Bahkan, mampu membuatnya tampak seperti Civic Type R yang merupakan hatchback kelas atas dari Honda. Seperti apa? Simak ulasan ini untuk tahu lebih lanjut. 

Pemasangan Bodykit Civic Type R untuk Tampilan Sporty

Modifikasi Honda Brio kuning

Modifikasi "Honda Brio Type R"  ala Honda Civic Type R

Mobil Brio yang kental akan konsep simple dan cocok untuk keseharian kini bisa berubah jadi lebih sporty hanya dengan menggunakan body kit. Tema sporty dianggap masih menjadi pilihan populer. Apalagi, saat ini konsepnya lebih fungsional dan masih bisa dikendarai sehari-hari. Sehingga tidak hanya tampilan luarnya saja yang diubah tapi juga tetap memikirkan aspek kenyamanan dan keamanan saat digunakan.

Mungkin bagi Anda yang aktif di sosial media seperti Instagram dan Youtube, pernah melihat konten "Honda Brio Type R "warna kuning dengan body kit ala Honda Civic Type R. Body kit yang digunakan terinspirasi dari desain mobil sporty Honda Civic.

Seketika, tampilannya Brio pun jadi lebih atraktif. Sebuah produsen velg aftermarket lokal, HSR Wheel pernah membuka pesanan pre-order body kit ala Honda Civic Type R buat Honda Brio dengan harga sekitar Rp 4,5 juta. Harga yang cukup terjangkau bukan untuk memodifikasi tampilan mobil?

>>> Konsep Modifikasi Simple Honda Brio Abu-Abu, Cocok Buat Keseharian

Hanya Berlaku Bagi All New Brio Terbaru

Honda Brio kuning

Set body kit ala Civc Type R ada di All New Brio

Jangan terkecoh dengan nama Honda Brio Type R karena sebenarnya hasil modifikasi mobil Honda Brio yang menggunakan body kit Civic Type R. Body kit Type R yang digunakan untuk Brio, merupakan paket body kit yang meliputi bumper depan, side skirt, bumper belakang dengan diffuser yang memberi ruang untuk penempatan knalpot tengah ala Honda Civic Type R. Namun, paket tersebut belum termasuk spoilernya. 

Anda jadi salah satu yang beruntung jika memiliki All New Brio, karena set body kit ala Civic Type R hanya berlaku bagi seri terbaru saja dan tidak berlaku bagi Brio tipe lama. Pengaplikasian pada Brio lama memerlukan banyak perubahan pada mobil, sehingga biaya yang dikeluarkan pun jadi lebih besar. 

Seluk Beluk Mobil Sport Honda Civic Type R

Honda Civic Type R

Honda Civic Type R terinspirasi dari mobil balap

Bagi pecinta mobil sport, kehadiran Honda Civic Type R tentu menjadi angin segar. Pasalnya sejak diluncurkan tahun 2017, baru kali ini Civic Type R mendapat peremajaan pada sektor eksterior, interior, fitur, performa, hingga kenyamanan saat berkendara. 

Mobil seharga Rp 1 miliar ini memiliki desain eksterior yang terinspirasi dari mobil balap. Terdapat beberapa ornamen seperti side skirt, carbon effect, serta Underbody Spoiler Kit dengan Red Stripping di beberapa sudut eksteriornya. Pada sektor pencahayaan juga dilengkapi dengan Full LED headlights dan LED (DRL) Daytime Running Lights. 

Pada New Honda Civic Type R, terdapat sentuhan baru yang terletak pada desain bumper depan dan belakang yang menggunakan diffuser. Rear Wing Spoiler pada Civic Type R dibuat lebih mencolok dengan Vortex Generator di atap belakang.

Mobil ini juga menggunakan velg Alloy berukuran 20 inci dengan desain yang baru. Tidak hanya itu, mobil juga dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitor System yang berguna untuk memonitor tekanan angin dari panel instrumen. Tak heran, tampilannya yang sporty dan elegan membuat banyak orang terinspirasi akan desain eksterior Honda Civic Type R. 

>>> Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Honda Brio Dp Rp 50 Juta

Inspirasi Modifikasi Brio Type E

Mobil Honda Brio tidak hanya bisa dimodifikasi dengan body kit Honda Civic Type R saja. Ada juga inspirasi modifikasi untuk Brio Type E untuk tampilan yang elegan dan berkelas. Brio type E yang awalnya terlihat biasa saja justru tampil segar. Modifikasi total dilakukan mulai dari kaki-kaki, bodyworks, mesin, interior, hingga audio. 

Honda Brio E

Modifikasi eksterior Brio E untuk tampilan beda

Pada bagian kaki yang paling menonjol adalah penggunaan air suspension lansiran AirGen 2 titik dan velg langka lansiran BBS. Pada bodyworks juga memilih warna hijau candy xyralic yang sangat unik. Sebab, warna tersebut sangat jarang ditemukan pada Brio.

Jika Anda ingin membuat mobil jadi lebih mewah pada bagian interior, maka lapisan bahan dari MBtech dapat dijadikan pilihan. Seketika, Brio Type E milik Anda jadi berbeda dan menarik bukan?

Harga Honda Brio 

Saat ini, harga dari All New Brio berkisar mulai dari Rp 151 jutaan. Jika Anda ingin melakukan modifikasi tambahan, tentu harus mengeluarkan biaya ekstra. Misalnya untuk tampilan seperti Civic Type R, Anda akan butuh body kit yang harganya Rp 4,5 juta.

Harga tersebut belum termasuk pemasangan dan tambahan aksesori yang lain. Selain itu, kalau ingin mengubah bagian interiornya agar terlihat mewah, maka juga perlu biaya tambahan, terutama ketika memilih bahan berkelas seperti MB Tech. 

Berikut ini harga Honda Brio terbaru untuk seluruh tipe.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA BRIO BARU (OTR)

Honda Brio Satya S M/T

Rp 151.000.000

Honda Brio Satya E M/T

Rp 160.400.000

Honda Brio Satya E CVT

Rp 175.400.000

Honda Brio RS M/T

Rp 181.300.000

Honda Brio RS CVT

Rp 196.200.000

Honda Brio RS Urbanite M/T

Rp 187.300.000

Honda Brio RS Urbanite CVT

Rp 201.700.000

Sebenarnya ada banyak gaya atau style modifikasi yang bisa dipilih. Jika Anda termasuk salah satu yang memilih sporty, maka bisa menerapkan perubahan seperti yang telah dijelaskan di atas. Apakah tertarik untuk mengubah tampilan "Honda Brio Type R" menjadi seperti Civic Type R?

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga honda brio?
Harga Honda Brio dimulai dari Rp 151.000.000
Apa saja modifikasi untuk Honda Brio?
Anda bisa melakukan modifikasi pada bagian interior seperti jok dan audio, eksterior dengan memasang cutting sticker, atau modifikasi pada bagian mesin
Berapa biaya modifikasi Honda Brio?
Biaya modifikasi Honda Brio tergantung dari jenis modifikasi yang Anda lakukan.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top