Ini Cara Menghindari Tertular Virus Corona di Transportasi Umum

11/03/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Ini Cara Menghindari Tertular Virus Corona di Transportasi Umum
Demi menghindari tertular virus corona di transportasi umum, sebaiknya lakukan beberapa tahapan berikut ini. Karena Anda tidak pernah tahu, siapa saja orang di dekat Anda yang sudah tertular virus tersebut.

Penyebaran virus corona seakan jadi awan hitam yang menggelayuti bumi di awal tahun ini. Bagaimana tidak, hingga 9 Maret 2020, ada lebih dari 111.000 kasus pasien yang terinfeksi virus dengan kode COVID-19 itu di seluruh dunia. Dan angka tersebut adalah pasien yang sudah terdeteksi, belum ditambah orang-orang yang suspect virus ini namun belum tercatat yang mungkin jumlahnya bisa jauh lebih besar lagi.

Salah satu cara mengapa virus corona mudah sekali menyebar adalah melalui kerumunan banyak orang. Virus yang dikeluarkan melalui lendir batuk atau pilek dari pasien, menempel di orang lain untuk kemudian berkembang di orang baru tersebut. Begitu seterusnya sampai akhirnya penyebaran virus ini jadi pendemi dunia.

Nah, satu dari sekian banyak lokasi yang terdapat publik kerumunan massa adalah di transportasi umum. Karena itulah, kali ini tim Cintamobil.com akan memberikan tips bagaimana cara menghindari tertular virus corona di transportasi umum.

1. Gunakan Alat Proteksi Diri

memakai masker untuk mencegah virus corona

Selalu gunakan masker saat harus berpergian dengan transportasi umum

>>> Tips Aman Tidur di Dalam Mobil untuk Perjalanan Jauh

Cara utama agar menghindari penyebaran virus ini adalah dengan memberikan perlindungan terhadap diri sendiri. Jika Anda terpaksa harus tetap menggunakan transportasi umum, sebaiknya gunakan masker. Alat ini bisa menghindari tetesan cairan dari mulut atau hidung penderita virus corona ke mulut Anda.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda juga menggunakan sarung tangan selama berpergian di tempat-tempat umum. Tidak perlu yang tebal dan berharga mahal, namun sarung tangan dapat mencegah tertular virus corona saat menggunakan transportasi umum akibat tangan Anda yang memegang benda-benda di transportasi umum itu, bekas tersentuh juga oleh seseorang yang telah tertular virus COVID-19.

2. Jangan Mengusap Mata, Hidung dan Mulut

jari menyentuh bagian mata

Sebisa mungkin hindari mengusap mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan

>>> Temukan promo mobil baru dengan diskon menarik disini

Dilansir dari laman resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus corona bisa berpindah dari telapak tangan atau punggung tangan ke mata, hidung, atau mulut Anda karena Anda menyentuh aera tersebut. Dari area ini virus pun dapat dengan mudah masuk ke tubuh dan bersarang di tubuh Anda.

Jadi sebaiknya jika tak menggunakan sarung tangan, sehabis menyentuh berbagai permukaan benda yang ada di transportasi umum, jangan usapkan tangan ke area muka, hidung, mulut, dan mata ya!

3. Lebih Rajin Mencuci Tangan

pakai hand sanitizer untuk mencegah virus corona

Selalu cuci tangan dengan hand sanitizer setelah beraktifitas

>>> Cari mobil bekas berkualitas dengan harga murah? Disini yang paling lengkap

Ketika pendemi ini terjadi, satu-satunya langkah dalam mencegah tertular virus corona saat berada di transportasi umum adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh. Mulai sekarang biasakan untuk lebih sering mencuci tangan dengan cairan pembersih kuman (hand sanitizer). Gunakan cairan ini setelah Anda turun dari transportasi umum, ketika pulang dari berpergian, sebelum makan atau minum, dan sebelum tidur.

Akan lebih baik saat berpergian dengan transportasi umum Anda juga membawa baju ganti. Copot baju yang Anda pakai saat berada di tranpsortasi umum ketika akan memasuki ruangan lain atau tiba di rumah. Karena khawatir di baju tersebut ada cipratan cairan yang mengandung virus corona.

>>> Ada berbagai tips dan trik menarik lainnya disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

4 Cara Jasa Marga Mencegah Virus Corona di Rest Area Jalan Tol

11/03/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Jasa Marga melakukan langkah tak biasa dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona, (COVID-19) yaitu dengan melakukan mitigasi di rest area jalan tol.

Lihat juga

Penting! Siapkan Ini di Dalam Mobil untuk Mencegah Virus Corona

10/03/2020

Pengemudian

3 menit

Ada beberapa hal yang wajib disediakan pengendara di dalam mobil seperti cairan antiseptik, tisu basah, tisu kering, demi mencegah penyebaran virus Corona.

Lihat juga

Servis Mobil Tapi Takut Virus Corona? Coba Layanan Home Service Yuk

10/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Virus Corona sudah mulai masuk wilayah Indonesia, tentu saja hal ini mempengaruhi aktifitas sehari-hari termasuk servis mobil. Namun, dengan Home Service hal tersebut bisa teratasi.

Lihat juga

Review Chevrolet Tavera 2001: Rupa Mirip Isuzu Panther Tapi Mesinnya Kok Bensin?

17/08/2019

Editor rate:

Masih ingat di benak kami di tahun 2000-an, Toyota Kijang dan Isuzu Panther bertarung sengit dengan saling adu mesin diesel. Maka dari itu, Isuzu diam-diam meluncurkan versi mesin bensin. Tapi, jangan salah, namanya tidak memakai Isuzu lagi melainkan Chevrolet. Berikut kita simak informasi lengkapnya dalam review Chevrolet Tavera 2001.

Lihat juga

Harga mobil Daihatsu Ayla: Pembaruan harga Ayla September 2020

01/09/2020

Daihatsu

Daihatsu Ayla terakhir facelift tahun 2017 lalu, kini Daihatsu Ayla kembali meluncur tahun 2020. Apa saja ubahannya? Berapa harga Daihatsu Ayla terbaru?

Lihat juga