Nggak Cuma Lewat Samsat, Ini Cara Cek Pajak Mobil Jakarta

18/04/2021

Pengemudian

4 menit

Anda bisa membayar pajak kendaraan tanpa harus keluar rumah. Untuk mengetahui besaran pajak, simak cara cek pajak mobil Jakarta di sini!

Di kondisi pandemi seperti ini, banyak orang tentu menghindari kerumunan untuk mencegah penularan COVID-19. Untungnya jika mobil Anda berplat nomor kendaraan B alias tinggal di DKI Jakarta, ada banyak cara cek pajak mobil Jakarta. Tak perlu keluar rumah, apalagi pergi ke samsat untuk urusan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Apalagi Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta sudah membatasi jam operasional dan mengalihkan pelayanan pembayaran pajak melalui online. Nah, bagaimana cara mengecek dan melakukan pembayaran pajak tanpa harus ke kantor Samsat?

Kewajiban Membayar Pajak Mobil

Gambar pajak mobil di STNK

Anda bisa cek pajak mobil Jakarta di lembar STNK 

Untuk semua pemilik kendaraan bermotor tanpa terkecuali memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Kendaraan perlu memiliki Surat Nomor Kendaraan (STNK) yang diterbitkan bersamaan dengan pembayaran pajak sebagai bukti registrasi yang sah.

Untuk pajak mobil Jakarta dan kendaraan bermotor lainnya seperti sepeda motor, kendaraan roda tiga, atau truk aturannya sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor dan Perda Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Perda DKI Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor. Pada Pasal 2 Nomor 8 Tahun 2010 disebutkan “Dengan nama Pajak Kendaraan Bermotor, dipungut pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor”.

Jadi setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor wajib membayarkan pajaknya secara rutin, di mana pembayarannya dilakukan setiap setahun sekali. Selain pembayaran pajak rutin setahun sekali, saat Anda membeli kendaraan bermotor, Anda juga diwajibkan atas pajak pertama yang biasa diurus oleh dealer, kemudian ada juga pajak setiap lima tahun sekali.

>>> Yuk, Cari Tau Daftar Pajak Mobil Toyota

Cara Cek Pajak Mobil Jakarta Via Online

Tampilan aplikasi cek pajak mobil via online

Untuk warga DKI Jakarta cek pajak mobil melalui aplikasi

Sebelum membayar pajak mobil, Anda sebaiknya mengetahui dulu nominal pajak yang harus dibayarkan. Anda bisa cek pajak kendaraan bermotor Jakarta tanpa harus keluar rumah. Manfaatkan teknologi digital melalui smartphone Anda.

  • Anda bisa melihat besaran pajak secara konvensional langsung di lembar STNK. Di sana tertera besaran pajak yang harus dibayarkan setiap tahun secara terperinci.
  • Cek pajak dengan layanan SMS dan Unstructured Supplementary Service Data (USSD). Ketik METRO (spasi) Plat Nomor Kendaraan Anda, misalnya METRO B1626GJB lalu kirim ke 1717. Sedangkan untuk layanan USSD, gunakan panggilan *368*1# Nanti akan ada beberapa pilihan, ikuti saja langkah selanjutnya, seperti memasukkan nomor kendaraan tanpa menggunakan spasi.
  • Untuk cek pajak mobil Jakarta via online, Anda bisa kunjungi https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ lalu masukkan nomor kendaraan dan NIK pada kolom yang tersedia. Setelahnya akan ada info jumlah pajak yang harus dibayarkan.
  • Anda juga bisa download aplikasi informasi pajak. Download aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta atau SAMOLNAS yang bisa didownload di Play Store atau App Store. Anda perlu registrasi terlebih dahulu dengan memasukkan nomor kendaraan dan NIK.

>>> 4 Cara Cek Pajak Mobil Jakarta Paling Mudah!

Cara Bayar Pajak Kendaraan

Nah, setelah mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan, Anda bisa menyiapkan dananya. Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menerima pembayaran pajak di beberapa kantor Samsat masing-masing wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

Besaran pajak di depan mobil samsat kelilinh

Selain memanfaatkan online, pemilik kendaraan juga masih bisa lapor pajak mobil di samsat keliling

Namun, saat ini seringkali gerai Samsat beroperasi atau melalui mobil Samsat yang keliling ke lokasi yang ditentukan. Anda bisa mendatangi lokasi dengan membawa STNK dan KTP asli. Jangan khawatir jika Anda sibuk sehingga tak sempat ke kantor pajak. Saat ini kepolisian dan pemerintah daerah mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan via online, melalui fasilitas e-Samsat. Berikut ini cara bayar pajak mobil online, khusus di DKI Jakarta.

1. Bayar Pajak Mobil via e-Samsat

Cara bayar pajak online melalui e-Samsat pun mudah. Kunjungi https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/, masukkan kode dan dapatkan konversi nomor polisi, lalu bayar ke ATM. Selalu simpan struk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Anda jika tidak sempat lapor ke Samsat. Jadi, jika polisi melakukan pemeriksaan, Anda bisa menunjukkan bukti pembayaran.

2. Bayar Pajak Melalui ATM

Salah satu cara bayar pajak mudah adalah melalui ATM. Ikuti caranya berikut ini:

  • Kunjungi mesin ATM terdekat
  • Pilih menu "Bayar" lalu ke "Menu Lainnya"
  • Kemudian pilih menu "Pajak / Penerimaan Negara"
  • Pilih menu "e-Samsat"
  • Lalu masukkan Nomor Polisi (Nopol) atau ikuti petunjuk di ATM
  • Bayar PKB
  • Simpan struk pembayaran lewat ATM

>>> 5 Jenis Pajak Mobil Mewah yang Wajib Dibayar Pemiliknya

3. Cara Bayar Pajak Melalui SMS

Selain mendatangi kantor Samsat atau melalui website e-Samsat, Anda juga bisa menggunakan fitur SMS. Caranya pun mudah!

  • Kirim SMS ke nomor Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat 08112119211 dengan format esamsat (nomor chasis kendaraan (nomor identitas) (email)
  • Lakukan pengecekan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau KTP, pencurian kendaraan bermotor, dan blokir di server Polda.
  • Tunggu balasan SMS yang berisi kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.
  • Bayar melalui ATM.
  • Setelah selesai, tunggu SMS konfirmasi.
  • Setelahnya, kunjungi kantor Samsat untuk menukar struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD).

Nah, itu dia cara mengetahui nominal besaran pajak dan cara membayar pajak yang perlu Anda ketahui. Untuk mempermudah, selalu cek pajak mobil Jakarta melalui online. 

>>> Baca tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Bisakah bayar pajak mobil Jakarta melalui online?
Tentu bisa. Anda bisa mendownload aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, bayar melalui website atau e-Samsat, atau melalui SMS.
Berapa biaya pajak mobil?
Besaran pajak tergantung pada jenis mobil.
Di mana saya bisa bayar pajak mobil secara langsung?
Anda bisa datang ke Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta untuk membayar pajak mobil atau ke kantor Samsat masing-masing wilayah (Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.)
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top