5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Wanita saat Berkendara

15/01/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Wanita saat Berkendara
Seringkali tak disadari, kebiasaan buruk bisa membahayakan wanita saat berkendara. Apa saja kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari kaum hawa saat berkendara?

Wanita seringkali dianggap tak ahli kalau berurusan dengan dunia otomotif. Tapi perlu diketahui bahwa kemampuan berkendara tak bisa diukur dari jenis kelaminnya. Meski begitu, tak sedikit wanita yang sering mengabaikan keselamatan berkendara dengan melakukan sejumlah kebiasaan buruk. 

Perlu diingat, kebiasaan buruk tak hanya dilakukan bagi Anda pengendara pemula. Banyak juga mereka yang sudah ahli menyetir secara sadar mengulangi kebiasaan buruk itu. Nah apa saja kebiasaan buruk yang harus dihindari wanita saat berkendara? Berikut penjelasannya. 

>>> Ada Peran Wanita Indonesia di Balik Fitur Autopilot Tesla

1. Memakai Make Up saat Lampu Merah 

make up saat nyetir

Menepilah kalau Anda ingin berdandan

Pemandangan wanita menggunakan make up saat lampu merah tak asing lagi bagi Anda. Ya, wanita tak jarang memanfaatkan waktu 1-2 menit menunggu lampu merah untuk berdandan. Mungkin Anda sangat sibuk dan terburu-buru sehingga harus sudah tampil cantik ketika turun dari mobil. 

Tapi perlu dipahami, berdandan saat menunggu lampu merah itu berbahaya. Berkendara bukanlah pekerjaan mudah dan membutuhkan konsentrasi penuh. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan waktu berdandan di tempat parkir. Atau sesudah turun dari mobil, carilah toilet untuk berdandan. Waktu berdandan di toilet pun tak mengharuskan Anda terburu-buru layaknya menunggu lampu merah. 

2. Mengerjakan Kegiatan Lain

Mengerjakan kegiatan lain saat berkendara mungkin sering dilakukan tanpa disadari misalnya saat membaca pesan di handphone. Namun, seperti dijelaskan sebelumnya bahwa berkendara merupakan aktifitas yang membutuhkan konsentrasi penuh. Lengah beberapa detik saja bisa membahayakan keselamatan. 

Bila Anda memang harus membalas pesan atau menelepon, ada baiknya mencari tempat untuk menepi. Ini dapat mengurangi risiko kecelakaan saat berada di jalan. 

3. Berkendara saat Tubuh Lelah atau Mengantuk

wanita berkendara

Pastikan tubuh bugar saat berkendara

Berkendara dalam keadaan tubuh lelah dan juga mengantuk mungkin saja tak bisa dihindarkan bagi kaum hawa. Dapat dimengerti bagi wanita pekerja dan sekaligus mengurus rumah tangga bisa membuat kondisi tubuh cepat lelah. 

Bila Anda merasa lelah, ada baiknya untuk tak menyetir. Tubuh yang lelah dapat menganggu konsentrasi ketika berkendara. Ujung-ujungnya keselamatan menjadi taruhannya. 

>>> 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Oleh Wanita saat Berkendara Sendiri

4. Duduk dengan Posisi yang Salah

Tak semua orang tahu bagaimana posisi duduk yang benar ketika berkendara. Padahal, dengan posisi duduk yang benar, Anda bisa mengontrol penuh mobil. Hindari untuk menyandarkan tangan di jendela mobil karena dengan posisi ini Anda tak bisa bereaksi cepat ketika ada hal berbahaya terjadi. 

Posisikan tangan mengikuti jam 3 dan jam 9 pada setir. Ini merupakan posisi ideal ketika berkendara. 

5. Tak Mau Tahu Soal Mobil

wanita berkendara

Pahami permasalahan yang kerap terjadi pada mobil

Kalau bicara mobil, kebanyakan kaum wanita hanya bisa menggunakannya. Sedikit dari mereka yang mengeri seluk beluk mesin dan komponen lainnya. Ada baiknya bagi Anda mengetahui masalah-masalah ringan yang kerap menjangkiti mobil juga cara mengecek mesin, air, serta komponen lainnya. Jangan sepelekan masalah sekeci apapun pada mobil sekalipun itu hanya suara ataupun getaran. Kalau lama-lama didiamkan bisa jadi membahayakan mobil Anda. 

>>> 4 Atribut yang Sebaiknya Dihindari Pengendara Wanita saat Menyetir

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

[INFOGRAFIK] Wanita Tangguh di Hari Ibu, 5 Pembalap Wanita di Formula 1

22/12/2020

Pasar mobil

2 menit

Tak banyak yang mengira jika ada pembalap wanita pernah berlaga di balapan Formula 1. Dan memperingati Hari Ibu kali ini, Cintamobil.com berikan lima daftarnya.

Lihat juga

Baru atau Bekas: 5 Mobil Matic Murah untuk Wanita Harga Rp100 Jutaan

19/04/2020

Jual beli

3 menit

Tak perlu mencari lebih lama lagi, ini dia pilihan 5 mobil matic murah untuk wanita yang bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp100 jutaan hanya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Kyoko Shimada, Pelopor 'Sentuhan' Wanita di Mobil Nissan

10/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Mari kenal lebih dekat dengan Kyoko Shimada, ia adalah wanita pertama dalam sejarah yang menjadi desainer mobil di Jepang dan memberi sentuhan di produk Nissan

Lihat juga

Dubai untuk Pertama Kalinya Rekrut Wanita Jadi Pengemudi Bus

17/07/2020

Event - Promosi

4 menit

Dubai baru saja merekrut tiga orang wanita yang akan menjadi pengemudi bus. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam kesetaraan gender di beragam pekerjaan.

Lihat juga

Dalam Studi Ditemukan Pengemudi Pria Lebih Suka Ngebut dari Wanita

26/06/2020

Pengemudian

4 menit

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Inggris oleh sebuah perusahaan asuransi, pengemudi pria ditemukan lebih sering kebut-kebutan dibanding kaum hawa.

Lihat juga
 
back to top