4 Cara Cek Pajak Mobil Jakarta Paling Mudah!

23/01/2021

Jual beli

4 menit

Dimanapun lokasinya saat ini semakin mudah untuk mengetahui besar pajak kendaraan bermotor. Dan berikut 3 cara cek pajak mobil Jakarta yang cukup mudah.

Enaknya jaman sekarang dimana teknologi memberikan kemudahan cara cek pajak mobil Jakarta dan cek pajak kendaraan bermotor Jakarta jenis lain seperti sepeda motor, kendaraan bermotor roda tiga, hingga truk dan bus untuk aktivitas komersial.

Dan bukan hanya untuk mengetahui besaran pajak yang harus dilunasi, teknologi juga memungkinkan pemilik melakukan pembayaran secara online. Sehingga meski belum diberikan STNK baru karena tengah berada di luar kota, pajak kendaraan sudah dinyatakan lunas. Di waktu yang berbeda pemilik tinggal datang ke kantor Samsat, gerai Samsat, atau Samsat keliling untuk melakukan pencetakan.

Sebagaimana diketahui, memiliki kendaraan bermotor berarti tambah satu kewajiban sebagai warga negara, yaitu membayar pajak. Hal tersebut karena kendaraan bermotor tidak memiliki legalitas beroperasi di jalan raya jika tidak ada bukti registrasi yang sah. Kendaraan harus memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan STNK diterbitkan bersamaan dengan pelunasan pajak.

Pada Pasal 68 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutkan “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan wajib dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.”

Pada pasal berikutnya yaitu Pasal 70 ayat (2) disebutkan, “Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor berlaku selama 5 (lima) tahun, yang harus dimintakan pengesahan setiap tahun.”

Foto Mobil plat B terparkir di depan rumah

Pemilik mobil wajib membayar PKB sesuai ketentuan

Pajak mobil Jakarta

Untuk pajak mobil serta kendaraan bermotor di Jakarta, aturannya tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) DKI Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor dan Perda Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Perda DKI Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pajak Kendaraan Bermotor. Pada Pasal 2 Nomor 8 Tahun 2010 disebutkan “Dengan nama Pajak Kendaraan Bermotor, dipungut pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor.”

Lebih mudahnya, setiap orang yang memiliki atau menguasai kendaraan bermotor wajib membayarkan pajaknya secara rutin. Adapun pembayarannya sendiri dilakukan setiap dua belas (12) bulan atau satu tahun dan dibayarkan dimuka. Pajak pertama dibayar saat pembelian dan biasanya diurus oleh pihak dealer.

Dua belas bulan berikutnya pemilik melakukan pembayaran pajak tahunan sekaligus pengesahan ulang STNK dan TNKB. Dan begitu seterusnya sepanjang pemilik masih memiliki kendaraan. Lantas berapa besar pajak yang harus dibayarkan dan bagaimana mengetahuinya?

Cara cek pajak mobil Jakarta

Sebelum melakukan pembayaran pajak ada baiknya pemilik mengetahui dulu berapa besar pajak yang harus dikeluarkan. Hal tersebut penting agar bisa mempersiapkan dana yang cukup. Jangan sampai terjadi sudah meluangkan waktu ke tempat pembayaran ternyata dananya kurang.

Cara cek pajak kendaraan bermotor Jakarta dan cek pajak mobil Jakarta bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dari cara konvensional hingga daring memanfaatkan jaringan internet.

  • Melihat langsung di STNK

Cara pertama ini paling konvensional, namun tetap informatif. Cukup dengan melihat lembar STNK bisa langsung diketahui pajak yang dibayarkan setiap tahun karena disitu tertera perinciannya secara lengkap. Kelebihan cek pajak mobil Jakarta dengan cara ini adalah tidak membutuhkan jaringan internet.

Foto STNK Mobil wilayah Jakarta

Data pajak kendaraan tertera lengkap di STNK

  • Lewat SMS

Cara cek pajak mobil Jakarta selanjutnya adalah layanan pesan singkat SMS dan Unstructured Supplementary Service Data (USSD).  Untuk SMS caranya Ketik: METRO Plat Nomor Kendaraan Anda], kirim ke 1717. Misalnya; METRO B1154BGT lalu kirim ke 1717. Sedangkan untuk layanan USSD caranya kirim panggilan ke *368*1# (DKI Jakarta). Nanti akan muncul beberapa pilihan, diantaranya 1. Info Ranmor, 2. Info Pajak Ranmor (kendaraan Bermotor), 3. Pajak Reminder, 4. Info Simling, 5. Info Samling. Untuk pajak kendaraan bisa dipilih nomor 2. Pajak Ranmor. Ikuti langkah berikutnya yaitu memasukkan nomor kendaraan tanpa menggunakan spasi. Maka akan ada jawaban berupa informasi besarnya pajak yang harus dibayarkan.

  • Lewat website

Berikutnya adalah cek pajak mobil Jakarta online, yaitu cara cek pajak kendaraan bermotor Jakarta dengan memanfaatkan jaringan internet atau website. Buka browser dan ketikkan alamat https://samsat-pkb2.Jakarta.go.id/. Masukkan nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang tersedia di laman web tersebut. Klik Proses, maka akan muncul informasi pajak yang harus dibayarkan serta batas terakhir pembayaran.

  • Menggunakan aplikasi

Cara keempat ini yang semakin ngetren. Dengan memanfaatkan aplikasi informasi pajak bisa diketahui secara mendetail. Ada beberapa aplikasi yang bisa didownload secara gratis melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone. Salah satunya aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta dan SAMOLNAS. Untuk bisa menggunakannya setelah didownload dan diinstall pemilik melakukan registrasi lebih dulu. Cukup dengan memasukkan nomor kendaraan dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka data kendaraan akan muncul lengkap dengan pajak yang harus dibayarkan.

>>> Cara Bayar Pajak di Aplikasi Si Ondel dari Samsat Online Jakarta

Gambar tampilan Aplikasi SAMOLNAS

SAMOLNAS, aplikasi pajak online Samsat Online Nasional

Tempat bayar pajak Jakarta

Setelah mengetahui berapa pajak yang harus dibayarkan, pemilik bisa mempersiapkan dananya dan melakukan pembayaran. Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui beberapa lokasi. Yang utama di kantor Samsat masing-masing wilayah (Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.

Pajak juga bisa dibayarkan di gerai-gerai Samsat yang beroperasi atau melalui mobil Samsat Keliling di lokasi yang telah ditentukan. Pemilik tinggal mendatangi lokasi dengan membawa serta persyaratan yang dibutuhkan yaitu STNK asli dan KTP asli.

So, dengan semakin mudahnya cara cek pajak mobil Jakarta seharusnya menjadi motivasi bagi pemilik kendaraan untuk patuh pada kewajiban membayar pajak.

>>> Pajak Mobil Bensin di Thailand Bakal Tinggi Biar Kendaraan Listrik Laris

Foto Razia Surat-Surat Kendaraan bermotor

Upaya penertiban pajak kendaraan bermotor

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Gimana cara cek pajak mobil?
Anda bisa cek langsung di STNK, atau cek via SMS, aplikasi atau masukkan web ini https://samsat-pkb2.Jakarta.go.id/ untuk cek
Mana tempat membayar pajak mobil di Jakarta?
Anda bisa datang ke Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta untuk membayar pajak mobil atau ke kantor Samsat masing-masing wilayah (Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat.
Berapa biaya pajak mobil?
Tergantung pada setiap jenis mobil akan ada harga pajak yang sesuai.
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top