Asuransi Astra Berikan Tips Aman Berkendara Selama Berpuasa

30/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Asuransi Astra Berikan Tips Aman Berkendara Selama Berpuasa
Berkendara menjadi salah satu aktivitas yang menguras energi terlbih ketika berpuasa. Karena banyak kejadian pengemudi yang lelah dan mengantuk ketika berkendara di bulan Ramadhan ini, Asuransi Astra memberikan tips aman berkendara selama berpuasa.

Masalah yang sering dialami oleh pengemudi yang berpuasa adalah rasa kantuk yang amat sangat di pagi hari dan kemacetan luar biasa yang terjadi disaat waktu-waktu akan berbuka. Agar puasa tidak terganggu, berikut beberapa tips aman berkendara selama berpuasa dari Asuransi Astra.

1. Tidur cukup

Gambar yang menunjukan seorang wanita yang sedang tertidur dengan selimut putih

Cukup tidur bisa mencegah kantuk ketika berkendara di pagi hari

Bagi pekerja yang harus berangkat ke kantor setiap pagi, mengoptimalkan waktu tidur di malam hari merupakan sebuah keharusan. Menghindari kegiatan yang bisa memangkas waktu istirahat, seperti nonton atau bermain game serta tidur yang cukup bisa menjadi solusi menghindari kantuk di pagi hari saat berkendara disaat puasa.

2. Mengemudi defensif

Gambar yang menunjukan mobil yang saling menyalip di jalan yang sedang macet

Perilaku menyalip merupakan biang penyebab kemacetan

Mengemudi defensif merupakan salah satu istilah yang menggambarkan pengemudian yang tenang dan tidak ugal-ugalan. Taati segala peraturan yang ada, apalagi pada jam-jam lalu lintas padat. Ketertiban akan membuat lalu lintas menjadi lancar. Dan sebaliknya, berprilaku ugal-ugalan akan membuat kondisi jalanan semakin semrawut.

>>> Ini cara ampuh hindari kemacetan saat Lebaran

3. Kurangi kecepatan

Gambar yang menunjukan  jalan dengan tulisan SLOW di tengah jalan

Kurangi kecepatan ketika berkendara saat berpuasa

Sejalan dengan mengemudi defensif, mengurangi kecepatan di jalan raya akan memberikan ketenangan selama mengemudi. Berpuasa menuntut kita untuk sabar. Dan sabar bisa diterapkan dengan mengemudi yang tertib dan wajar, tanpa memacu kendaraan dengan cepat hanya untuk mengejar waktu berbuka di rumah. Berkendaralah dengan wajar dan sesuai dengan kondisi jalan.

4. Gunakan GPS

Gambar yang menunjukan pengemudi yang menggunakan GPS ketika berkendara

GPS bisa digunakan untuk mengalisa kepadatan jalan dan jalan alternatif

Saat ini, kebanyakan mobil baru memiliki teknologi GPS yang bisa memantau kondisi jalan. Dengan adanya GPS, kita bisa mengetahui kepadatan jalan, sekalian memprediksi pengendaraan yang akan ditempuh. Optimalkan GPS untuk mengetahui kondisi jalan dan memilih rute tercepat atau rute alternatif untuk sampai ke tempat tujuan.

>>> Tips mudik lainnya bisa Anda dapatkan disini

5. Kendalikan emosi

Gambar yang menunjukan pengendara yang emosi ketika sedang berkendara

Kendalikan emosi saat berkendara ketika puasa

Penelitian menunjukan lapar memang membuat orang-orang cepat marah. Karena itu, banyak pengendara yang tidak bisa mengontrol emosi mereka saat mendekati waktu berbuka. Banyak yang ingin sampai tujuan untuk berbuka, sehingga tidak memperdulikan orang lain. Puasa dijalankan untuk menahan semua amarah dan emosi yang berlebihan. Karena itu, sejalan dengan tujuan puasa, cobalah untuk mengendalikan emosi selama berkendara.

6. Lindungi kendaraan Anda

Tips terakhir dari Asuransi Astra adalah memberikan perlindungan yang maksimal untuk kendaraan. Meskipun kelima langkah di atas sudah diterapkan, tapi melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan dari musibah yang tidak diinginkan.

Gambar yang menunjukan ilustrasi mobil yang mendapatkan perlindungan dari tangan

Gunakan asuransi untuk memberikan perlindungan kepada mobil

Bagi pengendara yang menginginkan perlindungan kendaraan, Asuransi Astra menawarkan layanan telepon non-stop 7 hari seminggu dari Garda Oto. Pengendara bisa menghubungi nomor 1-500-112 untuk menanyakan tentang solusi perlindungan kendaraan.

Semakin hari, semakin banyak kecelakaan yang terjadi karena kelelahan dan kantuk yang melanda ketika berpuasa. Karena itu, semoga tips aman berkendara selama berpuasa di atas bisa menghindarkan Anda dari kejadian maupun musibah tak terduga yang terjadi selama perjalanan.

>>> Tips dan trik otomotif lainnya ada disini

Share this post:
 
back to top