Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Membeli Mobil untuk Wanita

24/01/2021

Jual beli

4 menit

Membeli mobil bagi kaum wanita bukan pekerjaan mudah. Supaya tak salah pilih dan menyesal di kemudian hari ketahuilah tips membeli mobil untuk wanita.

Minimnya pengetahuan soal otomotif, tak jarang membuat kaum hawa dipandang sebelah mata. Apalagi saat hendak membeli mobil. Padahal berdasarkan data yang dihimpun Forbes, kaum hawa memiliki peran besar saat membeli mobil, baik untuk dirinya sendiri ataupun keluarga. 

Maka dari itu, ada baiknya kaum wanita memahami sederet tips penting membeli mobil supaya tak menyesal nantinya.  

>>> Sistem WHIPS Volvo Berikan Perlindungan Tabrakan Mobil untuk Wanita

1. Ketahui Budget yang Anda Miliki

Ini merupakan tips membeli mobil untuk wanita yang perlu diperhatikan pertama kali. Ketahui berapa besar budget yang Anda miliki untuk membeli mobil. Bila Anda berencana untuk membeli secara dicicil, pastikan pengeluaran tiap bulan di luar cicilan masih dapat terpenuhi. 

Selain cicilan, ada baiknya juga Anda menghitung besar biaya lain seperti asuransi, pajak yang harus dibayar, tarif parkir, uang bensin, dan juga perawatannya. Ya, kalau sudah memiliki mobil artinya seluruh biaya yang dikeluarkan saat mengendarainya menjadi tanggung jawab Anda. Jangan sampai Anda bisa membayar cicilan mobil namun tak mengurus pajak-pajaknya. Hindari untuk membeli mobil karena sebatas menyukai modelnya tapi mengesampingkan faktor harga. 

wanita membeli mobil

Pastikan Anda memiliki budget yang sudah disesuaikan dengan pengeluaran

2. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Pilihan model mobil di zaman sekarang kian banyak. Mulai dari sedan, MPV, hingga SUV bisa Anda beli. Tapi sebelum memilih model yang pas, pastikan apa yang Anda butuhkan saat membeli mobil tersebut. Maksudnya, bila Anda membutuhkan mobil yang mobilitas sehari-hari dan digunakan sendiri ada baiknya memilih jenis city car. Namun bila mobil nantinya akan digunakan untuk mengangkut banyak anggota keluarga, sebaiknya pilihlah MPV atau kendaraan berkapasitas tujuh penumpang lainnya. 

Kalau kebutuhannya sudah dipikirkan, Anda juga bisa memilih model sesuai dengan gaya sehari-hari. Jangan lupa untuk memikirkan performa, kenyamanan, dan ketangguhannya. Kemudian satu hal penting yang dapat dipertimbangkan adalah seberapa hemat penggunaan bahan bakar dan layanan purna jualnya. 

>>> 4 Atribut yang Sebaiknya Dihindari Pengendara Wanita saat Menyetir

3. Gali Banyak Informasi Sebelum Membeli 

Sebelum pergi ke dealer untuk memutuskan membeli mobil, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan berselancar di internet. Kunjungi situs jual-beli mobil. Bandingkan juga harga suatu model pada sejumlah dealer. 

Anda juga bisa bertanya kepada kerabat yang lebih paham soal seluk beluk mobil supaya tak salah memilih nantinya. 

wanita membeli mobil

Mintalah untuk melakukan tes drive

4. Tes Drive

Untuk memastikan bahwa model yang dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, mintalah untuk melakukan test drive. Ingat, ini hanyalah sebuah test drive tak berarti Anda diwajibkan untuk membelinya. Ini menjadi tips membeli mobil untuk wanita yang seringkali terlupakan.

Bila Anda merasa cocok, bisa memilih model lain sekaligus mencari yang pas dan nyaman dikendarai. Saat melakukan test drive, pastikan semua komponen berfungsi normal. Manfaatkanlah waktu test drive untuk bertanya sebanyak mungkin soal mobil yang Anda akan beli tersebut beserta kelebihan dan kekurangannya. 

wanita membeli mobil

Tanya sebanyak mungkin saat tes drive

>>> 7 Tips Penting Mencari Mobil yang Cocok untuk Wanita Pemula

5. Tahu Kapan Harus Menghindar

Namanya membeli mobil terkadang muncul rasa tidak sreg baik itu karena model ataupun hal lainnya. Nah kalau sudah begitu ada baiknya untuk menghindar. Tapi kapan waktu yang tepat untuk menghindar? Bila sales berbicara merendahkan wanita, negosiasi berlangsung alot hingga timbul perasaan tidak enak, dan merasa ada yang aneh saat akan melakukan transaksi. 

6. Transaksi

Kalau Anda sudah memutuskan mobil apa yang pas dan setuju akan harganya, kini tinggal melakukan transaksi. Carilah waktu yang santai agar Anda tak terburu-buru saat bertransaksi. 

>>> 5 Pilihan Mobil untuk Wanita Aktif

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. 
Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 
Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top