Jangan Asal Pegangan pada Behel Motor, Bahaya!

06/05/2021

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Kesalahan fungsi behel pada motor ternyata mempunyai bahaya bagi penumpang maupun pengendara. Oleh karena itu gunakanlah dengan baik dan benar fungsi dari behel pada motor ini.

Behel motor biasanya terletak di bagian paling belakang dekat jok.  Kebanyakan motor bebek dan matic yang mempunyai behel di bagian motor. Namun ada juga beberapa motor sport yang mempunyai behel pada bagian motor.

Tapi jangan salah kaprah ya, behel motor bukan merupakan tempat untuk berpegangan. 

Bahaya Pegangan pada Behel Motor

Berpegangan di behel yang ada pada motor saat Anda berboncengan justru membahayakan. Hal itu dikarenakan bisa membuat penumpang terjungkal ke belakang saat motor dalam kecepatan tinggi. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda berada pada posisi orang yang dibonceng, sebaiknya letakkan tangan di atas paha atau memeluk tubuh pengendara motor agar lebih aman.

Alasan lain adalah karena dengan memegang behel pada motor, pengendara motor akan kehilangan fleksibilitasnya. Hal itu karena ketika penumpang meletakkan tangan di behel motor, maka tumpuan di bagian belakang menjadi lebih banyak yang mengakibatkan sulitnya pengendara melakukan manuver di jalan.

>>> Alasan Sepeda Motor Dilarang Masuk Tol

penampakan bagian behel pada motor

Motor ini tak memiliki behel

Selain itu, ada juga penumpang yang posisinya menghadap ke samping dan memegang behel pada motor. Itu merupakan posisi yang sangat salah, karena dengan menghadap ke samping penumpang hanya menginjak satu pijakan saja yang membuat keseimbangan berkurang. Biasanya posisi penumpang motor yang menghadap samping ini dilakukan oleh wanita yang menggunakan rok, dan hal tersebut sangat tidak direkomendasikan dalam jajaran keselamatan berkendara.

Jadi posisi yang benar saat Anda menjadi penumpang motor adalah dengan menghadap depan dan memeluk tubuh pengendara motor. Namun bila Anda segan memeluk tubuh pengendara, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menempelkan lutut ke pinggang pengendara. Dengan begitu posisi rapat yang disarankan dalam berkendara pun sudah baik dan benar.

Fungsi Utama Behel Motor

Oleh karena itu fungsi utama adanya behel pada motor adalah untuk mempermudah aktivitas sehari-hari dari pengguna motor. Misalnya untuk memarkir motor dengan standar tengah, jadi dengan adanya behel pada motor tersebut pengguna akan lebih mudah mengangkat motor untuk memarkir dengan standar tengah. Atau bisa juga digunakan sebagai pegangan ketika Anda ingin menggeser motor Anda dan juga untuk membawa barang.

orang sedang berboncengan saat naik motor

Behel memang tak selalu ada pada motor 

Itu dia penjelasan tentang behel pada motor yang banyak disalahgunakan oleh para penggunanya. Karena kesalahan itu bisa membuat Anda celaka, jadi jangan sampai salah lagi mengartikan fungsi dari behel motor yang Anda punya saat ini. Tetap patuhi aturan bagaimana posisi penumpang motor yang benar agar Anda dan pengendara bisa aman sampai tujuan.

>>> CintamobilTV: Review Motor Listrik NIU NQi IM Sport

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top