Cara Pakai LinkAja untuk Pembayaran TransJakarta

19/10/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Cara Pakai LinkAja untuk Pembayaran TransJakarta
Resmi digunakan PT Transportasi Jakarta mulai 6 Oktober 2020 sebagai alat pembayaran digital, Berikut cara pakai LinkAja untuk pembayaran TransJakarta.

Digitalisasi transaksi non tunai kian populer seiring perkembangan waktu dan teknologi. Cara ini telah memberi kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Seperti di pusat perbelanjaan, tempat parkir, toko online, jalan tol, dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).  Termasuk juga untuk pembayaran TransJakarta, transportasi kebanggaan warga Jakarta.

TransJakarta gandeng LinkAja

Sejak 6 Oktober 2020, PT Transportasi Jakarta resmi menggunakan LinkAja sebagai alat pembayaran digital pertama yang digunakan TransJakarta. Pengguna layanan TransJakarta kini bisa melakukan pembelian tiket via aplikasi Tije dan melakukan pembayaran menggunakan LinkAja.

Dalam rilisnya, TransJakarta menyebut penggunaan LinkAja untuk membayar tiket memberi banyak keuntungan. Diantaranya meningkatkan efisiensi transaksi dari segi waktu, lebih aman karena tidak harus membawa uang tunai, lebih nyaman dan lebih praktis, serta lebih terhindar dari paparan Covid-19.

>>> Cara Menghindari Tertular Virus Corona di Transportasi Umum

Foto bus TransJakarta melintas di jalan raya

TransJakarta, transportasi kebanggaan warga Jakarta

“Transjakarta menyambut baik kolaborasi ini, karena sangat mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mewujudkan City 4.0 dan urban regeneration yang berbasiskan digitalisasi sistem transaksi, serta teknologi tanpa sentuh untuk menekan penularan COVID-19.” kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta Achmad Izzul Waro, dalam keterangan resminya.

“LinkAja memiliki komitmen untuk terus berupaya memperluas ekosistemnya demi menghadirkan kemudahan pembayaran digital kepada seluruh masyarakat Indonesia, salah satunya melalui kemudahan bertransaksi di berbagai sarana transportasi publik. Inovasi Transjakarta sebagai salah satu transportasi umum andalan warga Jakarta dalam melahirkan aplikasi Tije tentunya selaras dengan komitmen tersebut.” tutur Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja.

Cara pakai LinkAja untuk pembayaran TransJakarta

Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan pelanggan sudah menginstall aplikasi Tije dan LinkAja di smartphone. Download di Google Play Store atau di , serta sudah melakukan registrasi. Untuk melakukan transaksi;

  1. Buka aplikasi Tije
  2. Pilih tiket dan tujuan
  3. Pilih pembayaran menggunakan LinkAja
  4. Pilih menu bayar.

Pengguna akan diarahkan ke halaman menu utama, pilih menu Tiketku untuk melihat kode QR yang sudah dibeli, kemudian scan kode QR tiket ke mesin scanner.

Tidak hanya di Tije, LinkAja juga bisa dipakai sebagai alat pembayaran digital untuk top up di vending machine yang sudah tersedia di 200 halte Transjakarta.

>>> Transjakarta Pasang 236 Mesin Isi Ulang Kartu Uang Elektronik di 100 Halte

Gambar tata cara transaksi menggunakan LinkAja untuk pembayaran TransJakarta

Pembayaran Transjakarta bisa dilakukan secara non tunai, baik pembayaran maupun isi ulang

>>> Baca berita menarik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top