Dear Ladies, Jangan Asal Pakai Alas Kaki untuk Menyetir Ya!

28/01/2021

Pengemudian

4 menit

Pemilihan alas kaki merupakan satu hal penting saat berkendara. Untuk itu, bagi wanita jangan asal pakai alas kaki untuk menyetir agar tak berbahaya ya.

Penampilan memang penting, tapi keselamatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Apalagi ketika Anda sedang menyetir. Selain harus fokus menjaga konsentrasi, ada sejumlah hal yang bisa dihindari saat menyetir. Salah satunya adalah memilih alas kaki. 

alas kaki untuk menyetir

Pilihlah alas kaki yang nyaman

Alas kaki ini punya jenis yang beragam. Apalagi untuk kaum hawa, pilihan alas kaki biasanya disesuaikan dengan tampilannya sehari-hari. Tapi kalau urusan berkendara, para wanita tak boleh asal memilih alas kaki untuk menyetir

Mengutip laman Riders Digest, Kamis (28/1/2021), salah satu praktisi keselamatan dan analis edukasi Driver'sEd, Laura Adams menyebut bahwa salah memilih alas kaki untuk menyetir dapat berisiko meningkatkan kecelakaan. Untuk itu, ada baiknya bagi para Anda kaum wanita mengetahui jenis alas kaki yang sebaiknya dihindari untuk digunakan saat berkendara berikut. 

>>> 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pengendara Wanita Sebelum Menyetir

1. Sendal jepit

Sendal jepit

Hindari untuk menggunakan sendal jepit

Penggunaan sendal jepit saat berkendara bisa membahayakan. Dibandingkan alas kaki lainnya, sendal jepit disebut-sebut lebih membahayakan untuk digunakan ketika menyetir. Mengapa demikian? Dikhawatirkan sendal bisa tersangkut di bawah pedal atau cenderung licin. 

"Ini sangat tidak aman dan berbahaya, khususnya jika seorang harus menginjak pedal rem dan gas dalam waktu singkat," ungkap salah satu pemilik sekolah mengemudi Pennsylvania Ronit Tehrani. 

Sendal jepit juga tak memiliki penyangga di bagian belakang kaki. Jenis sendal lain pun demikian. Maka dari itu sebisa mungkin hindari untuk menggunakan sendal saat menyetir. 

2. Wedges

Dengan solnya yang tinggi, membuat kaki Anda jauh dari pedal. Ini membuat Anda akan kesulitan dalam mengontrol jumlah tenaga yang dibutuhkan mobil atau seberapa dalam harus mengerem. Padahal kontrol kaki yang tepat amat dibutuhkan ketika menyetir. 

"Anda bisa terpeleset saat menginjak pedal atau bahkan menginjak dua pedal langsung secara bersamaan," ungkap Adams. 

>>> Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Membeli Mobil untuk Wanita

3. Sepatu Hak Tinggi

sepatu hak tinggi

Hak tinggi juga amat tak direkomendasikan untuk digunakan saat menyetir

Sepatu hak tinggi bukanlah alas kaki ideal untuk menyetir. Saat menyetir, tumit Anda harusnya berada di dasar mobil. Dengan adanya hak tinggi, tumit Anda justru menjauh dan sulit untuk menginjak pedal rem maupun gas. 

"Untuk bisa mengontrol pedal dengan baik, tumit kaki harus berada di lantai kendaraan," tegas Adams. 

4. Sepatu Baru

Jangan salah, sepatu baru juga bukan alas kaki yang pas saat digunakan menyetir. Biasanya, sepatu baru punya sol yang masih mulus dan licin. Ini justru dapat membahayakan. Dikhawatirkan kaki Anda bisa terselip saat menginjak pedal. 

5. Tanpa Alas Kaki

tanpa alas kaki

Jangan juga tak menggunakan alas kaki

Tanpa alas kaki pun bukan hal yang benar saat menyetir. Ini bukanlah pilihan yang aman. Tanpa menggunakan alas kaki berpotensi membuat Anda menaruh tekanan berlebih pada pedal. Hal tersebut sangat berbahaya apalagi ketika sedang mengerem. 

>>> 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Wanita saat Berkendara

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top