5 Cara Menghindari Ngantuk saat Berkendara Ketika Sedang Puasa

16/04/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Ngantuk saat berkendara adalah kondisi yang kerap terjadi apabila mengemudi ketika berpuasa. Berikut ini beberapa tips demi menghindari rasa kantuk tersebut.

Ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan seringkali Anda merasa ngantuk saat berkendara. Hal ini karena badan yang terasa lemas akibat tidak ada asupan makanan dan minuman selama lebih kurang 12 jam.

Jika ngantuk saat berkendara tentunya akan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Untuk itulah Anda butuh memperhatikan beberapa hal berikut ini, supaya rasa kantuk tidak menyerang manakala Anda harus tetap berkendara ketika berpuasa.

>>> Fokus Garap Teknologi, Mazda ‘Puasa’ Mobil Baru Sampai 2022

1. Lakukan Persiapan Sebelum Berkendara

Air mineral di mobil

Siapkan air mineral jika harus berbuka puasa di perjalanan

Sama seperti sebelum melakukan perjalanan di hari-hari lain, ketika berkendaraan pada saat berpuasa juga perlu mempersiapkan kebutuhan selama di perjalanan. Hariadi, Asst. 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencontohkan, misalnya jika Anda akan melakukan perjalanan menjelang waktu berbuka puasa, maka bawalah air mineral dan makanan ringan. Bekal makanan dan minuman ini tentunya akan berguna kalau Anda harus berbuka puasa di jalan.

2. Jangan Pasang AC Terlalu Dingin

AC Mobil

AC yang terlalu dingin kerap membuat kantuk

Hal yang sering dialami pengemudi mobil ketika sedang berpuasa adalah rasa kantuk. Demi menghindari ngantuk saat berkendara ketika berpuasa, maka tips berikutnya adalah tidak menyetel suhu AC mobil terlalu dingin. Karena udara dingin dapat menambah rasa kantuk.

>>> Waspadai Mengantuk saat Mengemudi, Bisa Sangat Merugikan

3. Jangan Memaksakan Diri Jika Mengantuk

Mengantuk Ketika Nyetir

Jangan memaksakan diri jika tubuh sangat letih dan mengantuk

Konsentrasi saat berkendara adlaah hal penting demi menghindari risiko kecelakaan di jalan. Satu dari beberapa faktor yang bisa menurunkan konsentrasi adalah ngantuk saat berkendara. Apabila rasa kantuk ini sudah tak bisa lagi ditahan, maka jangan memaksakan diri mengemudi. Menepilah di tempat yang aman untuk beristirahat dengan tidur sejenak hingga rasa kantuk itu benar-benar hilang.

4. Manfaatkan Teknologi

Menyalakan Radio Mobil

Nyalakan radio atau putar musik untuk menghibur selama perjalanan

Kemajuan teknologi informasi saat ini sudah mendukung banyak aktifitas kehidupan manusia. Termasuk dalam hal berkendara Anda juga bisa memanfatakan teknologi tersebut. Misalnya dengan mendengarkan siaran radio atau memutar lagu-lagu favorit selama perjalanan untuk menghindari rasa kantuk yang menyerang saat berkedanara. Anda bisa juga gunakan aplikasi peta digital untuk menemukan rute tercepat demi menghindari kemacetan.

>>> Review Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition 2020: Spesial Hanya 50 Unit

5. Selalu Kontrol Emosi

Selain rasa kantuk yang mendera ketika berkendaraan pada saat berpuasa, sering kali emosi Anda terpancing akibat perilaku berkendara pengemudi lain di jalan yang serampangan. Jika terlibat dalam kondisi ini sebaiknya tetap kendalikan emosi diri. Ingat, berpuasa pada hakikatnya adalah menahan emosi.

"Mengemudi saat menjalankan puasa seringkali mempengaruhi fungsi kognitif dan memberikan efek pada pengemudi seperti lelah dan mengantuk sehingga dapat mengurangi konsentrasi. Kami harap kiat tersebut dapat diterapkan agar pengemudi tetap memperhatikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan saat berkendara dalam keadaan berpuasa, baik untuk diri sendiri maupun orang lain,"  tutup Hariadi.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top