Begini Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK Mobil

12/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Begini Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK Mobil
Berikut ini itps Cintamobil.com mengnai contoh surat kuasa perpanjangan STNK mobil yang bisa dibuat jika berhalangan hadir untuk pengurusan perpanjangan STNK.

Setelah membeli mobil, baik mobil baru atau mobil bekas, maka Anda juga harus menyiapkan dana cadangan. Dana cadangan ini untuk melakukan perawatan berkala pada kendaraan tersebut seiring pemakaian kendaraan sehari-hari. Yakni dana demi keperluan untuk mengisi bahan bakar serta mengganti oli. Kemudian dana cadangan juga perlu disiapkan untuk membayar pajak tahunan dari kendaraan tersebut, termasuk juga untuk perpanjangan STNK.

Memiliki kepanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan, STNK merupakan bukti sah kepemilikan sebuah kendaraan bermotor, baik sepeda motor ataupun mobil. Pada STNK terdapat identitas kendaraan mulai dari merk, tipe, kapasitas mesin, nomor mesin, nomor rangka, nama pemilik, dan alamat pemilik kendaraan tersebut. STNK harus diperpanjang setiap 5 tahun dikantor Samsat yang sesuai wilayah dari STNK tersebut diterbitkan. Jika STNK tidak diperpanjang, maka akan terkena sanksi denda.

Saat mengurus perpanjangan STNK ini, maka pemilik dari kendaraan itu sendiri yang wajib hadir. Namun kalau berhalangan atau tidak memungkinkan datang langsung ke kantor Samsat maupun gerai Samsat, maka perlu dibuat surat kuasa perpanjangan STNK. Nah pada artikel Cintamobil.com berikut ini akan dibahas lengkap mengenai bagaimana contoh surat kuasa perpanjangan STNK yang bisa Anda buat jika tak bisa datang untuk pengurusan perpanjangan STNK di kantor Samsat.

>>> Nunggak Pajak Dua Tahun, Kendaraan Jadi Bodong dan Dihancurkan?

Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK Mobil

Gerai Samsat

Kalau tidak sanggup atau berhalangan datang ke kantor maupun gerai Samsat, sebaiknya buat surat kuasa

Seperti yang sudah disinggung pada awal artikel ini, maka jika Anda sedang berhalangan untuk datang ke kantor maupun gerai Samsat demi pengurusan perpanjanagn STNK mobil, maka sebaiknay Anda membuat Surat Kuasa. Selembar kertas ini merupakan bukti pengalihan tanggung jawab dari Anda kepad apihak lain untuk mengurusi perpanjanagn STNK mobil Anda tersebut. Surat kuasa inilah yang akan menjadi bukti sah dimata hukum ketika orang lain mewakii Anda untuk mengurus perpanjanagn STNK tersebut.

Surat Kuasa Perpanjangan STNK Mobil

Contoh surat kuasa perpanjang STNK

Dari contoh surat kuasa perpanjangan STNK pada gambar di artikel ini terlihat jelas apa saja poin-poin yang wajib ada pada sebuah surat kuasa perpanjangan STNK mobil. Dalam surat kuasa tersebut perlu dicantumkan setidaknya lima hal penting:

>>> Berapa Lama Waktu Pengurusan BPKB dan STNK Mobil Baru?

1. Identitas Pemberi Kuasa

Pada poin pertama yang harus tercantum di surat kuasa perpanjangan STNK adalah nama dan identitas lengkap si pemberi kuasa. Disini harus tertulis siapa namanya, tempat tanggal lahir, alamat tinggal atau yang sesuai dengan alamat pada kartu identitas, nomor kartu identitas seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang jika perlu ditambahkan pula nomor telepon yang bisa dihubungi. Contohnya:

Nama: Dedi Simatupang
Tempat/ Tgl Lahir : Bandar Lampung, 31 Januari 1965
Tanda Pengenal: KTP Nomor ...
Alamat : Jl. Masjid Nurul Islam No. 24 LK II RT 04 Kel. Pinang Jaya
Kec. Kemiling - Kota Bandar Lampung

2. Nama Penerima Kuasa

Poin selanjutnya yang harus tertulis pada sebuah surat kuasa perpanjangan STNK adalah nama dan identitas penerima kuasa dari pihak pemberi kuasa. Pada contoh surat kuasa perpanjangan STNK di gambar tadi terlihat jika penerima kuasa adalah:

Nama: Sutoyo
Tempat/Tgl Lahir : Bandar Lampung, 11 Desember 1989
Tanda Pengenal : KTP Nomor...
Alamat : Jl. Masjid Nurul Islam No.25 LK II RT 04 Kel. Pinang Jaya
Kec. Kemiling - Kota Bandar Lampung

3. Keterangan Pemberian Kuasa

Setelah identidat pemberi kuasa dan identitas penerima kuasa, maka pad asurat tersbeut wajib dituliska juga untuh hal apa surat kuas atersebut dibuat. Pada contoh di foto artikel ini tertulis:

"Untuk pengurusan Pembayaran Pajak Kendaraan"

4. Identitas Kendaraan yang STNK-nya Diperpanjang

Pont berikutnya yang harus ditulis pada surat kuasa perpanjangan STNK adalah identitas dari mobil yang akan diurus perpanjangan STNK-nya. Disini harus tertulis merk dan tipe mobil termasuk warnanya, plat nomor mobil, nomor rangka dan nomor mesin, nama pemilik mobil, serta alamat pemilik kendaraan. Semua data kendarana ini wajib sama dengan yang tertera pada STNK maupun BPKB kendaraan tersebut. Contohnya:

Atas Nama: Dedi Simatupang
Nomor Polisi :
Merk/ Type :
Nomor Rangka :
Nomor Mesin :
Nomor BPKB :

5. Tanda Tangan dan Materai

Setelah semua identitas lengkap, baik pihak pemberi kuasa, pihak penerima kuasa, dan juga objek yang akan diurus STNK-nya, maka poin terakhir dalam sebuah surat kuasa perpanjangan STNK mobil maupun motor yang harus ditulis adalah nama pengkap dan tanda tangan dari masing-masing pihak. Yakni yang memberi kuasa dan pihak pemberi kuasa. Pada kotak di sisi pihak pemberi kuasa, sebaiknya juga dibubuhkan tandatangan di atas materai serta jangan lupa diberi tanggal disahkannya surat kuasa tersebut.

>>> Jangan lupa klik disini untuk mendapatkan tips dan trik menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mau Perpanjang STNK Mobil? Ini Persyaratannya

Mau Perpanjang STNK Mobil? Ini Persyaratannya

07/07/2020

Perawatan dan service

3 menit

Sebagai warga negara yang baik setiap kendaraan harus melakukan perpanjang STNK baik itu tahunan dan 5 tahunan. Lalu apa saja syaratnya yang harus dipenuhi?

Lihat juga
Perpanjangan STNK Tanpa KTP? Bisa Kok, Ini Caranya!

Perpanjangan STNK Tanpa KTP? Bisa Kok, Ini Caranya!

11/06/2020

Pengemudian

4 menit

Jika ingin melakukan perpanjangan STNK tanpa KTP asli pemilik mobil ternyata bisa dilakukan. Caranya yaitu dengan proses balik nama STNK. Bagaimana caranya?

Lihat juga
SIM-STNK Habis Selama Masa PSBB, Bisakah Klaim Asuransi Mobil?

SIM-STNK Habis Selama Masa PSBB, Bisakah Klaim Asuransi Mobil?

27/04/2020

Event - Promosi

3 menit

SIM dan STNK merupakan syarat mengajukan klaim asuransi. Lantas bisakah pengendara mengajukan klaim asuransi mobil jika SIM dan STNK habis selama masa PSBB?

Lihat juga
Ssst, Ada Wacana Penerbitan SIM dan STNK Dilakukan Kemenhub

Ssst, Ada Wacana Penerbitan SIM dan STNK Dilakukan Kemenhub

10/02/2020

Pengemudian

3 menit

Wacana berkembang dari Komplek Parlemen, DPR RI bakal bakal mengalihkan penerbitan SIM dan STNK hingga BPKB dari Polri ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Lihat juga
Setelah Smart SIM, Siap-siap STNK Elektronik Segera Berlaku

Setelah Smart SIM, Siap-siap STNK Elektronik Segera Berlaku

10/02/2020

Pasar mobil

5 menit

STNK elektronik berbentuk kartu pintar rencananya akan menggantikan STNK dalam bentuk kertas. Nantinya kartu ini juga bisa dipakai untuk alat pembayaran elektronik seperti tol atau berbelanja.

Lihat juga
 
back to top